Moselo
Moselo Journal

Tips Memilih Kemasan Produk Kerajinan, Pentingnya Sebuah First Impression

Posted on 25 Nov 2021
Share this post: 
pentingnya kemasan Produk Kerajinan

Menentukan kemasan produk kerajinan memang bukanlah perkara gampang, karena nantinya produk kemasan ini juga memiliki pengaruh cukup besar dalam penjualan. Pasalnya kemasan menjadi hal pertama yang dilihat dari seseorang atau calon konsumen sebelum akhirnya membeli barang anda.

Maka dari itu, anda harus paham penting sebuah first impression sebelum memutuskan untuk menjual hasil karya anda.  Untuk itu, dibawah ini akan dibahas mengenai tips memilih kemasan produk kerajinan yang perlu anda ketahui para pelaku usaha kreatif.

Pengertian Kemasan Produk

Tanpa mengesampingkan faktor keamanan dan kenyamanan, faktor tampilan pada kemasan juga wajib menjadi bahan pertimbangan anda dalam memasarkan produk. Secara umum, kemasan ini merupakan sebuah desain kreatif yang didalamnya terdiri dari bentk, warna, struktur, citra, hingga tipografi yang menggambarkan sebuah produk.

Jadi kemasan ini tidak hanya sekedar menjadi wadah saja, lebih dari itu kemasan ini harus memiliki standar kelayakan tersendiri sebelum diperdagangkan kepada para konsumen.  Percaya atau tidak, kemasan sebuah produk yang dibuat se-kreatif dan sebagus mungkin, bakalan berpengaruh terhadap permintaan dari para konsumen.

5 Tips Memilih Kemasan produk kerajinan

Untuk anda para pelaku usaha kerajinan, pasti tidak hanya di tuntut untuk menciptakan sebuah produk yang kreatif. Namun anda juga diminta untuk membuat kemasan produk kerajinan anda juga memiliki nilai jual tersendiri dimata para calon konsumen.

Dengan menggabungkan hasil handcraft atau kerajinan tangan anda dengan kemasan produk kerajinan yang menarik, dijamin banyak orang yang penasaran dengan hasil karya anda untuk membelinya.

Namun kembali lagi, untuk membuat kemasan produk ini bukan perkara mudah karena anda harus benar-benar menyeimbangkan berbagai faktor. Jangan sampai kemasan tersebut lebih menarik dibandingkan dengan produk anda, begitupun sebaliknya jangan sampai produk kerajinan anda yang sangat bagus memiliki kemasan biasa saja.

Nah berikut ini ada beberapa tips memiliki kemasan produk yang bisa anda coba terapkan nantinya. Ulasan ini tidak meminta anda mengikuti seluruh stepnya, namun lebih memberikan referensi bagaimana cara membuat desain kemasan yang baik dan menarik.

1. Pakai Desain Sederhana

Tips memilih kemasan produk kerajinan yang pertama perlu anda lakukan adalah menggunakan desain sederhana. Jangan membuat kemasan yang rumit dengan tujuan menarik perhatian, yang ada konsumen malah bingung dengan produk yang anda jual.

Desain sederhana yang dimaksud ini adalah, buat kemasan yang memudahkan konsumen membawa produk anda. Meskipun terkesan sederhana namun tetap harus membuatnya terlihat unik juga ya

2. Gunakan Gambar yang Menarik

Perlu anda ketahui, jika orang Indonesia ini cenderung lebih mudah menerima sesuatu yang berasal dari segi visual, tentu ini menjadi salah satu kesempatan menarik jika target market anda adalah konsumen lokal saja.

Untuk tips kemasan produk kerajinan selanjutnya ini anda bisa coba memakai gambar yang menarik untuk konsumen. Gambarnya ini tidak harus ada kaitanya dengan produk yang anda jual, solusinya anda bisa memakai gambar lucu maupun karikatur menarik yang secara tidak langsung masih menggambarkan produk yang anda jual.

3. Cantumkan Data Legalitas dari Pemerintah

Untuk poin selanjutnya ini memang tidak kalah pentingnya, dimana dengan mencantumkan data legalitas dari pemerintah pada kemasan produk kerajinan bisa berpengaruh pada penjualan. Selain sudah mendapat restu dari pemerintah, dengan terdapat legalisasi ini bisa meyakinkan para calon konsumen jika kerajinan yang anda jual ini benar-benda mendapat pengawasan dari pemerintah.

Dengan begini maka para konsumen pun tidak akan ragu lagi membeli produk kerajinan anda tersebut. Jadi soal legalitas dari pemerintah ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja, tidak ada salahnya juga anda untuk mendaftarkan diri ke badan pemerintah mengenai produk kerajinan anda.

4. Cantumkan Informasi penting Memakai Font Unik

Jika produk kerajinan anda termasuk barang unik atau antik, pastikan anda berikan informasi penting pada kemasan tersebut.  Karena sifat informasi yang penting, maka anda perlu menggunakan jenis font ‘unik’ supaya terbaca oleh konsumen atau orang yang kebetulan membawanya.

Silahkan anda buat informasi yang singkat namun jangan terlalu padat, bisa juga mencantumkan gambar atau font yang unik sesuai dengan informasi yang ingin anda sampaikan. Dengan begini diharapkan nantinya para konsumen bisa tahu dan paham dengan Informasi penting dari produk kerajinan tersebut.

5. Pakai Kemasan Dengan Bahan Berbeda

Tips memilih kemasan produk kerajinan selanjutnya adalah menggunakan bahan kemasan yang berbeda. Namun berbeda disini tetap ada batasan dimana kalau bisa anda memilih bahan untuk menghemat dana.

Untuk hal ini anda bisa memilih bahan packaging alternatif berupa kertas daur ulang atau bahan daur ulang lainnya, yang penting pastikan bisa mengamankan isi didalamnya. Jika tidak memungkinkan memakai bahan daur ulang, anda bisa memilih kemasan dengan bahan berbeda namun tetap bisa menjaga kualitas dari produk didalamnya.

Kenapa disarankan menggunakan bahan daur ulang? Memakai kemasan produk kerajinan dengan bahan daur ulang membuat produk anda dikenal ramah lingkungan. Menggunakan bahan daur uang cenderung lebih ekonomis, dan membuat produk kerajinan ini akan terkesan unik sebab bahan daur ulang ini memiliki tekstur yang berbeda.

Material Umum Digunakan Kemasan Produk

Setelah paham dengan tips kemasan produk kerajinan diatas tadi, berikut ini ada beberapa macam material yang sering kali digunakan untuk kemasan sebuah produk. Diantaranya :

1. Standing Pouch

Jenis kemasan produk yang pertama kali ini adalah standing pouch, dimana material yang digunakan pada bahan ini biasanya adalah berbahan plastik. Umumnya kemasan yang satu ini digunakan untuk membungkus produk seperti minyak goreng, sambung detergen, bubuk kopi, kosmetik, dan lain sebagainya.

Penggunaan kemasan produk dengan bahan ini banyak dipilih karena dinilai mampu menjaga isi didalam produk tersebut untuk bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Botol

Untuk jenis kemasan produk yang satu ini umumnya digunakan untuk produk minuman atau produk kecantikan yang berbentuk cair. Dan jenis kemasan ini juga dirasa mampu menjaga ketahanan dari produk tersebut, cocok untuk disimpan dalam jangka waktu cukup lama.

3. Box

Untuk material ini biasanya dipakai untuk makanan, namun beberapa juga bisa digunakan untuk produk non-makanan seperti sepatu, baju, jaket, peralatan dapur, alat elektronik, dan lain sebagainya. Material ini juga bisa dipakai sebagai kemasan produk kerajinan tinggal menyesuaikan ukuranya saja.

4. Tube

Untuk material kemasan terakhir kali ini adalah Tube yang umum dipakai sebagai wadah produk kecantikan. Selain kemasan tube ini mudah ditemukan, juga memiliki banyak sekali ukuran yang cocok banget untuk pemiliki usaha kecantikan.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini mengenai tips memilih kemasan produk kerajinan. Nah untuk anda yang mungkin sedang mencari produk kerajinan tangan atau handcraft, coba deh kunjungi Moselo, disana tersedia banyak sekali produk kerajinan yang dijual dengan harga terjangkau.

Selain itu, untuk anda yang kebetulan punya usaha kerajinan tangan juga boleh kok untuk join di Moselo dengan memilih kategori sesuai dengan usaha yang anda miliki.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences