Moselo
Moselo Journal

9 Ukuran Poster di Photoshop Terbaik untuk Kalian Pakai

Posted on 08 Feb 2022
Share this post: 
9 ukuran poster di photoshop

Perangkat lunak untuk mendesain sebuah logo atau icon yang sering digunakan, banyak yang memakai aplikasi komputer untuk edit dan manipulasi digital. Disini juga bisa mengetahui Ukuran Poster di Photoshop. Selain itu juga bisa membuat efek khusus dalam sebuah gambar atau foto. 

Sejarah Photoshop

Dikembangkan pada awal tahun 1987 oleh Thomas dan John Knoll dari Amerika serikat, menjual lisensi ke Adobe System pada 1988. Sejak itu Adobe Photoshop menjadi industri pengeditan grafis untuk program Mac Os dan Window

Photoshop mulai berkembang setelah digunakan desainer dan seniman grafis, pekerja profesional juga mencoba menggunakan. Aplikasi ini memiliki kemampuan membuat, menyempurnakan atau mengedit karya seni atau gambar, dan ilustrasi individual dalam jumlah besar.

Di zaman serba canggih ini, semua yang tidak mungkin menjadi mungkin, sulit menjadi mudah termasuk seni seperti foto dan gambar. Hanya bermodal software pada komputer atau laptop bisa langsung mengeditnya sendiri sesuai keinginan. 

Kelebihan dan Kekurangan Photoshop

Pengoperasian sangat mudah dan gambar yang dihasilkan jelas memuaskan, fitur-fitur yang lengkap banyak memiliki format penyimpanan. Namun, Biasanya digunakan untuk mendesain dan mengedit gambar atau foto atau efek- efek yang banyak menarik editor untuk menggunakan Photoshop

Kekurangannya menggunakan Photoshop desain grafis tidak bisa sempurna, layer yang digunakan ukurannya akan besar. Penggunaan layer dan harus berleyer- leyer untuk mengeditnya membuat semakin sulit dan saat dicetak tidak mudah karena besar.

Memang, Software yang digunakan yaitu Adobe Photoshop aplikasi yang cukup canggih untuk anak milenial. Fitur- fiturnya juga sangat menarik dan lengkap,selain itu berikut fungsi kegunaan Photoshop antara lain :

  • Mengkombinasi dua gambar menjadi satu 
  • Menghilangkan suatu Objek 
  • Merubah warna objek
  • Memperbesar ukuran dan memperkecil
  • Mempertajam resolusi gambar
  • Bisa membuat gambar menjadi blur 
  • Meningkatkan kecerahan
  • Dan terakhir dapat memotong gambar 

Ukuran Poster di Photoshop

Ketika sedang membuat poster pastikan kamu sudah mengetahui beberapa ukuran kertas poster yang akan dipakai. Agar hasil cetak tidak bermasalah dan ukurannya tidak terlalu kecil maupun terlalu besar, ukuran yang pas juga bisa membuat poster menjadi lebih

Ukuran sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing misal untuk tujuan promosi atau kebutuhan pameran, inilah 9 ukuran poster di Photoshop terbaik untuk kalian pakai 

1. Poster A00 

Poster ini berukuran raksasa panjangnya mencapai 118,9 cm x 168,2 cm jika direntangkan sudah bisa setara tinggi orang dewasa. A00 ini dipakai umumnya untuk promosi film atau kebutuhan produk-produk terkenal.

2. Poster A0 

A2 adalah ukuran poster di Photoshop yang kedua lebar dan panjangnya lebih kecil dari poster A00. Kegunaannya umum untuk pameran lukisan, kaligrafi atau gambar dengan gaya potrait, penggunaan juga lebih bervariasi misalnya dijadikan untuk media promosi.

3. Poster A1 

Lebar poster 59,4 cm dan panjang 84,1 cm ukuran poster di Photoshop ini berguna untuk promosi promosi suatu acara atau event yang diadakan di suatu tempat titik ukuran ini sudah dipakai untuk poster poster berjenis penyampaian pesan tertentu di tempat umum.

4. Poster A2 

Ukuran poster di Photoshop yang berikutnya adalah panjang dan lebar setengah tinggi orang dewasa, yakni 42 cm x 59,4 cm. Poster ini dipakai di tempat seperti sekolah atau keperluan pesan singkat, untuk kebutuhan umum memamerkan gambar.

5. Poster A3 

Jenis poster ini sangat umum dijadikan kertas menggambar ukuran poster di Photoshop ini panjangnya 29,7 cm dan lebarnya 42 cm. Kegunaan lainnya itu untuk melukis juga ukuran ini terbilang cocok dan banyak diminati, karena tidak terlalu besar dan mudah dibawa.

6. Poster A4

Poster ini setara dengan ukuran kertas skripsi panjangnya 21 cm dan lebarnya 29,7 cm merupakan yang paling kecil dari jenis-jenis poster lainnya. Jenis ini jarang digunakan kecuali di tempat tertentu yang luasnya tidak begitu besar , contoh pemakaiannya di rumah, ruang keluarga dan sejenisnya.

7. Besar

Dalam bahasa Inggris disebut large poster atau arsitektural D Size, ukuran poster di Photoshop ini biasanya digunakan untuk acara outdoor atau dipasang di mall. Walaupun besar ukurannya kurang cocok untuk iklan atau poster film, sebab gambar tampilan kurang jelas.

8. Sedang

Architectural C size nama lain sedang ukuran poster di Photoshop biasanya dibuat minimalis karena memang ukurannya Tidak besar dan tidak kecil. Jenis ini ditaruh di tempat umum seperti dinding kantor, rumah sakit dan lain-lain.

9. Kecil

Ladget salah satu ukuran poster di Photoshop merupakan standar yang kecil cuma itulah penempatannya tidak bisa di sembarang tempat. Panjang nya 28 cm * lebarnya 43 cm, ditempatkan harus benar-benar sesuai.

Jenis Poster Berdasarkan isinya 

Jenis-jenis dan tujuan pembuatan juga menentukan berapa besar ukuran poster di Photoshop yang dibutuhkan agar poster bisa ditempatkan sesuai dengan yang diinginkan. Ada beberapa macam jenis poster sesuai isinya.

  • Poster Niaga, jenis poster untuk tujuan media komunikasi terkait penawaran barang dan jasa
  • Poster Seni budaya hal yang berhubungan dengan seni dan budaya entah promosi atau bukan
  • Poster Pendidikan, informasi khusus untuk edukasi
  • Poster Layanan masyarakat berisi informasi terkait pelayanan masyarakat seperti kesehatan atau kesejahteraan
  • Poster Kegiatan, khusus hanya untuk penyampaian informasi kegiatan umum contoh olahraga dan kerja bakti
  • Poster Hak Asasi, jenis ini biasanya untuk membela kebenaran dan keadilan.

Fungsi Poster 

Banyak yang menyebutkan bahwa poster berfungsi menambah semangat kerja dan motivasi agar melakukan kegiatan yang bermanfaat. Selain itu bisa dijadikan daya tarik barang atau jasa kadang pula dijadikan ajang promosi pemilu

Masih banyak kegunaan atau fungsi poster, terkadang kata kata didalamnya membuat semangat mengelora di hati masing- masing. Kata mutiara yang terdapat didalamnya juga akan semakin terlihat jika ditinjau lagi soal ukuran poster di Photoshop.

Cara membuat Ukuran Poster di Photoshop 

Beberapa orang pasti sudah pernah menggunakan Photoshop bukan, dari buka aplikasinya hingga membuat menyimpan file yang sudah diedit. Tentu sulit bagi pemula karena fiturnya lumayan banyak dan sulit dimengerti. 

Langkah awal buka Photoshop klik menu file- lalu klik New (ctrl+N) lalu pilih ukuran sesuai yang akan digunakan. Atur sizenya pastikan sesuai dengan yang akan diedit, lalu teliti width dan height setelah itu klik selesa barulah bisa membuat poster. 

Memang banyak sekali ukuran poster di Photoshop, dari A00 sampai dengan Kecil. Fungsi dan tujuan sudah jelas berbeda dan banyak sekali. Untuk itu pilihlah poster sesuai dengan yang dibutuhkan dan jangan sampai salah menempatkan karena akan berbeda makna.

Untuk anda yang mungkin butuh inspirasi membuat desain poster atau butuh jasa desain poster, mungkin bisa mengunjungi laman Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif, sehingga banyak sekali kerajinan tangan anak negeri yang berada disini.  

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences