Moselo
Moselo Journal

Tips Menjadi Pengusaha Sukses di Bidang Seni dan Kreatif

Posted on 04 Jun 2022
Share this post: 

Menjadi pengusaha sukses di bidang seni dan kreatif adalah impian banyak orang. Sayangnya, menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah dan prosesnya panjang. Tapi, kamu bisa mencoba beberapa tips pengusaha sukses yang akan dijelaskan di sini.

Tips Menjadi Pengusaha Sukses yang Bisa Dicoba

tips menjadi pengusaha sukses

Profesi menjadi pengusaha memang menyenangkan tetapi juga sulit. Apalagi saat ini banyak anak muda yang juga berani untuk menjadi pengusaha di usia yang belia. Nah, kalau sudah begitu, kamu membutuhkan tips menjadi pengusaha sukses di bidang seni dan kreatif berikut.

1. Temukan Target Pasar

Tips menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah dengan menentukan target pasar. Cara mudah untuk menemukan target pasar yang tepat adalah dengan melihat masalah yang ada di masyarakat dan temukan solusinya. Target pasar sangat diperlukan agar usahamu laris dan bisa berkembang dengan cepat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kerajinan yang Populer di Indonesia

Untuk menemukan target pasar memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Kamu harus jeli dengan mengamati keadaan sekitar. Namun, ketika kamu sudah menemukan target pasarmu, produk yang kamu jual dijamin akan laris.

2. Membangun Relasi

Ini juga menjadi salah satu tips menjadi pengusaha sukseslainnya. Membangun relasi adalah salah satu jalan ninja agar kamu bisa menjadi pengusaha sukses di bidang seni dan kreatif. Karena sejatinya pengusaha di bidang apapun membutuhkan relasi yang luas.

Koneksi jaringan sangat penting dalam tips menjadi pengusaha sukses. Dengan membangun jaringan, kamu akan mendapatkan banyak wawasan. Bukan tidak mungkin akan datang peluang-peluang baru dari orang yang menjadi relasi kamu.

Untuk membangun relasi, kamu bisa bergabung dengan komunitas di bidang seni dan kreatif. Bisa melalui media sosial atau pun dari acara seminar yang diadakan di luar.

3. Pengelolaan Keuangan

Mulailah dengan apa yang kamu miliki. Jangan terburu-buru dengan berhutang atau meminjam dana dari orang lain. Cara termudah untuk mulai menghasilkan uang adalah dengan menyimpan sebagian uang yang kamu hasilkan dari produk seni dan kreatif yang kamu jual.

Menginvestasikan kembali uang yang kamu hasilkan dari bisnis kecilmu adalah jalan terbaik untuk mengelola uang di masa-masa awal. Karena biasanya, uang yang dikelola sedikit demi sedikit dari usaha sendiri jauh lebih bisa membuat usahamu berkembang.

4. Mendapatkan Investasi

Ini juga menjadi salah satu tips menjadi pengusaha suksesyang bisa kamu coba. Tidak ada salahnya untuk mengenal investor, tetapi ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum  mendekati para investor mana pun.

Pilihan mencari investor bisa jadi menjadi pilihan terbaik ketika kamu membutuhkan dana lebih untuk mengembangkan usahamu. Tentu saja dengan perhitungan yang rigid agar kamu tidak merugi.

5. Konsisten

Tips menjadi pengusaha suksesselanjutnya yaitu tetap berada di jalur yang kamu bangun apapun kondisinya. Mengalami berbagai kesulitan saat membangun sebuah usaha adalah hal yang lumrah.

Kalau kamu menemui jalan buntu, carilah mentor yang bisa membimbing kamu. Mentor bisa memberikan solusi karena mereka sudah berpengalaman dalam membangun usaha. Sehingga, seberapapun sulitnya usaha yang dijalankan, kamu akan menemukan jalan keluarnya.

Dan percayalah, sebuah usaha yang dijalankan dengan konsisten akan membuahkan hasil di kemudian hari.

Tips Menjadi Pengusaha Seni dan Kreatif Agar Berhasil

tips menjadi pengusaha sukses

Selain tips di atas, kamu juga bisa mencoba tipa berikut.

Mindset yang Benar

Kunci keberhasilan menjadi pengusaha seni dan kreatif adalah jangan pernah berhenti. Tetapi perhatikan apa yang membuatmu berhasil dan yang tidak berhasil. Menjadi wirausahawan kreatif membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, tetaplah bertahan dengan prosesnya yang panjang.

Jika kamu konsisten, akan ada banyak jalan yang terbuka. Selain itu, kamu juga akan menemukan banyak ide yang sebelumnya belum pernah kamu bayangkan. Di sini juga kamu bisa memutuskan kapan harus mengembangkan usaha dan kapan harus bertahan dengan usaha yang sudah berjalan.

Sesekali meminta pendapat orang lain bukanlah hal yang buruk. Bisa jadi, orang lain memiliki pandangan bagus yang bisa mengembangkan usahamu.

Memanfaatkan Media Sosial

Berkarir di dunia seni jauh lebih mudah daripada menjual karya. Oleh karena itu, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn adalah platform terbaik bagi orang untuk menemukan keahlianmu. Selain itu, gunakan media sosial  untuk beriklan. Jika kamu membutuhkan peluang pekerjaan, jejaring sosial juga merupakan cara yang efektif untuk menemukan beragam referensi.

Multitasking

Tips menjadi pengusaha sukseslainnya yaitu Anda harus bisa multitasking. Karena persaingan yang ketat di dunia kerja dan kewirausahaan, para seniman akan sulit menghasilkan uang jika mereka hanya bergantung pada pekerjaan mereka.

Baca juga: Wirausaha adalah: Pengertian, Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan

Oleh karena itu,  multitasking dapat dipertimbangkan. Misalnya, bekerja di  perusahaan tetapi memanfaatkan waktu luang untuk bekerja sebagai freelancer. Langkah lainnya adalah mendaftar kerja tersebut untuk memperluas jaringan.

Mengikuti Acara Pameran

Menjual karya seni hanya dengan menempatkannya di rumah akan menjadi tidak efektif. Meskipun ada bantuan internet untuk mempromosikan usaha kamu, itu tidak cukup. Kamu perlu mengetahui jadwal lelang dan acara pameran untuk meningkatkan kemungkinan orang yang ingin membeli.

Membuat Portofolio yang Mengesankan

Portofolio akan menggambarkan keahlian dan juga pengalamanmu. Tanpa portofolio yang baik, tidak ada galeri atau perusahaan yang melihat karya dan skill kamu. Portofolio ini juga berguna bagi kamu sebagai bukti bahwa kamu memiliki skill tersebut.

Lakukan karena Passion

Banyak yang berawal dari hobi kini berkembang menjadi sebuah usaha yang sukses. Memang, apa pun yang dilakukan dengan kesenangan akan terasa lebih ringan dan bisa menjadi  cara yang bagus untuk memulai bisnis.

Pilih minatmu, apakah itu teknologi, mode, atau memasak. Sehingga kamu dapat menemukan bisnis sesuai passion dan bisa memulainya dengan senang hati. Misalnya, jika kamu menyukai kerajinan tangan, mengapa tidak mencoba memulai bisnis kerajinan tangan sendiri.

Berani Mengambil Risiko

Seorang wirausahawan harus berani mengambil resiko untuk ingin mencapai hal-hal baru dalam hidup. Membuat keputusan berdasarkan opsi beresiko tinggi adalah sesuatu yang harus kamu biasakan. Dan itulah tips menjadi pengusaha sukses. Dengan demikian, wirausahawan potensial dapat diidentifikasi dari sudut pandang mereka dalam memecahkan masalah.

Pengusaha Sukses Percaya Diri

Pengusaha sukses dapat dilihat dari gestur tubuhnya saat pertama kali bertemu. Pengusaha yang percaya diri akan membawa energi positif bagi dirinya dan juga orang di sekitarnya. Dan berpotensi usaha berkembang lebih cepat. Karena kamu yakin terhadap usaha yang sedang kamu jalankan.

Percaya pada kemampuan sendiri akan menghilangkan perasaan tidak pasti yang sering ditakuti para pengusaha saat memulai bisnis. Ingatlah bahwa kamu harus percaya pada kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan kamu.

Inilah beberapa tips menjadi pengusaha suksesdi bidang seni yang bisa sahabat moselo ketahui. Sangat penting bagi kamu untuk mencintai apa yang kamu kerjakan. Dengan begitu kamu akan menjadi pengusaha sukses di bidang seni dan kreatif

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences