Moselo
Moselo Journal

Girls, Yuk Ketahui Macam-Macam Kain dalam Pembuatan Busana Muslim

Posted on 28 Mei 2022
Share this post: 

Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba. Kebutuhan akan baju lebaran dari macam-macam kain pun akan semakin meningkat. Walaupun kondisi saat ini masih ada virus Covid-19 namun keadaan sudah semakin membaik.

Saat ini Indonesia sedang menuju masa transisi dari Pandemi menuju Endemi. Pelonggaran mobilitas masyarakat selama masa transisi ini pun pelan-pelan sudah diterapkan pemerintah.

Selain membeli di mall atau marketplace, banyak masyarakat yang memilih untuk membuat sendiri baju untuk Hari Raya karena ingin seragam dengan keluarga. Tak sedikit yang belum paham dengan macam-macam kain yang bagus digunakan pada busana muslim.

Berikut akan kami ulas macam-macam kain bagus yang nyaman digunakan sebagai busana muslim.

Macam-macam Kain yang Cocok untuk Busana Muslim

Macam-macam kain yang ada di pasaran saat ini sangatlah banyak. Mulai dari yang berbahan dasar dari alam seperti tumbuhan hingga berbahan sintetis atau buatan. Macam-macam kain tersebut pun memiliki beberapa keunggulan dan kekurangannya masing yang perlu disesuaikan dengan peruntukkannya.

  1. Kain satin
macam-macam kain

Macam-macam kain pertama yang digunakan sebagai bahan dasar pakaian muslim yaitu kain satin. Kain ini sudah sangat populer dengan tampilannya yang licin. Kain ini memiliki tekstur yang halus serta memberi tampilan yang mengkilap pada bagian depan kain.

Kain satin ini merupakan jenis kain sintetis yang dibuat dari campuran bahan rayon, polyester, dan nilon sehingga memberikan kesan glossy pada permukaannya. Kain cantik ini sangat cocok digunakan pada baju muslim seperti baju gamis. Terdapat berbagai jenis kain satin, namun yang paling sering digunakan untuk baju gamis yaitu jenis satin duchesse.

2. Kain brokat

macam-macam kain

Kain brokat merupakan salah satu macam-macam kain yang sering digunakan pada busana muslim. Bahan brokat ini populer dan sangat mudah dikenali dengan dekorasinya yang sangat unik dan beragam.

Teksturnya terasa kasar dan memiliki permukaan yang berlubang sehingga ada baiknya menggunakan tambahan furing jika akan menggunakan bahan ini. Penambahan furing agar saat menggunakan bahan brokat tidak terasa gatal namun tetap terlihat cantik saat digunakan.

Baca Juga: 5 Produk Berbahan Kain Batik Terlaris di Marketplace

Umumnya, kain brokat ini digunakan pada busana muslim yang digunakan pada acara tertentu seperti kondangan ataupun acara semi formal. Kamu dapat memadukannya dengan menggunakan celana bahan polos atau yang memiliki warna senada dengan kain brokat. Dijamin penampilanmu akan semakin manis dan menarik.

3. Kain tile

macam-macam kain

Macam-macam kain lain yang umum digunakan pada baju muslim yaitu kain tile. Kain tile dengan bentuk jala dan memiliki lubang kecil ini sangat ringan namun memiliki ketahanan yang tinggi. Kain ini terasa kaku namun lembut sehingga cocok digunakan sebagai underskirts dan kombinasi pada baju pesta. Kamu pun bisa memilih berbagai jenis kain tille mulai dari yang polos, hingga yang bertabur glitter atau manik-manik.

4. Kain wolfis

macam-macam kain

Pakaian muslim yang terbuat dari bahan kain wolfis memiliki tekstur yang halus, ringan, serta tidak tembus pandang. Tak heran saat ini banyak yang menggunakan kain ini sebagai bahan dasar pada busana muslim.

Bahan kain wolfis merupakan macam-macam kain yang lebih cocok digunakan pada busana muslim yang digunakan sehari-hari. Kain ini juga memiliki keunggulan lain yaitu dapat menyerap keringat sehingga akan terasa adem dan nyaman saat digunakan. Harga kainnya pun juga cukup terjangkau, lho.

5. Kain sifon

macam-macam kain

Macam-macam kain lain yang digunakan pada pakaian muslim yaitu kain sifon. Kain ini dapat digunakan pada berbagai jenis pakaian muslim seperti dress, tunik, dan gamis.

Kain dengan sifatnya yang lembut dan ringan ini kerap digunakan pada pakaian muslim trendi. Banyak desainer yang membuat berbagai model baju muslim dari jenis kain ini.

Pakaian muslim dengan bahan dasar kain sifon ini cocok digunakan pada berbagai momen baik dari acara santai hingga formal, seperti kondangan, pengajian, dan kegiatan semi formal serta formal.

6. Kain organza

macam-macam kain

Macam-macam kain berikutnya adalah kain organza yang memiliki tampilan feminim. Kain jenis organza ini memiliki kesan tampilan yang mahal dan mewah. Tak heran banyak penjahit yang menggunakan bahan ini pada busana muslim sebagai pemanis busana ataupun luaran.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Tidak Terpengaruh dengan Adanya Pandemi

Warna-warna yang dimiliki jenis kain ini pun sangat beragam sehingga kamu dapat bebas memilih sesuai seleramu. Kamu bisa menggunakan baju dari kain organza pada acara khusus seperti pesta.

7. Kain sutra

macam-macam kain

Macam-macam kain berikutnya yaitu kain sutra. Kain ini berasal dari serat alam yaitu kepompong ulat sutra. Teksturnya yang lembut dengan kilauan yang cantik membuat kain ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan gamis. Banyak penjahit memanfaatkan kain ini sebagai bahan dasar gamis atau pakaian lainnya.

Dress yang dibuat dari bahan dasar kain sutra dapat digunakan dalam berbagai acara formal seperti pernikahan, rapat, atau acara penting lainnya. Kamu yang akan menggunakannya dijamin akan terlihat anggun, cantik, dan menawan.

8. Kain linen

macam-macam kain

Kain linen merupakan kain yang terbuat dari serat alam yaitu tumbuhan rami. Ada keunikan dari kain linen yaitu kain ini merupakan kain yang digunakan pertama kali dalam peradaban manusia. Sehingga serat linen merupakan serat pertama yang digunakan sebagai bahan dasar kain.

Kain ini cocok digunakan pada baju gamis dengan tekstur seratnya yang halus dan memiliki sedikit kilauan. Bahannya juga cenderung ringan dan jatuh sehingga cantik digunakan untuk gamis. Keunggulan lain yang dimiliki kain ini yaitu adem, dapat menyerap keringat, dan tahan terhadap bakteri dan jamur.

9. Kain katun

macam-macam kain

Macam-macam kain yang paling populer yaitu kain katun. Kain katun sudah banyak digunakan pada berbagai jenis pakaian, salah satunya juga digunakan sebagai bahan dasar pakaian muslim seperti gamis.

Kain ini berasal dari serat alam yaitu tanaman kapas dengan cirinya yang halus dan nyaman digunakan karena mudah menyerap keringat.

10. Kain maxmara

macam-macam kain

Macam-macam kain yang tak kalah diminati untuk pakaian muslim yaitu kain maxmara. Kain yang kerap disebut sebagai kain sutra satin ini memiliki motif yang unik dan cantik. Teksturnya yang halus dan lembut, serta bahan yang ringan, jatuh, serta flowy dan glowing ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pada pakaian gamis.

Bahan kain maxmara ini akan memberikan kesan mewah dan elegan. Menariknya lagi, kain maxmara ini akan memberikan kesan pada tubuh menjadi lebih kurus. Dijamin kamu akan tampil cantik dengan pakaian dari bahan yang satu ini.

Macam-macam kain yang sudah disebutkan di atas semoga dapat memberikan referensi bagi sahabat moselo yang ingin membuat baju muslim yang cantik dan nyaman. Kamu bisa mencocokkannya sesuai kebutuhanmu seperti acara apa yang akan kamu hadiri, warna yang kamu inginkan, dan model baju yang kamu inginkan.

Semoga tidak salah memilih macam-macam kain dan jangan lupa untuk konsultasikan dengan penjahit terlebih dahulu agar mendapat pakaian dengan macam-macam kain yang sesuai keinganmu.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences