Moselo
Moselo Journal

Macam-Macam Kain Hyget dan Penggunaannya

Posted on 14 Jul 2022
Share this post: 

Kain hyget merupakan salah satu kain yang berbahan terbaik dan terbuat dari antara bahan polyester dan bahan katun. Pada umumnya, bahan hyget ini adalah bahan kain yang digunakan buat kaos dengan harganya yang cukup murah. Tetapi, dengan harganya termasuk murah, tidak menutup kemungkinan kalau kualitas dari bahan hyget ini sangat kurang.

Harga yang murah bisa menjadi suatu keunggulan dari bahan hyget ini. Sebab, dengan harga jual yang murah bisa mengundang banyaknya pelanggan atau konsumen yang ingin membelinya.

Perlu kamu tahu juga kalau hyget adalah kain yang cukup tipis ketimbang berbagai macam bahan kaos lainnya. Seiring berkembangnya model dari pakaian, maka makin berkembang pula bahan hyget ini.

Macam-Macam Kain Hyget

kain hyget

Di sini telah tersedia beberapa macam kain hyget yang bisa kamu jadikan tambahan data. Untuk pembahasan lengkapnya, kamu bisa simak pada ulasan yang sudah tersedia berikut ini.

1. Hyget Biasa

Bahan hyget biasa adalah salah satu jenis bahan yang seringkali digunakan dalam pembuatan kaos partai. Kaos partai yang dimaksud adalah kaos partai yang digunakan dalam masa-masa berkampanye. Di mana bahan yang seperti ini biasanya sangat tipis jika kita bandingkan dengan beberapa bahan hyget lainnya.

Baca Juga: 15 Contoh Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas, Bisa Dijual Mahal!

Bukan hanya itu saja, secara umum bahan hyget ini dapat dijadikan sebagai bahan yang berwarna cerah. Dan seringkali dipadukan dengan adanya warna lain, contohnya adalah putih & kuning atau putih & merah hingga putih & hijau dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki bahan yang bisa dibilang lebih tipis dari beragam jenis bahan lainnya, bahan hyget yang biasa seperti ini juga dapat menyerap keringat dengan maksimal dan panas untuk digunakan. Maka dari itu, tak heran kamu akan kelihatan seperti mandi dengan keringat jika mengenakan pakaian berbahan hyget jenis ini, apalagi cuacanya sedang sangat panas.

Tentunya hal-hal yang seperti ini adalah kekurangan bagi kain hyget jenis biasa. Melihat kekurangan yang seperti ini, tidak heran juga kalau para penjual menjual kain hyget tersebut dengan harga yang sangat murah.

2. Hyget Super

Salah satu jenis kain jenis hyget yang perlu kamu ketahui adalah hyget super. Sesuai dengan namanya, di mana jenis kain yang seperti ini tentu saja lebih bagus secara kualitas dibandingkan dengan kain hyget biasa.

Harganya juga akan menjadi lebih mahal dari hyget biasa sebab adanya kualitas kain yang berbeda. Mungkin harganya bisa dibilang mahal, akan tetapi sebanding dengan kualitas barangnya. Keunggulan lainnya, ketika kamu mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan dasar kain hyget super ini, kamu akan merasakan kenyamanan yang lebih baik dari pada hyget biasa.

Jika dilihat dari segi ketebalannya, hyget super tentu lebih tebal dari hyget biasa. Kain hyget super ini juga memiliki kerapatan yang cukup rapat hingga sering dijadikan sebagai bahan dari pembuatan hijab instan. Tak hanya itu saja, kebanyakan model hijab dari bahan yang seperti ini juga cukup banyak diproduksi dan dijual di pasaran.

Hijab instan yang berbahan dasar dari kain hyget ini memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang hijab dengan bahan lainnya. Tetapi, dibalik harganya yang masih terjangkau, sebenarnya hijab yang menggunakan bahan sepert kain hyget super ini bisa membuat kamu terasa panas. Terutama saat digunakan pada siang hari.

3. Hyget Balon

Kain hyget balon adalah jenis kain yang terbilang kualitasnya lebih unggul dari kedua jenis kain hyget sebelumnya. Perbedaan kualitasnya sudah bisa kamu rasakan ketika memegang bahannya.

Ciri paling kentara dari hyget balon adalah bahannya yang tipis dan juga mengkilap. Selain itu, hyget balon tidak bisa menyerap keringat dengan maksimal dan masih terasa panas saat dikenakan.

Akan tetapi, keunggulannya adalah harganya yang cenderung murah serta tidak mudah kusut. Sehingga perawatannya lebih mudah dan tidak perlu ribet menyetrika ketika hendak dikenakan. Bahkan, kain hyget balon tidak disarankan untuk disetrika karena bisa merusak kain.

Meskipun sudah tersedia berbagai macam produk dengan merek yang memakai bahan hyget balon, tapi harganya masih dalam kategori murah. Kain yang seperti ini bisa kita temukan di toko-toko sport.

Pasalnya, kain yang terbuat dari bahan dasar kain hyget balon ini sering diaplikasikan pada kaos-kaos sport KW, misalnya kaos renang, kaos tim sepak bola dan lain sebagainya. Karena kualitas bahannya, beberapa orang yang menggunakan pakaian dari bahan hyget balon cenderung merasa tidak nyaman karena merasa kepanasan dan keringat tidak diserap maksimal

4. Hyget Serena

Selain ketiga jenis kain hyget yang sudah disebutkan di atas, ada lagi jenis kain hyget lainnya, yaitu hyget serena. Dari ketiga macam kain hyget yang sudah dibahas sebelumnya, bisa dibilang kalau kain hyget serena ini adalah kain hyget yang paling terbaik.

Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan kain yang berbahan hyget serena ini mempunyai tekstur yang lebih lentur hingga padat ketimbang ketiga jenis kain yang sudah dibahas sebelumnya. Namun, secara bahan hampir sama yaitu perpaduan dari polyester dan katun.

Karena tekstur kain hyget serena ini lebih tebal sehingga tak tembus pandang ketika kamu gunakan. Keunggulan lainnya dari hyget serena adalah tidak panas sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan fashion baik pakaian maupun hijab. Selain itu mudah menyerap keringat dengan baik.

Biasanya, hyget serena digunakan sebagai bahan untuk pembuatan baju jersey, celana olahraga, pakaian renang, legging, manset, hingga rok dan gamis. Kain ini juga bisa disablon atau disublim. Sehingga kamu bisa mencantumkan merek atau logo langsung pada kain.

Perawatan Kain Hyget

Setiap jenis kain harus dirawat sesuai dengan jenis kainnya, tak terkecuali kain hyget. Perawatan kain yang baik sangat berpengaruh terhadap usia kain.

Baca Juga: Cara Desain Gerobak Minimalis dan Ideal

Bahan hyget bukanlah bahan yang mudah lentur, sehingga kamu bisa mencucinya seperti biasa dan boleh dicampur dengan jenis kain lain. Hanya saja, apabila terdapat noda pada kain sangat tidak disarankan menyikatnya karena justru akan merusak tekstur kain.

Selain itu, bahan hyget memiliki sifat mudah kering. Sehingga bisa tetap cepat kering di cuaca mendung sekalipun. Kamu pun tidak perlu menjemurnya di bawah matahai langsung. Bahkan, kamu bisa mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan saja.

Kemudian, karena kain hyget merupakan jenis kain yang tidak mudah kusut, kamu tidak perlu sering-sering menyetrika jenis kain ini. Tapi, apabila kamu menginginkannya, pastikan setrika tidak terlalu panas dan juga setrika di bagian yang diperlukan saja.

Harga kain hyget bisa berbeda di tiap daerah. Akan tetapi, rata-rata harganya Rp 5.000 sampai Rp 15.000 per meternya. Buat sahabat moselo yang ingin mencoba usaha di bidang fashion, kain hyget adalah kain yang direkomendasikan untuk kamu coba. Karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences