Moselo
Moselo Journal

Tips Membuat Logo Keren Polos Modal Canva

Posted on 27 Jan 2022
Share this post: 
membuat logo keren polos

Semakin banyak perusahaan atau badan usaha yang menggunakan logo sebagai identitas produk atau jasanya. Karena berguna sebagai ciri khas juga membuat calon konsumen tertarik. Lalu bagaimana tips membuat logo keren polos? Untuk menghemat pengeluaran produksi. 

Mengenal Logo

Logo berasal dari bahasa Yunani Kuno, yakni logos. Memiliki arti pikiran, budi pekerti, akal, serta pembicaran. Secara umum artinya adalah sebuah gambar yang berisi tulisan, simbol, merk dagang atau perusahaan guna dijadikan sebagai tanda pengenal dari suatu usaha. 

Pelaku usaha seringkali terhambat dalam menggerakkan usahanya. Karena produk kurang terkenal serta kalah saing dengan usaha lain. Sebelum membuat logo keren polos hendaknya untuk Anda agar mengetahui produk atau usaha yang sedang digeluti. Biasanya mengandung filosofi tertentu.

Selain itu dapat menggambarkan kualitas suatu barang.Disebabkan karena biasanya barang-barang terkenal akan logonya yang unik dan berbeda. Ditambah lagi, lambang tersebut memiliki instrumen guna menggambarkan harga diri serta mampu dipercaya. 

Kegunaan Logo

Logo berguna sebagai identitas sebuah barang atau perusahaan. Benda tersebut mampu membuat masyarakat mengingat dan mengenal usaha Anda. Tanpa harus membaca secara detail informasi lainnya. Karena itu, penempatan setiap elemennya harus diperhatikan secara baik.

Ditambah lagi, logo dapat memberikan nilai  sebagai bentuk mewujudkan citra baik dan mampu dipercaya. Seperti yang diketahui, banyak sekali barang dikenal karena bentuk logonya. Tentunya tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. 

Selain itu, logo juga wajib mempunya ciri khas tertentu. Hal tersebut bertujuan agar menampilkan tampilan berbeda dengan yang lainnya. Perbedaannya bisa dilihat dari segi bentuk maupun warnanya. 

Definisi Canva

Canva adalah platform desain grafis untuk membuat grafis seperti presentasi, logo, poster, dan lainnya. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkan penggunanya dalam memilih. Templatenya pun sangat bervariasi juga beragam.

Jika memilih platform tersebut untuk merancang logo keren polos, maka pilihan Anda sangat tepat. Selain beberapa template yang apik gratis. Pun bisa melakukan upgrade atau beralih ke premium. Agar lebih banyak desain bisa diakses atau digunakan. 

Cara menggunakannya pun mudah. Untuk Anda sebagai seorang pemula, aplikasi ini tidak rumit sama sekali. Hanya perlu menggerakkan mouse, lalu menambahkan beberapa unsur. Seperti elemen, text, dan gambar sesuka hati. Lalu bagaimanakah caranya? 

Tips Membuat Logo Keren Polos Melalui Canva

Bagi Anda yang baru ingin memulai usaha. Maka alangkah baiknya untuk membuat atau menentukan lambangnya. Agar tampilan produk lebih ciamik dan tentunya mudah dikenali. Berikut tips membuat logo keren polos melalui aplikasi Canva, diantaranya:

1. Masuk ke Aplikasi atau Website Canva

Sebelum menggunakan canva dengan nyaman, alangkah baiknya untuk membuat akun terlebih dahulu. Anda akan diberikan beberapa akses lebih jika melakukan hal tersebut. Selain itu, dapat membantu untuk memilih paket berlangganan atau premium.

Setelah membuat akun atau masuk. Anda akan ditampilkan dengan beberapa template sesuai jenisnya. Seperti poster, powerpoint, instagram, dan lainnya. Kemudian pilihlah logo untuk mulai mendesain logo keren polos.

2. Membuat Desain Logo Keren Polos

Jika template tersebut tidak sesuai dengan kehendak dan kebutuhan. Anda bisa memulai dengan cara klik “buat logo kosong” untuk desain baru. Canva menyediakan berbagai konten yang bisa digunakan. 

Buatlah logo keren polos sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tambahkan beberapa unsur atau ikon di samping kiri. Terdiri dari template, elemen, unggahan, teks, dan lainnya. Bisa berkreasi secara leluasa tentunya. 

3. Menambahkan Unsur Lain

Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah komposisi juga proporsi. Hal tersebut tentunya akan berdampak besar. Namun jika Anda hanya membuat logo keren polos. Maka tidak perlu banyak-banyak menambahkan unsur lainnya. 

Gunakan background menggunakan warna dasar. Lalu rangkai beberapa elemennya. Setelah itu rapikan, supaya enak dipandang walaupun polos. Keunggulannya adalah Anda bisa menjual atau menggunakannya sendiri. Dirancang dan diperbaiki lagi kedepannya.

4. Finishing 

Tahap terakhir dalam membuat logo keren polos yaitu finishing. Disini Anda perlu lakukan adalah menyimpan hasil desain. Klik opsi “unduh/download”. Nanti akan muncul beberapa pilihan file yang akan digunakan. Seperti, JPG, PNG, PDF, dan lainnya.

Pastikan menyimpannya di tempat yang mudah ditemukan. Hal tersebut berguna untuk memudahkan Anda mencarinya nanti. Pilihlah file besar dan tidak menghasilkan gambar buram. Selain itu, jika ingin menyimpan di websitenya, sangat bisa. Karena otomatis akan tersimpan di sana.

Tips Membuat Logo Secara Umum

Ada beberapa tips atau panduan membuat logo secara umum. Serta memperhatikan beberapa hal. Agar nantinya hasil yang didapat sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa tips untuk membuat logo secara umum:

1. Mulailah dengan Mencari Referensi

Tips pertama, yaitu mencari referensi. Referensi sangat berguna untuk menambah wawasan. Karena dengan itu, Anda bisa mendapatkan inspirasi dalam membuat logo. Mencari beberapa contoh juga. Banyak sekali platform yang disediakan internet sebagai bekal meluaskan pengetahuan.

Logo-logo yang baik pastinya sudah ada di internet. Ditambah lagi dapat melakukan pengamatan. Mengapa logo tersebut terkenal dan tentunya banyak orang tahu. Dengan ini, setidaknya Anda mempunya gambaran ingin mendesain seperti apa.

2. Memahami Visi dan Misi Pendirian Usaha

Logo dapat mencerminkan ciri khas dari sebuah produk. Apa yang terkandung di dalamnya. Serta maksud setiap unsurnya. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk memahami visi dan misi pendirian perusahaan atau bisnis. 

Hal tersebut dapat membantu Anda dengan mudah. Mau desain seperti apa, penggunaan elemen apa saja, dan lainnya. Agar nanti orang yang melihatnya paham akan maksudnya. Tanpa harus membaca secara detail tentang usaha dan bisnis tersebut. 

3. Memiliki Filosofi

Logo yang dibuat sebaiknya memiliki pesan atau makna ditujukan kepada calon konsumen. Filosofi lebih memiliki fungsi dalam daripada aspek lainnya pada logo. Pilihlah simbol dan bentuk sesuai dengan pesan dari bisnis Anda.

Untuk mempercantik dan agar terlihat lebih keren. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa unsur warna. Gunakan warna yang sesuai dengan tema dari usaha, supaya tidak kontras. Langkah ini akan menguatkan proses branding bisnis.

4. Pastikan Mudah Diingat

Tips terakhir adalah mudah diingat. Sangat penting untuk Anda dalam membuat logo. Tidak terlalu rumit dan penuh serta simpel namun keren. Karena jika terlalu ribet, nantinya calon konsumen akan cepat lupa. Sebab tujuan utama logo adalah mempermudah agar diingat di pasaran. 

Hal tersebut dapat berdampak besar pada produk atau usaha Anda. Menampilkan logo simpel namun keren tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri. Mengingat bahwa itulah yang dapat menarik ketertarikan calon konsumen pada bisnis.

Itulah tips membuat logo keren polos melalui canva. Entah dimanapun membuatnya, sebaiknya jangan asal-asalan. Karena hal tersebut akan mempresentasikan produk dan usaha Anda. Sekarang sudah bisa membuat sendiri dengan beberapa tips diatas tadi.

Jika anda sudah mahir membuat desain logo ini, maka bisa coba memasarkan jasa anda di Moselo nantinya. Kami merupakan marketplace di bidang handcraft, dimana kami menampung berbagai kerajinan tangan karta anak bangsa. Selain itu bisa juga menawarkan jasa pembuatan kerajinan maupun desain logo dengan biaya sesuai keinginan anda.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences