Moselo
Moselo Journal

Jenis-Jenis Kerajinan yang Populer di Indonesia

Posted on 05 Jun 2022
Share this post: 

Indonesia adalah negara yang memiliki kebudayaan yang melimpah. Kondisi seperti ini juga menjadi salah satu sebab mengapa Indonesia memiliki beragam jenis kerajinan. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang bemanfaat tentang jenis-jenis kerajinan yang popular di Indonesia.

Jenis-Jenis Kerajinan yang Populer di Indonesia

Sudah menjadi informasi umum di berbagai negara yang ada di dunia ini, bicara tentang Indonesia juga berbicara tentang aneka kerajinan warisan budaya. Tiap-tiap suku di Indonesia memilki kerajinan yang unik, dan dari sana ada beberapa kerajinan populer yang bahkan laku dengan harga tinggi di luar negeri.

Semakin rumit dan bernilai sejarah tinggi dari suatu kerajinan, maka semakin mahal pula harganya. Di bawah ini adalah daftar jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia serta bernilai sangat tinggi.

Kerajinan Batik

Bicara kain batik, akan identik dengan Indonesia. Kain batik dari beberapa daerah di Indonesia sudah banyak dikenal di mancanegara. Bahkan event-event kelas dunia seperti peragaan busana di Paris, juga ada beberapa perancang busana yang terinspirasi oleh batik Indonesia.

Batik bagi warga negara Indonesia menjadi salah satu pakaian formal yang digunakan untuk acara-acara formal, bahkan acara kepresidenan.

Hal yang menjadikan batik sangat menarik dan mahal harga jualnya adalah kualitas motif dan tingkat kerumitan dan kesulitan dalam proses pembuatannya. Misalnya saja batik tulis yang harganya tentu jauh lebih mahal dari batik yang dibuat dengan mesin cetak.

Kerajinan Lukisan Tenun

Siapa bilang melukis hanya bisa menggunakan cat saja. Bahkan, lukisan bisa juga dibuat dengan cara ditenun. Kerajinan lukisan tenun termasuk salah satu jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia, yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Baca Juga: Wirausaha adalah: Pengertian, Tujuan, Kelebihan, dan Kekurangan

Lukisan tenun khas Indonesia dengan aneka motif dari berbagai daerah ini, sudah mampu menembus pasar dunia. Beberapa Negara yang membeli produk kerajinan ini diantaranya Tiongkok dan Malaysia.

Kerajinan Tas Rajut

Dikalangan anak muda, khususnya kaum hawa, tas rajut sudah dikenal sangat populer. Keindahan dan kekhasan adalah dua hal yang menjadi keunggulan dari tas rajut. Pusat kerajinan yang ada di Bandung juga ada yang memproduksi tas rajut dan tidak hanya dipasarkan di dalam negeri. Namun juga pasar global.

Kerajinan Ukiran Kayu

Keuntungan geografis menjadikan pohon yang tumbuh di Indonesia banyak yang memiliki kualitas internasional yang tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya. Oleh karenanya dalam industri mebel, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara pengekspor yang cukup besar.

Hal yang menjadikan permebelan dari Indonesia bernilai tinggi adalah karena adanya kerajinan ukiran kayu di dalamnya. Kompleksitas kerumitan dan cara pembuatannya yang dipahat manual, adalah beberapa hal yang menjadikan produk ukiran kayu dari Indonesia sangatlah mahal.

Produk-produk tersebut sudah menyasar pasar Eropa. Dan salah satu daerah produsen berbagai produk ukiran kayu yang bagus adalah Jepara. Ukiran kayu khas Jepara menjadi salah satu dari jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia serta laku di pasar internasional.

Kerajinan Batu

Beberapa tahun yang lalu, di Indonesia pernah booming dengan perhiasaan yang berbahan dasar batu mulia. Banyak sekali penjual mulai tingkat mall sampai di pinggiran jalan yang berjualan aneka perhiasaan (kebanyakan cincin) dari batu mulia.

Bahkan ada yang bernilai ratusan juta rupiah. Dan saat itu banyak sekali peminat dari mancanegara untuk membeli produk kerajinan batu dari Indonesia.

Batu akik (begitu nama yang dikenal di Indonesia untuk menyebut batu mulia) pantas memiliki nilai yang tinggi. Karena keunikan dan kecantikan dari beberapa jenis batu mulia ini memang tidak diragukan lagi. Dan dalam prosesnya mulai dari menambang hingga menjadi produk jadi, membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Kerajinan Jam dari Kayu

Pernahkah kalian mendengar merk jam tangan Matoa? Siapa sangka jam tangan yang laku keras di pasar dunia ini, produksinya berada di Bandung dan dibuat dari kayu. Kerajinan kayu di sini sengaja dibedakan dengan kerajinan ukir, karena memang kalau ukir memiliki kekhasannya tersendiri.

Jam tangan dari kayu ini memadukan antara seni, kreatifitas, pola pikir ekologi, dan tentu saja teknologi yang modern. Kerajinan seperti ini termasuk jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia yang disukai oleh pasar luar negeri.

Kerajinan Anyaman Bambu

Tiongkok memang memiliki julukan negeri tirai bamboo. Namun Indonesia dikenal sebagai negara pengrajin anyaman dari bambu berkualitas dunia. Anyaman bambu termasuk jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia.

Berbagai alat pemenuhan kebutuhan masyarakat Indonesia yang terbuat dari anyaman bambu sudah dikenal dan digunakan sejak zaman dahulu. Sebut saja tudung saji, tikar, dan  aneka perabotan rumah lainnya, sudah menggunakan anyaman bambu seja dulu.

Kerajinan Wayang

Jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia berikutnya adalah kerajinan wayang. Kerajinan yang aslinya terbuat dari kulit  hewan ini pada awal kemunculannya dijadikan sebagai alat pertunjukan. Namun seiring perkembangan zaman, kerajinan wayang juga bisa dijadikan item dekorasi rumah.

Keunikan bentuk, pola, serta filosofis yang terkandung di dalam kerajinan wayang, menjadikan wayang memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Banyak masyarakat dunia, terutama yang suka akan kesenian atau kolektor kesenian, menyukai kerajinan wayang khas Indonesia.

Kerajinan Keramik

Kerajinan yang satu ini memang akarnya bukan dari Indonesia. Bahkan negara asalnya saja juga mengimpor produk keramik dari Indonesia. Memang bicara soal kerajinan adalah soal kreatifitas, dengan lakunya keramik dari Indonesia ke pasar dunia, menunjukkan betapa kuatnya jiwa seni orang Indonesia.

Keramik menjadi bagian dari jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia. Ada banyak macam jenis kerajinan keramik, mulai dari vas bunga, guci, dan bahkan patung ada yang terbuat dari keramik.

Kerajinan Kulit Kerang

kerajinan

Indonesia adalah negara maritim, mana mungkin tidak ada jenis-jenis kerajinan yang populer dari Indonesia yang berasal dari laut. Salah satu jenis kerajinan yang berasal dari laut dan sangat terkenal di berbagai negara adalah kulit kerang.

Harga dari sebuah mangkok dan sendok yang diolah dari kulit kerang saja bisa mencapai Rp 10 juta. Bahkan fosilnya saja untuk jenis kerang laut bernama nautilus dengan diameter 21 cm, dibanderol dengan harga Rp 35 juta.

Baca Juga: Cara Menggambar Wajah Manusia dengan Baik dan Benar

Pernak pernik kerajinan yang berasal dari kulit kerang tidak hanya cantik, namun juga memiliki keunikan tersendiri. Negara-negara yang membeli produk kerajinan kulit kerang dari Indonesia, beberapa di antaranya ada Jepang, Korea, Tiongkok, Belanda, dan juga Jerman.

Jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia di atas, semuanya sudah mampu menembus pasar global. Jika Indonesia memiliki SDM yang unggul di bidang pemasaran, maka tidak menutup kemungkinan, Indonesia akan menjadi negara nomor satu pengekspor produk-produk kerajinan khas lokal.

Demikian beberapa informasi jenis-jenis kerajinan yang populer di Indonesia sahabat moselo. Kita yang hidup di Indonesia, haruslah bersyukur akan keragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia. Karena hal itulah yang menjadikan Indonesia menjadi negara yang kaya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences