Moselo
Moselo Journal

10 Ide Bisnis Online yang Tidak Terpengaruh dengan Adanya Pandemi

Posted on 27 Mei 2022
Share this post: 

Masa pandemi merupakan masa yang sulit bagi banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan. Bermunculan wirausaha muda dengan adanya ide bisnis online pada masa pandemi ini akibat banyak perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan bahkan hingga gulung tikar atau bangkrut.

Hal ini disebabkan adanya pembatasan kegiatan yang menyebabkan pemasukan bagi perusahaan menjadi berkurang karena minimnya transaksi.

Namun, tidak menutup kemungkinan pundi-pundi pemasukan bisa didapatkan tidak hanya dari bekerja dengan orang lain. Kamu juga bisa menghasilkan fulus melalui bisnis online. Terdapat banyak ide bisnis online yang bisa kamu jalankan di masa pandemi ini.

Bagi kamu yang mempunyai keahlian khusus seperti memasak, mengajar, menggambar, dan sebagainya dapat menjadikan hal tersebut menjadi peluangmu untuk berbisnis. Yuk, simak beberapa ide bisnis online yang tidak terpengaruh di masa pandemi ini.

10 Ide Bisnis Online Menjanjikan di Masa Pandemi

Bisnis online yang menguntungkan di masa pandemi berikut dapat menjadi inspirasi bagi kamu yang baru mau memulai bisnis.

  • Jasa penulisan konten

Dunia digital semakin meningkat di masa pandemi ini. Banyak orang yang bergantung pada internet dan sosial media. Tak sedikit perusahaan yang arah bisnisnya di awal hanya pada konvensional, mulai merambah pada dunia digital dengan membuat berbagai konten di media sosial ataupun membuat aplikasi dan website yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis online.

Dalam penulisan konten tentunya dibutuhkan jasa seseorang yang mumpuni dalam membuat serangkaian paragraf yang pas dan mudah dibaca serta dipahami oleh audience.

Ide bisnis online ini cocok bagi kamu yang memiliki keahlian khusus dalam bidang kepenulisan. Kamu dapat menawarkan jasamu untuk menulis berbagai konten yang dibutuhkan perusahaan.

Tentunya kamu perlu memahami berbagai dasar ilmu dalam penulisan di dunia digital seperti paham dengan ketentuan Search Engine Optimization (SEO) yang benar sehingga dapat menaikkan traffic dari konten yang kamu tulis.

Ide bisnis online ini memberikan penghasilan yang tidak main-main dan sangat cukup untuk menjadi sumber penghasilan bulanan.

  • Kursus online

Kursus online menjadi ide bisnis online yang menarik bagi kamu yang memiliki kelebihan dan keterampilan pada bidang khusus, seperti matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa inggris, dan sebagainya. Tak lupa keahlian mengajar juga diperlukan.

Kamu bisa membuka kursus online dan menawarkan pada berbagai jenjang sekolah seperti TK, SD, SMP, SMA. Kamu bebas menentukan frekuensi belajar, misalkan dua kali seminggu dan tawarkan jasamu melalui media sosial atau kepada ibu-ibu yang memiliki anak sekolah.

Modal dari ide bisnis online ini juga terbilang murah, kamu hanya perlu device yang memadai, software meeting online, serta kuota internet. Tak jarang ada juga yang menawarkan bisnis kursus offline namun private sehingga tetap aman untuk dijalankan.

  • Bisnis frozen food

Frozen food menjadi semakin populer di masa pandemi ini. Makanan yang dibekukan ini memberikan kepraktisan bagi kamu yang sedang ribet dengan berbagai tugas ataupun kerjaan walaupun dilakukan di rumah. Selain itu, makanan ini juga bisa bertahan lebih lama. Ide bisnis online ini dapat dijalankan hanya dari rumah.

Pilihan makanan beku juga sangat beragam. Penjualannya pun juga cukup mudah, kamu hanya perlu memasarkannya melalui media sosial, marketplace, atau kepada orang terdekat. Pengirimannya pun sudah sangat terbantu dengan adanya berbagai pilihan ojek online.

  • Bisnis kebutuhan pokok

Berjualan kebutuhan pokok merupakan ide bisnis online yang sangat menjanjikan dalam kondisi apapun karena dianggap tetap dapat bertahan walaupun dalam kondisi krisis. Pasalnya, semua orang membutuhkan kebutuhan pokok sehari-hari seperti minuman dan makanan bagaimanapun kondisinya.

Selain itu, modal yang diperlukan juga terbilang sedikit dan hanya membutuhkan tenaga kerja yang sedikit pula.Perputaran arus kas yang cepat setiap harinya akan memberikan keuntungan yang besar.

Ide bisnis online ini bisa kamu mulai dari berjualan secara online melalui marketplace dengan sistem pengiriman online.

  • Menjadi content creator

Ide bisnis online ini dapat dilakukan oleh siapa saja bagi yang memiliki keahlian khusus pada bidang tertentu. Sebagai content creator tidak dipatok harus bisa hanya di bidang tertentu, kamu bisa melakukan branding diri sebagai siapa pun.

Mulai dari hal yang serius seperti sharing tentang masalah investasi dan finansial atau pun sekedar konten lucu yang menghibur. Dengan semakin kuatnya branding diri kamu, berbagai penawaran kerjasama akan berdatangan dan bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan.

  • Bisnis catering makanan

Kebutuhan akan makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam hal memasak bisa menjadikannya sebagai ide bisnis online. Bisnis catering merupakan bisnis yang menjanjikan di masa pandemi ini.

Pasalnya, banyak orang yang sekarang lebih peduli dengan kesehatan dan memilih makanan yang sehat dibandingkan membeli makanan fast food atau cepat saji.

  • Jasa pembuatan website

Ide bisnis online yang disarankan bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman dan memiliki taste yang baik dalam design, bisa mulai menawarkan jasa dalam pembuatan website.

Banyak perusahaan yang saat ini sedang membutuhkan jasa tersebut karena pandemi menuntut mereka untuk melakukan digitalisasi yang salah satunya dengan membuat website.

  • Bisnis kopi botolan

Work from home sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh para pekerja kantoran. Fleksibilitas yang ditawarkan tidak menutup kemungkinan untuk tetap dilakukannya work from home walaupun pandemi usai. Bisnis kopi botolan merupakan ide bisnis online yang sangat menarik.

Banyak pekerja yang terbiasa untuk menikmati secangkir kopi di saat sedang bekerja. Kamu bisa membuat menu kopi botolan yang unik dengan cita rasa khas dan harga terjangkau. Pemasaran dan target pasarnya pun terbilang masih cukup luas, terlebih bagi kamu yang berlokasi di kota-kota besar.

  • Bisnis produk kesehatan

Resiko tertular virus Covid-19 bisa diminimalisir dengan menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima. Menjaga kekebalan sistem imun sudah merupakan hal yang wajib agar badan tetap kuat dan terhindar dari penyakit.

Produk-produk yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sangat direkomendasikan dan banyak dicari seperti jamu-jamuan dan vitamin C. Kamu dapat menjadikan produk tersebut sebagai ide bisnis online.

  • Bisnis paket data/pulsa

Ide bisnis online terakhir yang kami rekomendasikan yaitu bisnis paket data atau pulsa. Paket data dan pulsa sudah menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat di masa pandemi ini. Walaupun untungnya terbilang kecil, namun dengan frekuensi yang besar dapat menambah penghasilanmu, lho.

Demikian sahabat moselo beberapa ide bisnis online yang dapat menghasilkan penghasilan tambahan. Jangan hanya menjadikannya sebagai ide bisnis online semata. Kamu bisa mulai dari hal kecil yaitu dengan mempelajari skills yang menunjang melalui internet dan mulai buka bisnismu. Jika bingung dengan pemasarannya, kamu dapat menawarkan kepada kerabat dan teman terdekat terlebih dahulu. Selamat berproses!

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences