Moselo
Moselo Journal

7 Jenis Katun Linen dan Penggunaannya

Posted on 16 Jul 2022
Share this post: 

Katun linen adalah produk tekstil yang terbuat dari serat tumbuhan alami yaitu rami. Linen dikenal sebagai produk tekstil yang dapat bertahan lama, asalkan dirawat dengan baik. Linen yang biasa digunakan sebagai bahan garmen dikenal sebagai salah satu kain yang indah, nyaman dan tahan lama karena terbuat dari serat alami tanaman rami.

Tergantung pada tekstur dan tenunannya, linen sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan variasi. Selain itu, dibandingkan dengan kapas, benang linen dua sampai tiga kali lebih kuat, dengan total 216 benang lusi per cm. Sedangkan dibandingkan dengan tekstil Eropa modern terbaik, benang lusi tidak lebih dari 140 per cm.

Jenis-jenis Katun Linen

katun linen

Linen sendiri adalah salah satu serat tumbuhan terkuat di dunia, dan kain yang terbuat dari jenis linen ini sangat tahan aus dan pereda panas. Sifat-sifat yang kuat ini membuat katun linen tahan terhadap pencucian, tahan terhadap kerusakan dan sangat mengkilap.

Linen Damask

Linen Damask adalah kain yang dibuat dengan alat tenun yang disebut jacquard menggunakan campuran tenunan polos dan satin. Variasi lain dari damask adalah kain venice. Kain ini memiliki tekstur yang sangat halus dan bercirikan motif bunga berukuran besar.

Baca Juga: 5+ Membuat Bisnis Kerajinan Rotan yang Banyak Dicari

Jenis katun linen ini teksturnya halus dan dikerjakan pada alat tenun jacquard untuk menciptakan hasil akhir seperti bordir. Linen damask tidak dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari dan lebih umum digunakan pada barang-barang dekoratif.

Karena ini adalah pola bordir yang paling halus, mirip dengan bordir, untuk menonjolkan pola, damask biasanya satu warna. Kain ini biasa digunakan untuk serbet, taplak meja, dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Linen Halus

Linen halus adalah linen tenunan untuk pelapis. Nama ini berlaku untuk semua kain katun linen halus yang diimpor dari daratan Eropa, dan khususnya untuk produk yang dibeli di Belanda. Tidak seperti kain linen yang disebutkan sebelumnya, linen halus biasanya dibuat dengan rajutan longgar agar lebih mudah menyerap air.

Linen halus terutama digunakan sebagai bahan untuk popok dan serbet. Selain itu juga, digunakan untuk tirai, kain spidol, dan lain sebagainya. Namun di Yunani, beberapa kain katun berwarna juga disebut linen halus.

Linen Plain Woven

Linen plain woven biasanya digunakan untuk membuat handuk piring, serbet katun, dan saputangan. Karena benang tenun relatif longgar, sangat kuat, tetapi tanpa kehilangan kekuatan yang signifikan.

Kain tenun linen plain woven ini juga dikenal sebagai kain pembersih kaca karena penggunaannya yang paling umum adalah untuk membersihkan kaca. Kain ini biasanya memiliki pola kotak-kotak, garis-garis merah-biru atau kombinasi keduanya dengan latar belakang putih.

Holland Linen

Linen holland, tidak bertekstur, lembut dan memiliki tenunan yang rapat. Kain katun linen jenis ini biasanya memiliki jumlah benang yang lebih tinggi dibandingkan kain linen lainnya. Karena sifat dan teksturnya yang lebih padat, jenis ini juga dapat digunakan pada pakaian.

Linen holland adalah variasi lain dari linen yang sengaja ditenun secara longgar. Kain ini dibuat dengan mencampurkan minyak dan pati, yang mengakibatkan kain cenderung buram dan sulit ditembus oleh sinar matahari. Linen holland sangat cocok bila digunakan untuk pembuatan jendela tanpa tirai dan sebagai penutup lampu.

Cambric Linen

Katun linen ini pertama kali dibuat di Cambrai, Prancis, dan merupakan sumber linen halus. Lapisan bawah memiliki hasil akhir yang halus, mengkilap, ringan, dan cocok untuk menjahit dengan hasil akhir yang rapi. Karena jenis cambric ini mudah untuk dicuci, sangat ideal untuk sapu tangan, gaun bayi, celana dalam, pakaian dalam dan baju tidur.

Huckaback Linen

Huckaback linen adalah variasi lain dari linen yang terbuat dari linen murni atau campuran katun dan linen. Linen ini ditenun dengan tangan dan lilitannya sangat halus. Huckaback linen sangatcocok dijadikan sebagai handuk karena lebih lembut di kulit.

Linen Kasar atau Raw Linen

Jenis katun linen selanjutnya adalah linen kasar atau yang biasa disebut dengan raw linen. Biasanya katun linen kasar digunakan untuk membuat popok dan tampon yang dapat digunakan kembali. Jenis linen ini adalah kain yang sangat menyerap tetapi kurang tahan lama. Selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan untuk handuk mandi.

Linen kasar atau Raw Linen merupakan kain linen dengan karakter kaku. Kain ini sering digunakan sebagai bahan garmen untuk pekerja keras seperti tukang daging. Variasi lainnya adalah linen mata burung yang menampilkan pola geometris kecil yang menyerupai mata burung.

Penggunaan Kain Katun Linen

Dikenal sebagai kain musim panas, katun linen biasanya dijadikan sebagai fashion utama saat musim panas tiba.  Seperti disebutkan sebelumnya, linen adalah salah satu tekstil tertua yang terbuat dari batang tanaman rami.

Merujuk Swit Dry Clothes Lines, serat rami ditemukan di Georgia, yang membuktikan bahwa tanaman ini telah digunakan oleh manusia sejak 30.000 SM. Rami awalnya tumbuh di Timur Tengah dan sekarang banyak ditanam.

Selain yang sudah disebutkan di atas, penggunaan katun linen juga biasa dijadikan sebagai pembuatan beberapa perlengkapan seperti berikut.

Seprai Kain Linen

Salah satu perlengkapan rumah tangga yang banyak menggunakan bahan katun linen adalah seprai. Karakter kain linen yang halus, tahan lama, dan juga perawatannya yang mudah menjadikan katun linen sebagai salah satu bahan baku favorit untuk seprai rumah.

Salah satu kelebihan dari seprai linen adalah memberikan rasa nyaman pada tubuh. Bahkan, katun linen akan menjadi lebih halus setelah dicuci. Kamu juga tidak perlu menyetrikanya karena katun linen tidak mudah kusut.

Gordyn Kain Linen

Saat ini, sulit untuk menemukan gordyn kualitas tinggi dengan 100% linen murni. Dengan warna netral yang indah, gordyn berbahan linen sering dijadikan pilihan untuk mempercantik desain interior rumah. Ini karena selain warnanya yang netral, katun linen memberikan kesan kemewahan pada ruangan.

Celemek Dapur Kain Linen

Linen juga paling cocok untuk celemek dapur. Mengapa? Karena linen sangat cepat kering dan secara alami tahan terhadap noda. Tentu saja karakter seperti ini sangat disukai khususnya ibu rumah tangga. Karena membersihkan celemek dapur dari noda membutuhkan tenaga ekstra. Sedangkan jika menggunakan linen justru lebih mudah.

Handuk Mandi Kain Linen

Kain linen pun cocok digunakan sebagai bahan dasar untuk handuk mandi, karena tahan lama, daya serap tinggi, dan juga merupakan jenis kain yang lembut.

Baca juga: Yuk, Mengenal Aliran Naturalisme: Pengertian, Ciri, Tokoh, dan Sejarahnya

Inilah sahabat moselo beberapa hal seputar jenis kain katun linen dan penggunaan kain jenis ini di berbagai produk rumah dan kehidupan sehari-hari. Keberadaan jenis kain ini cukup banyak dan bisa kamu temukan dengan mudah. Selain itu, harganya juga relative terjangkau. Dengan melihat berbagai kelebihan yang diberikan oleh kain ini maka kamu bisa menjadikannya sebagai pilihan.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences