Moselo
Moselo Journal

Macam-Macam Produk dengan Bahan Suede

Posted on 15 Jul 2022
Share this post: 

Berdasarkan asal bahasanya, di mana istilah dari suede ini diambil dari negara Perancis, yakni Gants de Suede. Artinya adalah sarung tangan yang berasal dari Swedia. Jenis bahan suede pertama kali dibuat di negara Swedia yang digunakan sebagai sarung tangan para wanita, lalu kemudian dipopulerkan di seluruh dunia.

Makin berkembangnya jaman, banyak yang bilang kalau suede merupakan bahan yang halus seperti beludru. Tapi, sudah jelas kalau kedua bahan tersebut sangat berbeda. Yang membuat mereka berbeda dapat kita lihat pada saat kita membakarnya. Di mana bahan suede sangat sulit terbakar dan beludru dapat terbakar dengan mudah.

Macam-Macam Produk Berbahan Suede

Untuk menghasilkan bahan suede berkualitas bagus, bahan utama yang harus digunakan adalah kulit hewan seperti kambing, kerbau, domba dan sapi. Ini akan menciptakan tekstur lapisan yang lembut dan halus sehingga tercipta produk pakaian yang nyaman untuk digunakan.

Macam-macam produk dengan bahan suede saat ini sudah banyak, contohnya adalah sebagai berikut.

1. Sofa dan Bantalnya

bahan suede

Sebagai pelengkap dari kebutuhan dalam rumah kamu, tentu saja bahan suede telah diaplikasikan pada sofa maupun bantalnya. Bahan furniture ini merupakan bahan yang mempunyai material sintetis dan memiliki tekstur yang lembut.

2. Totebag, Backpack, dan Rucksack

Saat ini sudah banyak tersedia produk berupa tas dan terbuat dari bahan suede. Fungsi dari tas yang seperti ini bisa kamu gunakan untuk membawa berabgai macam barang saat berpergian. Sedangkan untuk segi fashion , tas berbahan suede dapat membuat penampilan menjadi lebih menarik dan elegan.

Baca Juga: Macam-Macam Kain Hyget dan Penggunaannya

Ada banyak model tas yang bisa kamu pilih untuk melengkapi penampilan, misalnya totebag, backpack dan rucksack. Agar bentuk tasnya terlihat lebih baik, usahakan kamu selalu mengisinya dengan gumpalan kertas jika tidak digunakan.

3. Jam Tangan

Jika kamu ingin memiliki penampilan lebih menarik dengan adanya aksesoris di tangan, mungkin kamu dapat memanfaatkan jam tangan berbahan suede ini. Dibandingkan dengan jam tangan berbahan tali stainless, jam tangan berbahan suede ini jauh lebih ringan dan lebih nyaman ketika digunakan.

4. Belt

Bahan suede yang sering ditemukan pada produk-produk fashion bisa kita lihat di ikat pinggang atau sering disebut dengan belt. Belt selain berfungsi untuk mengikat celana ataupun pakaian, juga bisa digunakan sebagai hiasan agar penampilan semakin modis.

Belt atau ikat pinggang seringkali banyak dibuat dari bahan suede karena tekturnya terlihat lebih mewah dan menampilkan kesan klasik.

5. Dompet

Jika kamu yang sedang mencari dompet simpel dengan bahan yang bagus, kamu dapat membeli dompet berbahan suede. Kebanyakan produk dompet yang terbuat dari suede ini memiliki desain yang simpel dan elegan. Karena dari karakter bahannya tidak perlu ditambahkan banyak ornamen lain.

Dompet berbahan suede adalah salah satu item fashion yang sudah populer dan legendaris sehingga banyak peminatnya. Bukan hanya populer di kalangan pria saja, tapi dompet suede juga banyak diminati oleh para wanita.

Hal ini dikarenakan, desain dari dompet ini memberikan kesan yang sangat mewah sehingga ketika digenggam di tangan membuat penampilan kamu jauh lebih menarik.

6. Jaket

Jaket yang terbuat dari bahan suede ini sebenarnya termasuk golongan item yang banyak digandrungi. Kebanyakan jaket berbahan suede diaplikasi pada jaket pria dan mampu memberikan penampilan yang jauh berbeda dibandingkan dengan jaket berbahan lain.

Khusus buat kamu yang sangat berani dalam bereksplorasi, tak ada salahnya apabila kamu memilih jaket berbahan suede ini. Biasanya jaket sudah dilengkapi dengan adanya aksesoris fringes, draperi ataupun tassel di bagian lengan, bahu, maupun dada.

7. Coat

Item fashion yang selanjutnya adalah coat. Merupakan salah satu item berbahan suede yang banyak digunakan dan menjadi trend coat masa kini. Dengan kamu mengenakan coat bahan suede ini, penampilan kamu akan terlihat lebih kece dan keren.

Kamu dapat memakai coat ini dengan ukuran yang panjang apabila di daerah kamu cenderung bercuaca dingin. Selain dari penampilannya yang keren, bahan suede juga bisa memberikan efek hangat di tubuh.

8. Kameja

Memakai kameja yang bahan dasarnya suede bisa menonjolkan karakter kamu yang tenang. Hal tersebut dapat kita lihat dari tekstur bahan suede yang memiliki kesan kalem saat digunakan. Saat ini pun sudah banyak kemeja berbahan suede dengan berbagai kaya yang bisa kamu pilih.

9. Celana

Bukan hanya keren dengan kameja ataupun coat dan jaket, kini kamu dapat mengenakan celana panjang berbahan suede. Tentunya ini akan membuat kamu menjadi lebih bergaya dan menjadi pusat perhatian.

Kenapa demikian? Pasalnya seseorang yang mengenakan celanan bahan suede ini dinilai sebagai orang yang sederhana dan tetap berkharisma. Bahan suede sudah sangat menonjol dari segi tekstur bahan. Sehingga tidak memerlukan banyak aksesoris pun sudah keren.

10. Rok Wanita

Untuk memenuhi kebutuhan dari para wanita dengan produk fashion yang berkualitas tinggi, kini hadir juga rok mini dan midi berbahan suede. Tentunya rok bahan suede ini memiliki tekstur yang lembut sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

Untuk inspirasi dan cara pemakaian dari rok berbahan suede ini, kamu dapat memadukannya dengan menggunakan sepatu berhak tinggi. Dengan begitu penampilan kamu akan lebih mempesona.

11. Sepatu Boots

Perlu kamu tahu kalau bentuk sepatu boots yang seperti ini terlihat klasik. Karena umumnya bahan suede ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Jadi tak heran kalau sepatu boots berbahan suede banyak diburu oleh kalangan pecinta gaya klasik.

Bahan suede yang dibuat khusus sepatu boots memiliki karakteristik yang lebih sejuk dan membuat bagian kaki terasa adem meskipun pemakaiannya di siang hari. Secara harga tidak terlalu menguras kantong. Cocok untuk kamu yang ingin bergaya dengan budget terbatas.

12. Flat Shoes

Bukan hanya sepatu boot saja, kamu juga dapat memakai flat shoes untuk mengubah penampilan kamu menjadi lebih menarik. Sepatu jenis flat shoes berbahan suede ini merupakan salah satu jenis sepatu yang banyak digunakan. Ini karena tekstur suede dibuat lentur hingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

13. Sandal

Sandal adalah model alas kaki yang banyak menggunakan bahan suede. Meskipun modelnya biasa-biasa saja, akan tetapi, sandal bahan suede ini akan lebih menarik apabila kamu memadukan dengan fashion lainnya.

Baca Juga: 8 Ide Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

Pada sandal, bahan suede biasanya hanya digunakan pada bagian alas dan juga talinya saja. Sedangkan untuk solnya tetap menggunakan bahan karet atau bahan lain. Lalu secara harga, sandal dengan bahan suede memiliki variasi harga yang berbeda-beda tergantung dari kualitas bahan suedenya.

Macam-macam produk dengan bahan suede yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi inspirasi bagi sahabat moselo yang ingin tampil gaya dengan suede. Apalagi, barang-barang dengan bahan suede mudah ditemukan di sekitar kita.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences