Moselo
Moselo Journal

Cara Desain Gerobak Minimalis dan Ideal

Posted on 03 Jul 2022
Share this post: 

Cara desain gerobak minimalis dan ideal menjadi salah satu hal yang perlu kamu pelajari, apalagi kamu yang merupakan pebisnis masa kini. Pada saat ini gerobak minimalis juga sangat penting sehingga tak heran kalau pebisnis juga rela untuk mengeluarkan biaya yang bisa sampai puluhan juta agar bisa mendapatkan gerobak yang diinginkan.

Baca Juga: 15 Contoh Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas, Bisa Dijual Mahal!

Akan tetapi, pengorbanan ini juga terlalu besar, namun sesuai dengan hasil atau manfaat yang didapat. Kamu juga harus mencatat kalau gerobak minimalis tersedia juga dalam berbagai macam jenis dan juga desainnya. Yang pastinya gerobak ini dapat menarik perhatian konsumen untuk mencoba dan membeli kuliner yang kamu jual pada konsumen.

Cara Desain Gerobak Minimalis

cara desain gerobak minimalis

Cara desain gerobak minimalis dan menarik dapat kamu lakukan dengan mudah. Tapi, jika kamu tidak mengetahui tentang bagaimana cara desain gerobaknya, kamu perlu mencari informasi lebih lanjut.

Kamu tidak perlu khawatir, karena di sini terdapat cara desain gerobak minimalis sesuai dengan keinginan kamu. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Ketahui Jenis atau Tipe Gerobak Minimalis Terlebih Dahulu

Cara desain gerobak minimalis yang paling pertama, kamu harus mengetahui dan menentukan jenis atau tipe gerobak yang seperti apa yang ingin kamu buat. Di bawah ini adalah beberapa jenis atau tipe gerobak minimalis yang perlu kamu ketahui.

  • Gerobak jati belanda
  • Gerobak bermotor
  • Gerobak bersepeda
  • Gerobak dorong
  • Gerobak aluminium
  • Gerobak kayu

Dengan kamu mengetahui beberapa jenis gerobak seperti di atas, tentu ini akan membantu memudahkanmu dalam mencari ide dan inspirasi gerobak buat usaha kamu sendiri.

Peralatan dan Bahan dalam Cara Desain Gerobak Minimalis

Peralatan dan bahan dalam pembuatan gerobak yang minimalis dan ideal terdiri dari beberapa alat dan bahan. Meskipun beda bentuk dan ukuran, namun alat dan bahan yang digunakan tidaklah jauh berbeda.

Misalnya membuat gerobak untuk dalam ruangan akan memakai bahan-bahan seperti kayu, multipleks dan acp. Sementara untuk bagian luar gerobak tersebut akan memakai holo, plat besi, besi siku, galvanis, alumunium dan stainless.

Adapun peralatan-peralatan yang harus kamu siapkan dalam cara desain gerobak minimalis adalah sebagai beriku.

  • Gerinda
  • Mesin las
  • Meteran
  • Siku
  • Paku
  • Peralatan tukang
  • Palu
  • Papan
  • Cat
  • Kompresor
  • Spray gun
  • Mesin ampelas
  • Mesin penggiling kayu
  • Roda gerobak
  • Mica susu
  • Stiker
  • Payung

Cara Desain Gerobak Minimalis

Pembuatan gerobak bisa kamu lakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini. Bagi kamu yang telah mempersiapkan beberapa alat dan bahan penting seperti yang ada di atas, langsung saja ke tahap pembuatannya.

1. Persiapkan Desain

Sebelum membuat gerobak, desain terlebih dahulu bentuk gerobak dan bahan yang ingin kamu pakai. Mulai dari bentuk, warna, hingga ukurannya. Kalau perlu, siapkan beberapa desain dan pilih salah satu yang paling kamu sukai.

Pada intinya, desain gerobak harus sesuai dengan produk yang kamu jual dan juga menarik pembeli.

2. Pemilihan Material

Selanjutnya, untuk cara desain gerobak minimalis yang ideal dan menarik, kamu harus memilih material yang bagus sehingga hasil gerobaknya juga akan lebih kokoh.

Namun, kamu harus memperhatikan anggaran yang kamu sediakan harus sesuai dengan barang-barang dan bahan-bahan yang ingin dibeli. Jangan sampai modal yang kamu miliki kurang untuk membuat sebuah gerobak. Jadi, pastikan juga material yang kamu pilih harganya sesuai dengan anggaran yang sudah disediakan sebelumnya.

3. Proses dalam Pengerjaan Gerobak Kayu

Sesudah kamu mengikuti langkah yang ada di atas, proses selanjutnya adalah pembuatan gerobaknya. Cara desain gerobak minimalis akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika ukuran gerobaknya besar. Mari kita lihat step by step yang ada di bawah ini.

  1. Pertama-tama kamu harus mengumpulkan bahan dasarnya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang perlu dikumpulkan berupa kayu, papan, cat, paku hingga peralatan tukang dan keperluan pendukung lainnya.
  2. Berikutnya kamu harus membuat desain gerobak yang sudah kamu sediakan sebelumnya di bahan yang sudah kamu beli. Misalnya pengukuran kayu atau stainless sesuai dengan desain sebelumnya.
  3. Selanjutnya lakukan pemotongan terhadap bahan-bahan yang sudah diukur sesuai dengan desain. Perlu kamu ketahui kalau dalam proses pemotongan ini dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Karena jika salah potong atau bahan yang dipotong patah, itu akan merugikan.
  4. Cara membuat gerobak minimalis dan ideal dapat kamu lakukan dengan cara memotong bahan menggunakan mesin khusus agar prosesnya lebih cepat dan juga presisi. Kamu bisa menggunakan jasa pemotongan atau memotong sendiri menggunakan alat yang ada.
  5. Selanjutnya, rangkai potongan-potongan bahan tersebut menggunakan lem, paku, atau teknik melekatkan antar bahan lainnya. Di sini, kamu sudah bisa melihat wujud gerobak yang sudah kamu desain sebelumnya.
  6. Langkah selanjutnya adalah menambahkan warna dengan memakai cat yang sudah kamu sediakan. Pilih warna yang sesuai dengan produk yang kamu jual atau yang sesuai dengan logo usaha kamu.
  7. Terakhir, tambahkan atribut pendukung seperti banner, lampu warna-warni, dan atribt pendukung lainnya agar lebih menarik.

4. Proses Pengerjaan Gerobak Stainles

Apabila kamu memutuskan untuk membuat gerobak dari bahan stainless, tentunya prses pembuatannya akan berbeda dari sebelumnya. Nah bagi kamu yang ingin mencari tahu tentang bagaimana langkah-langkahnya, kamu bisa simak pada pembahasan yang telah tersedia berikut ini.

  1. Cara membuat gerobak minimalis stainles ini dimulai dengan pembuatan desain gerobak seperti yang dilakukan pada gerobak kayu.
  2. Kemudian, ukur stainles sesuai dengan ukuran yang ada pada desain yang sudah kamu buat. Proses pengukuran pada bahan stainles bisa mengunakan pensil khusus agar garisnya lebih nampak.
  3. Kemudian, potong bahan stainless denan hati-hati menggunakan alat potong khusus. Kamu juga bisa menggunakan jasa potong menggunakan mesin khusus agar hasilnya presisi. Namun, kamu harus mengeluarkan biaya lebih.
  4. Selanjutnya adalah menggabungkan potongan-potongan stainless di atas menggunakan las. Kamu juga bisa menggunakan paku khusus untuk menggabungkan antar bagiannya. Hanya saja, untuk bahan stainless yang lebih tebal, sebaiknya menggunakan cara dilas agar lebih kuat.
  5. Tahapan paling terakhir buat kamu yang ingin membuat gerobak minimalis dan ideal adalah tinggal menambahkan berbagai macam barang tambahan. Misalnya di sini payung atau banner agar orang lain tahu produk apa yang kamu jual. Kamu pun bisa mengecat gerobak stainless agar lebih menarik menggunakan cat khusus.

Cara desain gerobak minimalis dan ideal di atas memiliki trik khusus yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Karena jika kamu melompati tiap langkah-langkah sudah tersusun sebelumnya, memungkinkan kamu akan mengalami kesulitan dalam pembuatan gerobak minimalis.

Baca Juga: Cara Mencari Ilmu Supaya Berhasil dan Barokah

Jadi, sahabat moselo harus memastikan bahwa tiap cara desain gerobak minimalis seperti di atas sudah kamu ikuti dengan berurutan. Kalau kamu kesulitan dan tidak memiliki waktu membuat gerobak sendiri, kamu bisa membeli custom di pengrajin gerobak.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences