Moselo
Moselo Journal

Cara Mencari Ilmu Supaya Berhasil dan Barokah

Posted on 02 Jul 2022
Share this post: 

Sebagai umat muslim, apalagi pelajar muslim tentu saja cara mencari ilmu supaya berhasil menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Pada dasarnya menuntut ilmu ini, Allah telah perintahkan pada umat manusia di ayat pertama Al-Qur’an.

Dalam ayat pertama adalah Surah Al-Alaq 1-5 yang bercerita tentang Allah memberikan perintah pada Nabi Muhammad SAW agar dapat membaca.

Cara mencari ilmu supaya berhasil dapat kamu lakukan dengan mengetahui adab saat menuntut ilmu. Dalam hal ini, kita harus memiliki usaha sehingga ilmu yang sudah dipelajari bisa bermanfaat, apakah itu untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

Cara Mencari Ilmu Supaya Berhasil

cara mencari ilmu supaya berhasil

Lantas bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil dan barokah? Pada umumnya, ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan. Coba lihat pembahasan yang telah dibahas oleh kami seperti berikut ini.

Mencari Ridha Allah

Hal yang paling pertama bagi kamu yang ingin melakukan cara mencari ilmu supaya berhasil adalah dengan mencari ridha Allah terlebih dahulu. Pasalnya, niat untuk menuntut ilmu wajib lillahi ta’ala (karena Allah ta’ala). Di mana kita tak boleh menuntut ilmu buat mengejar materi dunia belaka.

Baca Juga: 8+ Ide Kerajinan dari Koran, yang Bisa Menghasilkan

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa barang siapa mencari ilmu syar’I yang seharusnya ia lakukan buat mencari wajah (ridha) Allah dengan keikhlasan. Tapi ia tidak lakukan melainkan buat mencari keuntungan pada duniawi, maka nantinya ia tak akan mendapatkan harumnya aroma surgawi di hari kiamat (HR. Ahmad).

Harus Selalu Haus Ilmu

Bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil dan barokah? Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan selalu merasa haus akan ilmu. Ketika kamu mencari ilmu, kamu tak boleh merasa sombong dan juga merasa sudah tahu tentang semuanya.

Karena dalam menuntut ilmu menurut Islam, di mana seseorang tidak harus merasa tidak mengetahui tentang apapun. Dan selalu merasa haus dengan ilmu pengetahuan.

Rasulullah SAW bersabda bahwa dua orang rakus yang tak pernah kenyang, yakni orang rakus terhadap ilmu dan tak pernah kenyang terhadapnya dan orang rakus mencari dunia dan tak pernah kenyang terhadapnya (HR. Al-Baihaqi).

Jauhkan Diri dari Maksiat

Suatu saat, seorang Imam Syafli pernah mengeluh pada seorang gurunya sebab hafalan yang dimilikinya cukup lemah. Dan kemudian guru dari Imam Syafli memberi saran agar ia menjauhi semua bentuk kemaksiatan. Menurut dari guru tersebut, ilmu merupakan cahaya Allah, seseorang tak dapat menerima ilmu apabila selalu berbuat kemaksiatan. Jadi salah satu cara mencari ilmu supaya berhasil menurut ajaran Islam adalah dengan menghindar dari perbuatan yang maksiat.

Memiliki Otak yang Cerdas

Selain memiliki beberapa hal yang ada diatas, kamu juga harus memiliki otak cerda dalam cara mencari ilmu supaya berhasil dan barokah. Seorang yang sedang mencari ilmu dan bisa berhasil apabila mempunyai otak yang pintar dan cerdas dalam berpikir. Maksudnya disini adalah definisi cerdas berhubungan dengan adanya kesehatan otak yang sudah ada sejak lahir yang dikaruniakan oleh Allah SWT.

Bukan hanya itu saja, otak yang cerdas juga bisa dibilang memiliki kemampuan berpikir secara dalam. Artinya, seseorang tersebut mampu memecahkan berbagai macam masalah dengan menggunakan logikanya, kemudian menyusun strategi dengan baik dan benar, barulah menemukan solusinya. Jangan sampai menyelesaikan masalah dengan menggunakan emosi dan otot kita. Karena menurut agama ini adalah salah satu cara yang sangat fatal dalam menuntut ilmu.

Tekad yang Kuat

Dalam poin ini, seorang yang ingin lakukan cara mencari ilmu supaya berhasil dan barokah harus mengetahui tentang tekad belajar yang sangat penting agar bisa sukses menuntut ilmu. Pasalnya, jalan buat memperoleh ilmu merupakan jalan sulit, tapi dapat kamu lalui jika memiliki tekad yang kuat.

Bagi umat muslim, tekad yang kuat sangat penting untuk ditanam dengan dalam. Hal ini bertujuan agar tidak mudah buat menyerah dan pantang mundur meskipun sedang mengalami masalah-masalah atau rintangan-rintangan yang sulit dalam belajar.

Kesabaran

Kesabaran merupakan salah satu cara mencari ilmu supaya berhasil dan barokah serta harus kamu perhatikan, terutama kamu yang beragama Islam. Dimana menuntut ilmu menurut Islam akan membutuhkan kesabaran. Dalam artinya akan tetap sabar selama belajar, tahan terhadap ujian dan sabar dalam melakukan segala hal saat menuntut ilmu serta sabar untuk menjalani hukuman apabila ada.

Hidup ini menjadi suatu bagian ujian Allah yang akan menguji kamu apakah kesabaran menuntut ilmu itu ada atau tidak. Apabila kita lolos dalam menjalani ujian demi ujian, tentu kita dapat dinaikan pada tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Seperti pepatah mengatakan bahwa orang yang pintar adalah orang yang tak akan menyerah dalam belajar.

Kesungguhan

Selain kesabaran, cara menuntut ilmu supaya berhasil selanjutnya adalah memiliki kesungguhan. Siapapun yang sedang menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh, maka bisa mendapatkan keberhasilan. Oleb sebab itu, kesungguhan dalam menuntut ilmu merupakan sebuah modal buat menguasai tentang ilmu yang sedang dipelajari oleh kita. Seperti ada yang mengatakan kalau “Siapa yang memang bersungguh-sungguh pasti ia akan mendapatkan”.

Bekal yang Cukup

Cara menuntut ilmu supaya berhasil dengan cara yang baik dan benar adalah harus memiliki bekal atau biaya. Misalnya disini adalah para imam, seorang Imam Malik menjual sebuah kayu penopang buat atap rumahnya dalam menuntut ilmu.

Imam Ahmad melakukan sebuah perjalanan yang jauh ke beragam negara buat mencari ilmu yang ingin dipelajari. Beliau berjanji pada Imam Syafl’I agar bisa ketemuan di Mesin. Tapi, beliau tak dapat pergi ke Mesir akibat tak mempunyai bekal. Yang pada dasarnya, seseorang yang sedang menuntut ilmu harus rela berkorban waktu dan harta, bahkan nyawa.

Bimbingan Guru

Salah satu cara mencari ilmu supaya berhasil yang perlu kamu ketahui adalah dengan bimbingan dari seorang guru. Pada umumnya, bimbingan guru merupakan kunci kesuksesan untuk mendapatkan ilmu asal kita melakukannya dengan baik dan benar.

Baca Juga: Macam-Macam Kain Jarik dan Manfaatnya

Kamu juga sangat wajib untuk menyesuaikan bimbingan guru. Belajar Islam bukan belajar dengan cara otodidak semata. Pasalnya ini akan menjadi berbahaya apabila kita salah dalam memahami sebuah teks ayat yang tertulis atau hadits. Dikarenakan hal tersebut, maka bimbingan guru ini sangat penting dan harus dihormati serta memuliakan guru. Karena ini juga bisa mendapatkan ridha guru hingga akhirnya dapat mengantarkan kita pada Allah.

Waktu yang Lama

Yang terkahir dalam cara mencari ilmu supaya berhasil dan barokah adalah menuntut ilmu dalam jangka waktu yang panjang. Kita tidak dapat belajar dan mengetahui dengan jelas dan padat tentang ilmu yang kita pelajari jika hanya dalam hitungan minggu ataupun bulan saja. Jadi, lakukan saja untuk tetap terus belajar, belajar dan belajar dengan tekun serta rutin agar bisa memperoleh ilmu yang matang.

Demikian pembahasan kita sahabat moselo tentang cara mencari ilmu supaya berhasil dan barokah. Setiap cara yang ada di atas harus dilakukan semuanya tanpa harus dilewati agar bisa mendapatkan ilmu yang utuh. Pelajari terus-menerus setiap ilmu yang kamu pelajari dan jangan pernah berhenti dan letih sebelum mendapatkan ilmu tersebut.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences