Moselo
Moselo Journal

8 Jenis Kerajinan Tekstil yang Dapat Menghasilkan Cuan

Posted on 01 Jun 2022
Share this post: 

Bisnis kerajinan memang membawa banyak keuntungan. Bahkan potensi laba yang bisa didapatkan bisa mecapai 100% lebih. Salah satu kerajinan yang bisa kamu coba adalah kerajinan tekstil.

Ya, kerajinan tekstil adalah jenis kerajinan yang berhubungan dengan kain. Baik kain utuh maupun kain perca. Tak ada batasan jenis kain yang harus dipakai. Selama masih bisa diubah menjadi kerajinan tangan, kerajinan tekstil masih berpeluang untuk memiliki daya jual tinggi.

Nah, untuk kamu yang ingin terjun ke kerajinan tekstil, kamu bisa mencoba beberapa macam kerajinan tekstil berikut.

Contoh Kerajinan Tekstil Potensi Cuan

Kerajinan tekstil merupakan salah satu kerajinan yang masih sedikit peminatnya. Ini karena masih belum banyak yang berani mengeksplor sebuah kain. Bahkan, kain perca sisa konveksi pun dibuang begitu saja dan menjadi limbah yang mencemari lingkungan.

Menekuni bidang kerajinan tekstil membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Selain mencari referensi di internet, kamu juga bisa mengembangkan ide-ide baru. Nah, berikut ini merupakan contoh dari kerajinan tekstil yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Selimut Perca

kerajinan tekstil

Selimut adalah kebutuhan dasar manusia ketika berada di tempat yang dingin atau berada di ruangan ber-AC. Celah ini bisa kamu jadikan sebagai peluang kerajinan tekstil. Agar selimut yang kamu buat menarik perhatian calon pelanggan, kamu bisa membuat selimut yang unik atau lucu.

Segmen pasar kerajinan tekstil berupa selimut ini juga sangat luas. Kamu bisa membuat selimut untuk bayi new born, contohnya. Tentu saja kamu membutuhkan jenis kain yang lembut dan juga menyerap keringat sehingga nyaman digunakan untuk bayi.

Bahan kain yang digunakan bisa menggunakan kain utuh atau kain perca dengan kombinasi warna yang cerah.

2. Sarung Bantal

kerajinan tekstil

Kerajinan tekstil selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membuat sarung bantal. Sarung bantal dengan tema monochrome atau tema vintage saat ini masih tinggi peminatnya. Apalagi di momen-momen tertentu seperti menjelang Idul Fitri, banyak yang berbondong-bondong mempercantik rumah mereka.

Baca Juga: Kerajinan dari Kulit Jagung, Inspirasi Buat Seniman dan Content Creator Terbaru

Kain yang bisa kamu gunakan dalam kerajinan tekstil kali ini bermacam-macam. Kamu bisa menggunakan kain kanvas yang lembut, katun dengan motif cantik, kain batik, atau jenis kain lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan kain perca untuk meningkatkan keunikan dari kerajinan tekstil kamu ini.

3. Lukisan di Atas Kain

kerajinan tekstil

Apa kamu sudah tahu kalau kain juga bisa dilukis? Kerajinan tekstil yang satu ini terbilang masih sedikit pemainnya. Karena, melukis di atas kain membutuhkan keahlian tersendiri, terutama di bidang seni lukis. Hasilnya pun tak akan sama antar satu lukisan dengan lukisan lainnya.

Tapi justru karena kerumitannya inilah yang membuat lukisan di atas kain bernilai jual tinggi. Kamu bisa menggunakan kain tanpa motif atau polos. Dengan begitu kamu bisa membuat sebuah lukisan yang kamu inginkan.

Selain itu, untuk cat yang digunakan adalah cat akrilik. Di mana cat ini memang cocok digunakan untuk melukis di atas kain. Kerajinan tekstil seperti ini bisa kamu pasarkan hingga mancanegara karena peminatnya di luar negeri sangat banyak.

4. Boneka Kain

kerajinan tekstil

Siapa bilang kalau boneka hanya terbuat dari bahan berbulu saja? Justru, boneka dengan bahan kain juga banyak peminatnya lho! Apalagi, kerajinan tekstil yang satu ini terbilang unik. Cocok untuk dijadikan sebagai kado spesial untuk orang tersayang.

Bahan kain yang digunakan biasanya disesuaikan dengan segmen pasar. Jika untuk anak-anak, pemilihan bahan kain yang lembut dan juga non allergenic sangat disarankan. Namun, kalau untuk remaja, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti kain batik.

5. Tempat Pensil dari Kain

kerajinan tekstil

Saat menjelang kenaikan kelas atau penerimaan siswa baru, penjualan peralatan sekolah meningkat tajam. Salah satunya adalah tempat pensil. Momen seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan tekstil berupa tempat pensil.

Selain unik, tempat pensil dari kain juga lebih ringan dan bisa bertahan lebih lama. Kamu bisa berkreasi dengan macam-macam bentuk, seperti sepatu, boneka, atau bentuk lucu lainnya.

6. Dompet Koin

kerajinan tekstil

Akhir-akhir ini dompet koin sedang viral dengan ukurannya yang mini dan peruntukannya yang jelas, yaitu khusus untuk koin. Nah, kamu bisa membuat kerajinan tekstil dompet koin untuk menghasilkan banyak cuan.

Proses pembuatannya pun tidak terlalu rumit. Polanya juga sangat sederhana. Kamu bisa mencari pola dompet koin di internet atau melalui buku khusus kerajinan tangan. Pangsa pasar untuk produk ini pun sangat luas. Terutama untuk ibu-ibu yang sering berbelanja.

Agar lebih unik dan memiliki nilai jual yang tinggi, kamu bisa menggunakan kain perca dan menggabungkan teknik menjahit lainnya. Misalnya ditambahkan dengan hiasan sulam pita atau embroidery.

7. Apron Memasak

kerajinan tekstil

Seringkali saat memasak baju menjadi kotor dan terkadang sulit menghilangkan noda yang sudah menempel. Nah, kamu bisa melihat ini sebagai peluang untuk membuat kerajinan tekstil berupa apron memasak.

Baca Info Selengkapnya: 10+ Macam Kerajinan Tangan yang Bisa Kamu Jual, Lho!

Tentu saja, peminat dari apronmu sangat banyak. Terutama bagi mereka yang setiap harinya menyiapkan makanan di dapur. Selain itu, pengusaha catering juga membutuhkan apron selama proses memasak. Kalau produkmu berkualitas, kamu bahkan bisa menjualnya hingga luar negeri loh.

Apalagi, apron yang kamu buat bisa digunakan kembali alias dicuci ulang. Ini akan menambah nilai tambah bagi kebanyakan orang karena lebih hemat dibandingkan apron yang terbuat dari plastik.

8. Keset dari Perca

kerajinan tekstil

Kain perca sisa potongan kain sangat sayang kalau dibuang begitu saja. Padahal, kain perca bisa didaur ulang dan menghasilkan produk baru yang berdaya jual tinggi. Terlebih lagi, kamu bisa berkontribusi untuk mengurangi limbah tekstil yang sulit untuk diurai.

Nah, salah satu produk yang bisa kamu ciptakan dari kain perca adalah keset. Setiap rumah pasti membutuhkan banyak keset, untuk di depan kamar, depan pintu masuk, hingga depan kamar mandi. Belum lagi jika keset kotor harus punya cadangan lainnya.

Jika melihat situasi seperti ini, kebutuhan akan keset tak akan pernah ada habisnya. Dan ini bisa menjadi peluang kerajinan tekstil untuk kamu. Kamu bisa menciptakan keset dari kain perca dengan bentuk yang tidak biasa. Misalnya berbentuk love, oval, bahkan bisa saja berbentuk kepala boneka. Semakin kreatif produk yang kamu buat, semakin banyak pula peminatnya.

Kain merupakan salah satu dari sekian banyak bahan kerajinan yang bisa kamu eksplor lebih. Sayangnya, masih sedikit yang berkreasi di kerajinan tekstil terutama perca. Meskipun begitu, ini adalah kesempatan emas untukmu karena minim pesaing.

Untuk terjun ke dunia kerajinan ini, sahabat moselo membutuhkan banyak referensi dan juga kreatifitas yang tinggi. Bahkan, kamu harus terus melakukan inovasi untuk membuat produkmu terlihat beda di mata calon konsumen. Dengan begitu, produkmu akan terus laris di pasaran, baik di dalam maupun luar negeri.

Selamat mencoba!

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences