Moselo
Moselo Journal

Cara Membuat Abstrak Karya Menulis Ilmiah

Posted on 17 Jul 2022
Share this post: 

Abstrak adalah bagian penting dari penulisan karya ilmiah. Saat menulis artikel, skripsi, tesis, laporan penelitian, dan artikel jurnal, harus mengandung abstrak. Penasaran ingin tahu seperti apa ringkasannya? Nah, simak penjelasan cara membuat abstrak berikut ini. Juga, perhatikan bagaimana contoh abstrak di bawah ini.

Pengertian Abstrak

cara membuat abstrak

Pengertian abstrak merupakan elemen penting dalam sebuah karya ilmiah. Terletak di halaman pertama artikel ilmiah. Ini berisi ringkasan dari penelitian yang dilakukan. Abstrak memberi pembaca gambaran singkat tentang isi karya ilmiah.

Baca Juga: 8 Aplikasi Desain Baju di HP dan PC

Abstrak dapat dipahami sebagai ringkasan dari isi suatu karya ilmiah. Abstrak harus ringkas, mudah dibaca, dan jelas. Jumlah kata sekitar 250-300 kata. Jadi, abstrak tidak membutuhkan banyak ruang dalam sebuah karya ilmiah.

Tujuan Abstrak Dalam Karya Ilmiah

  1. Memungkinkan pembaca untuk dengan cepat menangkap esensi dari artikel ilmiah. Abstrak dapat menjadi faktor pembaca terus membaca artikel ilmiah atau tidak. Selain itu, jika pembaca sedang mencari referensi, maka membaca abstrak adalah cara tercepat untuk memilih artikel ilmiah yang sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Abstrak juga dapat digunakan sebagai pedoman penelitian pembaca dalam membaca artikel ilmiah. Menindaklanjuti secara rinci informasi, analisis dan argumentasi penulis
  3. Abstrak membantu pembaca untuk mengingat poin-poin penting dari teks ilmiah

Meskipun singkat dan ditulis dalam satu halaman, tetapi tidak bisa dianggap enteng. Tampaknya mudah, namun sebenarnya ada beberapa istilah yang harus dipahami untuk Abstrak agar sesuai dengan aturan.

Berdasarkan buku, cara membuat abstrak mencakup aspek-aspek utama yaitu tujuan dan masalah penelitian, desain penelitian, hasil analisis, dan ringkasan singkat termasuk penjelasan dan kesimpulan, komentar penulis atas penelitian yang dilakukan.

Cara Membuat Abstrak

Sebelum membahas cara membuat abstrak, penting untuk mengingat betapa pentingnya menulis abstrak yang akurat. Menurut David L. Staiger, abstrak memungkinkan Kamu untuk merinci setiap aspek kunci dari karya tulis Kamu dan membantu pembaca memutuskan apakah mereka ingin membaca karya tulis tersebut.

Dengan kata lain, abstrak yang Kamu tulis akan digunakan oleh pembaca untuk menentukan apakah ia harus membaca suatu karya ilmiah atau tidak. Jadi, sebagai penulis abstrak, kamu harus bisa menjelaskan dengan jelas aspek-aspek penulisan ilmiah.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana mengukur seberapa jelas abstrak yang dibuat? Bagaimana penulis menentukan apakah abstraknya lengkap dan jelas?

Menurut Swales dan Feak, penting bagi kamu untuk memposisikan diri sebagai pembaca atau peneliti lain yang membaca abstrak. Bayangkan kamu adalah seorang pembaca. Tanyakan apakah kamu puas dengan informasi yang disajikan dalam abstrak?

Berikut langkah-langkah atau cara membuat abstrak.

  1. Memahami Sistematikan Cara Menulis Abstrak

Sebelum membuat ringkasan, pahami terlebih dahulu sistem pembelajaran menulis abstrak. Jangan sampai salah dalam membuat abstrak atau menulis abstrak dengan data yang tidak lengkap.

Pada bagian abstrak tercantum latar belakang penelitian akhir, tujuan dan metode yang digunakan dari proyek ini. Secara singkat, temuan penelitian dan kesimpulan dari naskah akhirnya juga harus dijelaskan. Saat menulis abstrak, kata kunci penting juga disertakan.

  • Bukan Asli Copy Paste

Abstrak berisi ringkasan dari keseluruhan draft akhir. Namun, begitu kamu mengetahui struktur teks abstrak, kamu tetap tidak bisa hanya menyalin dan menempel. Cobalah untuk memahami inti dari setiap poin penting dalam ringkasan. Rangkumannya juga tidak sama persis dengan isi draf akhir, jadi kamu bisa menyesuaikannya.

  • Tuliskan Latar Belakang Sebuah Penelitian

Dalam cara membuat abstrak kamu dapat mulai menulis abstrak dengan menjelaskan konteks penelitian. Apa argumen di balik penelitian kamu? Jelaskan juga topik/ pertanyaan/ masalah yang diangkat dalam penelitian. Jelaskan mengapa kamu memilih topik ini.

Kamu juga dapat menjelaskan keunikan penelitian sehingga penelitian dan penulisan artikel ilmiah perlu dan harus dilakukan. Pada bagian ini, pembaca dapat memahami mengapa penulis melakukan penelitian.

  • Penjelasan Metode Penelitian yang Digunakan

Metode dalam sebuah karya ilmiah diperlukan. Tanpa metodologi penelitian, materi yang kamu buat tidak memiliki dasar yang kuat dan data dapat dengan mudah dipecahkan oleh peneliti lain. Metode penelitian dapat diartikan sebagai alat penelitian untuk memecahkan masalah yang diajukan dalam penelitian.

Metode harus dimasukkan dalam abstrak untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang bagaimana penulis melakukan penelitiannya. Pembaca mendapat penjelasan tentang bagaimana penulis menangani data penelitian. Sehingga pengolahan data benar-benar dapat diperhitungkan.

  • Interpretasi Hasil Penelitian 

Untuk cara membuat abstrak selanjutnya setelah latar belakang dan metode, kemudian menjelaskan hasil penelitian. Pada bagian ini, penulis abstrak menjelaskan secara singkat temuan dan kesimpulan penelitian sehingga pembaca mengetahui apa  yang diharapkan dari penelitian. Jangan lupa untuk menyertakan informasi penting tentang hasil pencarian.

  • Penarikan Kesimpulan

Kesimpulan merupakan bagian yang tidak dapat diabaikan. Kesimpulan ini termasuk interpretasi penulis terhadap penelitian yang dilakukan. Setelah melakukan pencarian data, pengolahan data, analisis data, dan mencari tahu hasil pencarian, apa pkamungan penulis dari semua proses ini?

Penulis dapat menarik kesimpulan dari berbagai proses penelitian. Biasanya, kesimpulan  ditulis dalam beberapa kalimat. Tidak sebanyak bagian ringkasan lainnya.

  • Masukkan Kata Kunci

Dalam cara membuat abstrak inilah yang membedakan definisi abstrak dengan bagian lain dari teks ilmiah. Ada kata kunci yang harus dimasukkan di akhir paragraf. Kata kunci tersebut bisa didapatkan dari highlight pada judul pencarian.

Apa fungsi kata kunci? Memudahkan pencarian riset online. Perhatikan juga ejaan abstrak seperti jumlah kata dan spasi kata yang digunakan. Untuk penulisan abstrak ini memang berbeda dengan penulisan karya tulis ilmiah yang lainnya.

Abstrak ringkas dan hanya sekitar 250 kata. Spasi antar kata yang digunakan adalah 1 atau spasi tunggal. Jika ada kata-kata dalam bahasa Inggris, mereka harus dicetak miring. Saat ini, dalam artikel ilmiah di Indonesia, abstrak biasanya ditulis dalam dua versi, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Setelah Kamu mengetahui cara membuat abstrak maka berikut ini salah satu contoh abstrak Ibrahim Ali Gibran, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Karya tulis ilmiah ini seputar penelitian tentang konsumen sepeda motor.

ABSTRAK

Penelitian ini didorong oleh penurunan penjualan sepeda motor Honda dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2008. Penurunan dari penjualan ini akan mengindikasikan adanya sebuah penurunan keputusan pembelian dari konsumen terhadap produk sepeda motor. Bagaimana konsumen memutuskan untuk membeli sepeda motor  dalam konteks persaingan yang semakin ketat  berdasarkan  motivasi konsumen, persepsi kualitas dan sikap konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Introvert? Pengertian, Arti, Jenis

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motif konsumen, persepsi kualitas dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Tiga hipotesis dirumuskan dan diuji dengan menggunakan analisis regresi.

Sedangkan analisis kualitatif berawal dari interpretasi data dengan memberikan informasi dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen, persepsi kualitas dan sikap memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian. Motivasi konsumen juga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian dibandingkan persepsi konsumen terhadap kualitas dan sikap.

Kata kunci : keputusan pembelian, motivasi konsumsi, persepsi kualitas, sikap konsumen.

Demikian sahabat moselo cara membuat abstrak, semoga bermanfaat!

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences