Moselo
Moselo Journal

10+ Tips Menulis Kreatif, Dijamin Ampuh!

Posted on 02 Jun 2022
Share this post: 

Sekilas, kegiatan menulis tampak mudah seperti ketika kamu berbicara secara langsung. Nyatanya, merangkan tulisan yang enak dibaca dan menarik tidaklah mudah. Apalagi jika kamu ingin menulis kreatif, kamu membutuhkan tips menulis kreatif agar menjadi lancar.

Menulis kreatif tidak bisa disamakan dengan menulis pada umumnya, seperti menulis PR, menulis jurnal, atau makalah. Karena, menulis kreatif mempunyai tujuan yang berbeda, yaitu membuat pembaca tertarik untuk membaca tulisan kamu.

Tips Menulis Kreatif yang Bisa Kamu Coba

tips menulis kreatif

Selain membuat pembaca tertarik untuk membaca keseluruhan tulisan kamu, menulis kreatif juga membutuhkan daya imaginasi tinggi dan juga kosakata yang banyak. Kamu harus bisa meramu sebuah tulisan yang bernyawa dan bisa dirasakan oleh pembaca.

Lalu, bagaimana kalau kamu belum pernah menulis kreatif? Maka dari itu, tips menulis kreatif di bawah ini akan membantu kamu.

1. Membuat Judul yang Menarik

Hal yang dibaca pertama kali dari sebuah tulisan adalah judul. Judul adalah penentu, apakah orang ingin membaca tulisanmu ataukah tidak. Maka dari itu, pemilihan judul merupakan salah satu bagian tersulit dalam membuat tulisan selain membuat tulisan itu sendiri.

Sebaiknya hindari judul yang mudah ditebak. Tapi buatlah judul yang memancing rasa penasaran orang lain sehingga mereka bisa menjawab rasa penasaran tersebut dengan membaca tulisan kamu. Untuk membuat judul tulisan, kamu perlu pengkayaan kata. Bisa dari bahasa asing, bahasa daerah, atau bahasa lainnya.

2. Fokus pada Topik Pembahasan

Terkadang, saking asyiknya menulis kreatif, membuat banyak penulis lupa tentang batasan topik yang ditulis. Bahkan, tidak sedikit pula yang keluar dari jalur pembahasan. Alih-alih ingin membuat tulisan yang mendetail, tapi justru malah lari ke topik lain yang tidak berhubungan.

Baca Ini: Apa yang Dimaksud dengan Gaya? Yuk Pelajari Lebih Dalam

Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu perlu membuat sub topik pembahasan. Agar tulisan kreatifmu tetap fokus.

3. Perbanyak Baca Buku Sejenis

Tips menulis kreatif selanjutnya yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membaca buku sejenis. Karena, dengan begitu kamu bisa mempelajari secara langsung apa yang dimaksud dengan tulisan kreatif dan bagaimana cara membawakannya ke dalam sebuah tulisan.

Semakin banyak buku sejenis yang kamu baca, semakin banyak pula ilmu dan sudut pandang yang kamu miliki.

4. Sering-Sering Berlatih

Percuma saja jika ilmu banyak tapi jarang berlatih. Berlatih akan membuatmu lebih paham mana tulisan yang kurang menarik, harus dirubah, atau diganti. Berlatih juga bisa membuat imajinasimu berkembang dibandingkan hanya tahu teorinya saja.

Kamu bisa mencoba membuat tulisan kreatif lalu kirim ke komunitas menulis. Minta pendapat mereka tentang tulisanmu. Dengan begitu kamu akan tahu seberapa berkualitas tulisan yang sudah kamu buat.

5. Pemilihan Diksi yang Tepat

Tips menulis kreatif selanjutnya adalah pemilihan diksi. Dalam menulis kreatif, pemilihan diksi adalah hal wajib yang harus kamu pikirkan. Karena, tujuan dari menulis kreatif adalah membuat orang terpancing untuk membaca cerita yang kamu buat. Jika diksinya datar-datar saja, pembaca akan enggan untuk meneruskannya.

Kamu bisa memperbanyak kalimat yang memunculkan banyak pertanyaan di kepala pembaca. Sehingga mereka memiliki alasan untuk terus membaca tulisan kamu.

6. Sisipi dengan Perumpamaan

Menggunakan majas dalam tulisan adalah tips menulis kreatif yang dijamin ampuh menarik pembaca. Kamu bisa menggunakan majas metafora atau hiperbola untuk membuat tulisanmu semakin bernyawa.

Akan tetapi, tidak disarankan menggunakan majas yang terlalu banyak ke dalam tulisan yang kamu buat. Karena, majas yang terlalu banyak akan membuat pembaca lelah sebab harus memahami maksud tulisan yang dibaca.

7. Melakukan Riset

Tips menulis kreatif yang tidak kalah penting adalah melakukan riset. Riset bisa kamu lakukan sebelum memulai menulis topik tertentu. Riset bisa meliputi topik yang akan kamu tulis, imajinasi yang digunakan, gaya bahasa, tokoh, dan poin-poin penting lainnya.

Riset tidak bisa dilakukan secara singkat, karena banyak yang harus dipikirkan secara mendetail. Bahkan, penulis yang sudah berpengalaman pun melakukan riset hingga berbulan-bulan hingga menghasilkan tulisan best seller.

Agar risetmu berjalan dengan lancar, kamu bisa mengamati sekitar dan mengumpulkan data sebanyak mungkin. Semakin banyak data yang kamu dapat, semakin leluasa kamu bisa membuat tulisan kreatif. Bahkan, kamu diperbolehkan untuk melakukan wawancara langsung dengan orang lain untuk menambah data riset.

8. Ekspresi dan Emosi di Dalam Tulisan

Tips menulis kreatif yang terkadang dilupakan adalah menambahkan ekspresi dan emosi di dalam tulisan. Padahal kedua hal tersebut dapat menghidupkan tulisan. Biasanya, kendala yang sering dialami adalah sulit untuk mengungkapkan ekspresi dan emosi dalam tulisan.

Baca Juga: 8 Jenis Kerajinan Tekstil yang Dapat Menghasilkan Cuan

Untuk menuliskan ekspresi, kamu bisa mendeskripsikan gerak tubuh atau mimik wajah sedetail mungkin. Bayangkan kamu sedang melihat seseorang dengan ekspresi marah, sedih, atau gembira. Dan perhatikan bagaimana bahasa tubuh mereka, lalu tuangkan dalam tulisan.

Sedangkan untuk emosi, bisa melalui penjelasan deskriptif atau melalui percakapan dialog atau monolog. Untuk lebih jelasnya tentang tips menulis kreatif yang satu ini, kamu bisa memperhatikan langsung dari novel misalnya yang sering menuliskan ekspresi dan juga emosi di dalamnya.

9. Dialog dalam Tulisan

Membuat dialog dalam tulisan merupakan tips menulis kreatif yang bisa kamu pakai untuk membawa pembaca ke imajinasi tingkat tinggi. Dengan adanya dialog pembaca bisa membayangkan adegan tersebut benar-benar terjadi dan lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Terutama untuk kamu yang kesulitan menuangkan ekspresi dalam bentuk tulisan, membuat dialog sangatlah membantu. Dialog bisa dilakukan dua arah atau berdialog dengan diri sendiri alias monolog. Akan tetapi, jangan terlalu banyak menaruh dialog dalam sebuah tulisan, kecuali jika kamu memang sedang membuat script untuk akting.

10. Mengganti Kata Benda

Kata benda sering digunakan dalam menulis kreatif, misalnya adanya hewan seperti kucing atau anjing. Namun, karena ini adalah tulisan kreatif, kamu bisa menggantinya dengan kata yang lebih menarik namun masih menggambarkan benda tersebut.

Misalnya, untuk penyebutan kucing bisa kamu ganti dengan Si Meong. Atau anjing dengan sebutan GukGuk. Meskipun tidak menyebut hewan kucing atau anjing, tapi pembaca memahami apa yang kamu maksud karena ada di sekitar mereka.

Mengganti kata benda juga bermanfaat agar pembaca tidak bosan membaca tulisan dengan penyebutan yang monoton. Kamu bisa belajar mencari kata benda pengganti untuk setiap kata benda yang hendak kamu tulis.

11. Belajar pada Ahlinya

Tips menulis kreatif terbaik adalah belajar pada ahlinya. Kamu bisa mengikuti kelas khusus yang bisa mengupgrade kemampuanmu dalam menulis kreatif. Enaknya belajar pada ahlinya adalah kamu bisa langsung mendapatkan masukan bagian mana yang harus dirubah dan mana yang dipertahankan.

Namun, biasanya untuk belajar pada ahlinya dikenakan biaya yang tidak sedikit. Namun itu sebanding dengan ilmu yang akan kamu dapatkan.

Nah, itulah sahabat moselo beberapa tips menulis kreatif yang bisa kamu coba. Selamat menulis!

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences