Moselo
Moselo Journal

Apa Itu Marketing? Dasar Terpenting Agar Kamu Bisa Jadi Marketer Handal

Posted on 06 Jun 2022
Share this post: 

Apa itu marketing? Dasar terpenting agar kamu bisa menjadi marketer handal, adalah beberapa pertanyaan yang pastinya terbesit di benak kamu yang ingin menjadi tenaga pemasaran yang berkualitas. Dalam artikel ini, kami akan mengulas sedikit pengetahuan tentang pemasaran.

Apa Itu Marketing

marketing

Semua orang pasti sepakat, bahwa pemasaran pada sebuah perusahaan adalah pasukan garda depan yang bisa menentukan hancur suksesnya perusahaan tersebut. Ia merupakan divisi paling penting dalam sebuah perusahaan.

Walaupun demikian, divisi marketing tidak bisa berdiri sendiri. Perusahaan adalah sebuah teamwork, ada divisi lain seperti produksi, riset, pengembangan, SDM, dan lain-lain yang saling menunjang untuk memajukan perusahaan.

Jika didefinisikan, pemasaran adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan juga kepuasaan konsumen. Mulai dari produksi, menentukan harga, hingga mempromosikannya kepada konsumen.

Baca Selanjutnya: Tips Menjadi Pengusaha Sukses di Bidang Seni dan Kreatif

Definisi lain mengatakan bahwa pemasaran adalah semua kegiatan yang saling berhubungan dengan tujuan memenuhi kebutuhan  konsumen, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari proses pemenuhan kebutuhan ini.

Kegiatan marketing sebagaimana definisi diatas, memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Beberapa peran penting divisi ini bisa kamu simak di bawah ini.

Meningkatkan Trafic

Marketing yang tepat dan dilakukan secara konsisten, lambat laun akan meningkatkan jumlah pengunjung pada toko online maupun offline kamu. Dengan banyaknya traffic pengunjung, maka akan otomatis peluang meningkatkan penjualan akan mengikuti.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Sangat penting bahwa merek dari produk kamu dikenal dan terpatri dalam hati pelanggan. Sehingga pelanggan jika membutuhkan solusi, maka ingatan produk kamu akan selalu yang pertama muncul.

Dengan marketing, kamu bisa melakukan pembangunan loyalitas pelanggan dengan membangun kesadaran akan nilai penting dari merek produk kamu. Sekali pelanggan percaya akan produk yang kamu pasarkan, maka ia akan loyal bahkan secara otomatis ikut membantu menjadi marketing ‘bayangan’.

Meningkatkan Omset

Meningkatkan kunjungan akan linier dengan meningkatnya penjualan, sehingga otomatis omsetpun akan mengalami kenaikan yang signifikan. Oleh karenanya marketing juga dijuluki sebagai uung tombak perusahaan dalam meningkatkan pendapatan dari penjualan.

Dasar-Dasar Terpenting Agar Kamu Bisa Menjadi Marketer Handal

Karena begitu pentingnya peran dari divisi atau seorang marketing, maka tidak heran bahwa komisi atau gaji untuk orang yang bekerja di divisi ini lebih besar dari divisi yang selainnya, tanpa bermaksud mengecilkan peran dari divisi selainnya.

Untuk bisa menjadi seorang marketing yang handal, beberapa informasi mendasar tentang marketing bisa kamu simak ulasannya di bawah ini.

Pahami Fungsi Marketing

Ini adalah hal pertama yang harus kamu pahami, jika tidak mengetahui hal ini, otomatis kamu tidak bisa menjalankan tugas sebagai seorang marketing.

Fungsi Perantara

Dalam dunia pemasaran, saat pelanggan membeli suatu produk, maka sejatinya mereka sedang melakukan pertukaran dengan perusahaan produses produk. Marketing berposisi di tengah keduanya, dengan kata lain sebagai perantara.

Fungsi Distribusi Fisik

Marketing juga memiliki fungsi distribusi, karena seringkali perusahaan memberikan kewenangan untuk marketer mengambil barang dari produsen atau distributor dan menyerahkannya langsung kepada konsumen.

Fungsi Penjualan

Ini mungkin menjadi fungsi utama dari seorang marketer handal, yakni fungsi penjualan. Seorang marketer akan bertanggungjawab atas penjualan produk atau jasa dari sebuah perusahaan.

Fungsi Promosi

Tidak semua pemasar akan mengalami kesuksesan dalam menjualkan produk maupun jasa dari perusahaan tempat dia bekerja. Namun itu bukan berarti dia tidak menjalankan fungsi marketing sama sekali.

Ia tetap menjalankan fungsinya sebagai marketing, tepatnya fungsi promosi. Minimal caon pembeli mengetahui produknya, dan pada saat nanti, memiliki potensi untuk membeli karena sudah mengetahui terlebih dahulu produk atau jasanya dari marketer.

Fungsi Riset dan Pengembangan

Selain menjualkan produk atau jasa, fungsi lain dari marketing adalah melakukan pengumpulan data akan kebutuhan pelanggan terhadap suatu produk dan jasa.

Dengan kata lain, divisi ini juga bertanggungjawab untuk melakukan riset dan pengembangan produk, agar produk atau jasa yag ditawarkan bisa sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Fungsi Komunikasi

Yang di maksud dengan fungsi komunikasi adalah seorang marketer adalah perantara komunikasi yang dilakukan perusahaan dengan pasarnya. Perusahaan bisa mengetahui apa kebutuhan pelanggan karena komunikasi yang dilakukan para marketingnya.

Pahami Tugas Marketing

Perbedaan antara fungsi dan tugas adalah, tugas lebih kepada operasional teknis. Jadi bisa dibilang ini adalah hal yang perlu langsung diterapkan oleh para marketer, dan dengan menerapkan ini, maka ia sudah memenuhi semua fungsinya.

Mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat, terutama produk terbaru agar masyarakat mendapatkan informasi nilai penting dari produk atau jasa tersebut.

Setelah masyarakat mengenal produk atau jasa tersebut, marketing bertugas untuk menjualkan produk dan jasa tersebut. ibarat pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, maka sebelum menjualkan, memang harus mengenalkan terlebih dahulu.

Mendapatkan informasi mengenai kebutuhan masyarakat, kelebihan dan kekurangan produk yang telah dipasarkan kepada perusahaan, data ini akan menjadi pertimbangan perusahaan untuk melakukan pengembangan terhadap produk dan jasanya.

Bertugas sebagai penghubung baik dalam hal komunikasi maupun distribusi antara perusahaan dengan pelanggan / masyarakat.

Pahami 4 Tahapan Dalam Marketing

marketing

Tahapan atau langkah-langkah berikut ini sangat perlu diketahui oleh para marketing sebelum terjun melakukan segala tugasnya di lapangan. Tahapan di bawah ini adalah tahapan yang harus dilakukan perusahaan sebelum dan sampai pada penjualan produk.

Tahap Ide

Semua produk ataupun jasa yang diterima oleh pasar, pastilah berasal dari sebuah ide. Ide tersebut terus dikembangkan menjadi konsep yang utuh tentang filosofis produk atau jasa.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kerajinan yang Populer di Indonesia

Tanpa konsep yang utuh, tidak akan muncul produk atau jasa yang berkualitas. Divisi pemasaran memiliki tugas untuk menelurkan ide-ide inovatif yang baru, yang bisa membawa kesuksesan bagi perusahaan.

Tahap Riset dan Pengujian

Sebelum sebuah ide atau konsep produk itu dipasarkan, maka perlu dilakukan riset untuk menguji apakah produk atau jasa tersebut dapat diterima dengan antsias oleh masyarakat.

Survey untuk mengetahui bagaimana respon pasar terhadap produk yang akan kita keluarkan adalah salah satu cara riset. Dan melakukan riset terhadap kompetitor atau pesaing juga sangat penting dalam penetapan harga optimal.

Tahap Periklanan

Setelah proses riset dan pengujian dilakukan dan hasilnya sangat memuaskan, maka tahap berikutnya adalah mengenalkan produk.

Tahap Penjualan

Ini adalah tahap terakhir dari dasar terpenting agar kamu bisa menjadi marketer handal, yakni penjualan. Ketika produk dan jasa sudah dikenalkan ke masyarakat, masyarakat akan memiliki informasi nilai penting dari produk dan jasa tersebut.

Ketika sudah dalam tahap seperti itu, maka marketer akan dengan mudah melakukan closing terhadap produk, terjadilah penjualan dan peningkatan omset yang menguntungkan bagi marketer maupun perusahaan.

Demikian sahabat moselo informasi terkait apa itu marketing? Dasar terpenting agar kau bisa menjadi marketer handal. Dewasa ini, banyak sekali pengetahuan tentang pemasaran yang beredar. Tidak penting kamu memahami banyak teori tetapi tidak pernah mempraktekkan satupun, masih lebih baik sedikit teori namun sudah bisa langsung dipraktekkan dan mendapatkan hasilnya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences