Moselo
Moselo Journal

5 Perbedaan Banner dan Spanduk Wajib Kamu Pahami

Posted on 01 Feb 2022
Share this post: 
5 perbedaan Banner dan Spanduk

Banner dan spanduk menjadi salah satu media dalam menyampaikan pesan dilihat dari fungsinya. Perlu Anda ketahui alat penyampaian ini terlihat sama serta sering dipampang di jalanan maupun tempat-tempat ramai lainnya. Tujuannya yaitu untuk menarik perhatian masyarakat agar tertuju pada benda tersebut. 

Pengertian dan Tujuan Banner dan Spanduk

Perbedaan banner dan spanduk dapat ditinjau dari definisinya masing-masing. Pengertian Banner adalah media penyampaian pesan secara komersial yang berisi promosi, iklan, publikasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan spanduk adalah media penyampaian pesan berupa informasi untuk masyarakat luas berisi logo, slogan, ajakan, serta menarik lingkungan agar ikut melaksanakan apa yang disampaikan. Dengan ini, Anda sudah tahu perbedaan banner dan spanduk, jangan salah lagi.

Cara lain untuk mengetahui perbedaan banner dan spanduk yang lain adalah dengan cara mengenali tujuan dibuatnya alat tersebut. Tujuan banner adalah sebagai media promosi, informasi identitas atau ciri khas sebuah produk atau kegiatan komersial lainnya.

Sedangkan tujuan spanduk adalah sebagai media informasi yang disampaikan untuk menerima pesan secara tidak langsung kepada masyarakat. Menyadarkan lingkungan paham dalam melaksanakan anjuran pada media tersebut.

Jenis-jenis Banner dan Spanduk

Perlu Anda pahami dulu beberapa jenis banner dan spanduk yang dapat dipelajari dengan mudah serta diingat. Beberapa ragam berbeda ini tentunya mengindikasikan apakah media tersebut sesuai tujuannya. Berikut jenis-jenis penyampaian pesan tersebut:

1. X-Banner

Banner ini berbentuk huruf X dengan dua tiang penyangga terbuat dari alumunium dan ringan untuk dibawa serta diletakkan di belakangnya sebagai penopang agar banner tidak jatuh atau roboh, sehingga bisa dibawa kemana-mana karena tidak sulit dalam pembawaannya.

Banner jenis ini biasanya digunakan dalam kegiatan-kegiatan seperti seminar, promosi barang, kegiatan komersial lainnya yang berisi tentang detail produk atau event. Jangan khawatir, karena media tersebut bisa digunakan lebih dari sekali, Anda bisa menghemat uang lebih banyak.

2. Mini X-Banner

Banner ini memiliki bentuk yang sama seperti X-Banner namun ukurannya lebih kecil biasanya diletakkan di meja resepsionis atau tempat terjangkau lainnya. Digunakan sebagai alat menyampaikan pesan seperti jadwal acara dan menu makanan.

Banner ini terlihat lebih terjangkau dari X-Banner, namun akan kurang efektif jika Anda menggunakannya untuk tempat ramai karena orang tidak bisa melihat pesan apa yang disampaikan oleh banner tersebut.

3. Roll Banner

Sesuai dengan namanya, banner jenis ini berbentuk gulungan yang dapat digunakan secara mudah serta praktis tentunya bisa dibawa kemana saja sesuai keinginan. Untuk melebarkannya, Anda hanya perlu membuka roll tersebut menjadi lebih panjang dan lebar.

Media ini digantung di tembok lalu penggunaanya dapat ditarik menggunakan tali atau benda apa saja agar terlihat oleh banyak orang, biasanya untuk acara indoor. Banner ini memiliki ukuran 60 x 160 dengan high resolution.

4. Spanduk Sablon

Setelah membahas banner, saatnya Anda mengetahui mengenai jenis spanduk berbahan sablon ini biasanya menggunakan alat dan bahan yang terbilang gampang, karena disini Anda bisa memakai laptop atau handphone untuk mendesainnya.

Lalu membawa ke tempat percetakan. Sablon jenis ini bisa dibeli dengan harga yang ramah dikantong serta pengerjaannya tidak terlalu sulit. Namun di samping itu, kelemahan dari media tersebut adalah akan cepat luntur jika terkena air.

5. Spanduk Spray

Jenis ini memiliki perbedaan dengan spanduk sablon, pengerjaannya memerlukan waktu lama namun hasil berkualitas tidak akan menjadi kekecewaan untuk Anda. Karena semua yang dikerjakan sepenuh hati dapat menghasilkan hasil memuaskan.

Selain itu, spanduk spray juga tahan akan air yang memiliki arti bahwa bisa digunakan dalam waktu jangka panjang tanpa khawatir luntur atau tulisannya tidak dapat dibaca. Karena masyarakat dengan jelas bisa melihat media ini walaupun terkena hujan sekalipun.

6. Spanduk Printing

Menggunakan alat cetak untuk mencetak spanduk jenis ini terkesan sangat mudah untuk dilakukan dan harganya pasti ekonomis serta dapat disesuaikan dengan budget kantong Anda. Dilihat dari kualitasnya, mungkin jika perlu merogoh kocek lebih, tidak menjadi masalah.

Spanduk printing menghasilkan gambar dan huruf lebih bagus daripada spanduk jenis lain, karena bisa dibuat penuh warna serta memberikan kesan cukup menarik bagi pembacanya sehingga mereka mendapatkan pesan yang disampaikan.

5 Perbedaan Banner dan Spanduk

Perbedaan banner dan spanduk dapat dilihat dari bentuk ukurannya. Memiliki cukup perbedaan yang nampak, membuat Anda mudah dalam membedakannya serta menentukan apakah media tersebut berbentuk banner atau spanduk.

1. Dilihat dari Bentuknya

Perbedaan banner dan spanduk yang pertama dapat dilihat dari bentuknya. Dipahami sebelumnya bahwa masing-masing media tersebut memiliki wujud berbeda dilihat dari cara penggunaannya serta alat bantunya.

Banner berbentuk vertikal atau berdiri serta menggunakan penopang atau gantungan sebagai alat bantunya. Sedangkan spanduk lebih memanjang dan jelas terlihat setiap susunan huruf lalu proporsi yang digunakan

2. Dilihat dari Ukurannya

Perbedaan banner dan spanduk juga dapat ditinjau dari ukurannya. Karena hal ini mengindikasikan dengan jelas apakah media tersebut berbentuk banner atau spanduk, tentunya dapat sangat membantu Anda lebih cepat mengetahui cara membedakannya.

Menentukan ukuran banner dan spanduk harus sesuai dengan rancangan atau draft yang akan dibuat agar media tersebut terlihat pas secara proporsional. Banner memiliki besar 60 x 120, 60 x 90, 80 x 180, 85 x 200. Sedangkan spanduk 5m x 1 m, 4.5 m x 2 m, 4 m x 0.8 m, 2 m x 1.5 m.

3. Dilihat dari Jenis Bahannya

Perbedaan banner dan spanduk yang mencolok lainnya bisa dilihat dengan cara meraba jenis bahan masing-masing media tersebut, yaitu dari bahan kain, printing, sablon, plastik sintetis, flexy cina, flexy korea, dan sebagainya.

Untuk banner sendiri banyak menggunakan bahan seperti luster, PVC banner dari bahan plastik sintetis, dan easy banner. Sedangkan untuk bahan spanduk sendiri adalah kain TC, albatros, flexy jerman, flexy korea, serta flexy cina yang disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Dilihat dari Lokasi Pemasangan

Sekarang perbedaan banner dan spanduk keempat, yaitu lokasi pemasangan. Dilihat dari fungsi masing-masing media penyampaian pesan tersebut dapat Anda tinjau, apa yang membedakan serta membuatnya berbeda.

Untuk spanduk lebih cocok diluar ruangan karena fungsinya sebagai media penyampaian pesan, mengharuskan menjangkau masyarakat atau lingkungan secara luas. Sedangkan banner sangat pas ditempatkan di dalam ruangan yang memiliki jarak dekat dengan audiens sebagai promosi.

5. Dilihat dari Mesin Pencetaknya

Tak kalah penting untuk melihat perbedaan banner dan spanduk adalah mesin dalam mencetaknya. Karena spanduk digunakan di luar ruangan, maka mesin yang digunakan harus kuat akan cuaca diluar seperti panas dan hujan.

Media ini diproduksi menggunakan mesin yang bersifat outdoor. Tintanya tahan air serta sengatan sinar matahari. Sedangkan banner dicetak dengan alat indoor, dapat menghasilkan hasil halus, tajam, dan detail. Namun penempatannya terbatas hanya di dalam ruangan.

Itulah 5 perbedaan banner dan spanduk yang wajib dipahami. Setelah ini Anda tidak akan keliru mengenali masing-masing media serta menentukan kecocokannya untuk digunakan sesuai dengan perbedaan-perbedaan tadi. 

Untuk anda yang mungkin butuh inspirasi membuat banner dan spanduk, mungkin bisa mengunjungi laman Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif, sehingga banyak sekali kerajinan tangan anak negeri yang berada disini.  

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences