Moselo
Moselo Journal

5 Produk Berbahan Kain Batik terlaris di Marketplace

Posted on 28 Mei 2022
Share this post: 

Kain batik merupakan kain asli Indonesia yang melalui proses khusus yaitu dengan menuliskan malam pada kain sehingga dihasilkan berbagai corak/motif yang indah sesuai dengan keunikan daerah masing-masing di Indonesia.

Kain batik sudah menjadi warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sejak tanggal 2 Oktober 2009 yaitu sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Pemerintah Indonesia pun menetapkan tanggal 2 Oktober tersebut sebagai Hari Batik Nasional.

Saat ini, kain batik telah melalui berbagai modifikasi proses pembuatan. Beberapa di antaranya yaitu kain batik tulis, batik cap, dan batik printing yang semuanya menghasilkan kain batik yang indah. Kain batik dapat dibuat menjadi berbagai macam produk seperti pakaian, tas, sepatu, gantungan kunci, atau produk fashion lainnya.

Produk Terlaris dengan Bahan Kain Batik di Marketplace

Penjualan kain batik maupun produk berbahan kain batik pun sudah lebih mudah dalam penjualan yaitu secara online melalui marketplace. Terdapat berbagai macam produk yang dijual.

Saat hendak melakukan pencarian produk berbahan kain batik, kamu bisa melakukan pemfilteran dengan mengurutkan produk dengan penjualan yang terlaris. Berikut beberapa produk berbahan kain batik terlaris di marketplace.

  1. Kemeja Batik
kain batik

Produk berbahan kain batik terlaris pertama diduduki oleh kemeja batik. Kemeja batik sudah sangat terkenal baik bagi masyarakat lokal maupun mancanegara. Produk kemeja batik sudah menjadi budaya bagi bangsa Indonesia khususnya digunakan pada saat menghadiri pesta pernikahan.

Kemeja batik dapat dipakai oleh masyarakat umum mulai dari usia balita hingga dewasa. Hampir semua sekolah saat ini mewajibkan penggunaan kemeja batik sebagai salah satu seragam sekolah. Kemeja batik yang nyaman dengan desain motif yang unik membuat pakaian ini menjadi bagus untuk dikenakan.

Harga kemeja batik pada marketplace Shopee yang kami survey bisa dibeli mulai harga 50ribuan rupiah saja dengan kualitas yang sudah oke untuk digunakan.

2. Dress dan Blouse Batik

kain batik

Dress dan blouse batik juga merupakan produk terlaris di marketplace. Dress kaftan cantik ini merupakan salah satu produk yang terlaris. Motif unik dengan harga yang terjangkau membuat banyak orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut.

Dress batik dan blouse batik banyak dipakai oleh wanita Indonesia untuk menghadiri berbagai acara formal seperti undangan pernikahan, menghadiri ibadah, acara perayaan keagamaan, dan sebagainya. Dengan memakai dress batik dijamin akan membuatmu semakin tampil cantik.

Bagi kamu para konveksi atau pengusaha fashion bisa menjadikan produk ini sebagai salah satu referensi untuk dijual. Buat produk yang menarik dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau dijamin akan mendatangkan pembeli yang banyak.

3. Celana Batik

kain batik

Celana batik banyak dijumpai baik di pasar tradisional, supermarket, hingga marketplace. Celana batik dengan bahan katun ini sangat nyaman untuk digunakan. Ditambah motifnya yang beragam dan unik menjadikannya celana pewe yang digunakan di rumah.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online yang Tidak Terpengaruh dengan Adanya Pandemi

Terdapat pilihan celana panjang ataupun celana pendek, kamu dapat menyesuaikan sesuai dengan keinginanmu. Ukuran yang tersedia pun beragam dengan harga yang super terjangkau.

4. Outer Batik

kain batik

Outer batik juga menjadi salah satu produk terlaris berbahan kain batik di marketplace. Outer batik ini sangat cantik untuk digunakan baik dalam acara formal maupun non formal. Cukup dipadupadankan dengan inner polos akan membuat penampilan semakin cantik.

Terdapat berbagai pilihan outer batik yang dijual di marketplace. Kamu dapat memilih sesuai dengan keinginanmu. Berbagai motif, jenis kain, harga, dan lokasi penjual dapat menjadi pertimbanganmu dalam memilih. Pastikan selalu seller yang menjual produk merupakan seller yang terpercaya sehingga pembelianmu aman untuk dilakukan.

5. Kain Jarik Pengantin

kain batik

Kain jarik pengantin merupakan kain yang digunakan oleh pasangan pengantin umumnya pada adat Jawa. Setiap motif pada kain batik tradisional memiliki filosofinya tersendiri.

Terdapat berbagai motif kain batik yang dapat kamu gunakan untuk pernikahan, di antaranya motif truntum, motif grompol, motif sido asih, motif sido mukti, motif sido luhur, motif parang kusuma, dan motif cakar ayam.

Batik motif truntum umumnya digunakan pada saat prosesi midodareni dan panggih. Motif grompol melambangkan keberkahan dan masa depan yang cerah. Motif sido asih melambangkan si pemakai memiliki sifat saling asih, saling asah, dan saling asuh.

Motif sido mukti memiliki arti menjadi sejahtera, umumnya digunakan saat proses panggih dan saat pemberkatan atau akad.

Motif sido luhur memiliki arti sifat yang luhur dan terpuji. Motif parang kusuma dapat digunakan pada saat upacara pernikahan, yang biasanya pada pernikahan kerajaan. Motif cakar ayam melambangkan semangat dalam berumah tangga dan kemakmuran dalam mendapat rezeki.

Simak Juga : Berikut ide bisnis online yang tidak terpengaruh karena adanya pandemi

Berbagai Jenis Kain Batik

Jenis kain batik di Indonesia sangatlah beragam. Ada baiknya selain mengetahui produk berbahan batik yang terlaris di marketplace, kamu juga dapat mengetahui jenis kain batik sebelum memutuskan pembelian produk atau justru hendak menjualnya. Berikut beberapa kain batik yang populer di Indonesia.

  • Batik Parang Rusak
kain batik

Batik yang memiliki makna pertarungan antar manusia untuk memberantas kejahatan ini sangat populer. Namun, secara filosofi pertarungan yang dimaksud adalah bagaimana kita dapat mengendalikan diri dari hal-hal buruk sehingga menjadi manusia yang bijaksana dan mulia.

  • Batik Kawung
kain batik

Batik motif tertua ini berasal dari tanah Jawa, tepatnya Yogyakarta. Motif kawung ini terinspirasi dari buah kawung atau aren yang terbelah dua dan tersusun secara geometris sehingga terlihat seperti bunga yang sedang mekar. Makna dari motif batik ini yaitu pengendalian diri yang sempurna dengan hati yang bersih.

  • Batik Megamendung
kain batik

Batik Megamendung berasal dari Cirebon. Batik yang terkenal dengan pola awan ini memiliki makna kesabaran.

  • Batik Tujuh Rupa Pekalongan
kain batik

Sesuai dengan namanya, batik ini berasal dari Pekalongan. Ciri khas dari batik ini yaitu didominasi oleh motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Batik Pekalongan umumnya menggambarkan kehidupan pesisir yang mudah beradaptasi dengan pengaruh budaya luar.

  • Batik Bali
kain batik

Batik yang berasal dari Pulau Dewata ini juga populer yang terinspirasi dari berbagai macam hewan, seperti rusa, burunga bangau, dan kura-kura. Umumnya, batik Bali menggunakan warna-warna cerah seperti kuning, ungu, dan biru.

  • Batik Sidoluhur
kain batik

Batik dari Jawa ini memiliki makna menjadi bermartabat. Batik ini umumnya digunakan pada saat malam pengantin.

  • Batik Lasem
kain batik

Batik Lasem berasal dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Batik yang didominasi warna cerah ini memiliki pengaruh dari warga Tionghoa.

Demikian sahabat moselo berbagai macam produk dengan bahan kain batik terlaris pada marketplace Shopee. Berbagai macam produk tersebut bisa kamu jadikan sebagai ide usaha yang menguntungkan mengingat pasar untuk produk ini masih sangat luas dan tidak akan mati. Selain bisa mendapatkan keuntungan, juga terdapat kebanggaan dengan menjual produk asli Indonesia serta menjaga warisan budaya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences