Moselo
Moselo Journal

10 Contoh Kartu Nama Bisnis Elegan, Auto Ningkatkan Trust Usaha Kamu

Posted on 25 Des 2021
Share this post: 
contoh kartu nama bisnis

Sudah pernah mendengar benda untuk mengenalkan informasi atau identitas mengenai perusahaan dan jabatan anda. Tentunya sudah sering bukan, banyak perkantoran yang membuatkan ini agar dikenali. Disini akan dibahas contoh kartu nama bisnis elegan beserta cara membuatnya. 

Apa itu Kartu Nama?

Menjadi tanda pengenal identitas, atau informasi seseorang atau perusahaan. Dibuat dengan kebutuhan anda,isinya juga tepat dan sesuai standar pada kartu nama. Seperti jabatan, nomor telepon, alamat email, serta nama kantor.

Usahakan font yang digunakan harus mudah dibaca dan simple sesuai perusahaannya. Dalam situasi mendesak kartu nama ini sangat dibutuhkan. Ketika Kamu terburu- buru dan tidak sempat meninggalkan informasi bisa langsung menyerahkan ini.

Seiring perkembangan zaman, sudah banyak ditemukan kartu nama dengan berbagai bentuk desain. Dikenal seperti alat, atau media untuk mengenalkan diri secara singkat. Ada beberapa manfaat menggunaannya sebagai berikut :

  • Untuk perkenalan diri kepada relasi baru salah satu cara terbaik agar memperluas komunikasi.
  • Merupakan strategi marketing, oleh karena itu harus orang yang profesonal yang harus memiliki.
  • Dapat mengikat hubungan baik dengan klien baru atau konsumen baru.

Jenis Kartu Nama

Kebutuhan akan tanda pengenal seringkali terjadi di saat pembuatan usaha. Sebelum membahas contoh kartu nama bisnis yang sudah banyak beredar. Ada dua jenis yang kerap digunakan oleh masyarakat di Indonesia, simak penjelasannya ada di bawah ini.

1. Kartu Pribadi

Dibuat oleh orang sebagai tanda pengenal untuk dirinya sendiri, biasanya berisi nama pemilik, alamat, dan nomor handphone. Identitas pada kartu nama pribadi harus mencolok atau dibuat besar biasanya menggunakan font yang eye catching. 

2. Kartu Perusahaan 

Digunakan karyawan atau pegawai bekerja di suatu kantor, kartu nama ini dibilang sebagai promosi. Meskipun ada nama dan contact person Kamu tapi identitas perusahaan harus mencolok, biasanya memakai font yang besar.

10 Contoh Kartu Nama Bisnis

Pengenal identitas perusahaan harus mempunyai desain yang sesuai dengan karakteristik dari suatu usaha yang digeluti. Unik dan simple menjadi daya tarik sendiri untuk membuatnya. Inilah 10 contoh kartu nama bisnis :

1. Kartu Nama Tour Travel 

Contoh kartu nama bisnis tour travel harus memiliki logo yang mencolok karena akan menjadi saya tarik. Berisi identitas seperti alamat, nomor ponsel hingga website resminya, kenapa demikian agar konsumen percaya dengan jasa tersebut.

2. Kartu Nama Caleg 

Saat menjadi calon legislatif sangat perlu membuat tanda pengenal, ini salah satu contoh kartu nama bisnis. Untuk ajang promosi yang utama tentunya, terdapat foto yang jelas agar masyarakat mengenalinya. 

3. Kartu Nama Pribadi

Harus dibuat dengan sekreatif mungkin adalah contoh kartu nama bisnis ini. bisa dicetak dengan bolak balik, di halaman depan bisa dikasih logo dan sebaliknya diberi identitas alamat, nomor ponsel hingga website. 

4. Kartu Nama Notaris 

Biasanya contoh kartu nama bisnis dibuat kebanyakkan formal akan tetapi bisa dimodif tergantung pemiliknya. Tanda pengenal notaris ini misalnya untuk isinya harus ditambahkan logo pancasila, barulah alamat kantor dan sebagainya.

5. Kartu Nama Kuliner 

Selanjutnya contoh kartu nama bisnis untuk kuliner, misalnya berdagang makanan atau minuman agar menarik customer harus mempunyai tanda pengenal. Biasanya menggunakan menggunakan cangkir sebagai logonya.

6. Kartu Nama catering

Sudah tidak asing bukan contoh kartu nama bisnis catering, sesuai namanya menampilkan foto makanan dan usaha yang digeluti. Tidak lupa lambang, logo, nomor telepon, dan alamat agar konsumen tahu kontak yang mana harus dihubungi.

7. Kartu Nama Unik

Saat membuka usaha sebaiknya menggunakan tanda pengenal yang sesuai dengan usaha yang digeluti. Contoh kartu nama bisnis fotografer agar agar diminati bisa dibentuk seperti kamera isinya juga sama seperti kartu nama lainnya.

8. Kartu Nama Perusahaan Jasa

Banyak sekali perusahaan yang belum mempunyai tanda pengenal atau identitas, sebaiknya segera membuatnya. Contoh kartu nama bisnis ini dibuat simpel dan minimalis menyertakan apa saja jasa yang ditawarkan agar konsumen mengetahui. 

9. Kartu Nama Elegan Profesional

Contoh kartu nama bisnis yang satu ini sudah terlihat istimewa karena menggunakan bahan-bahan yang sangat elegan. Dibuat menonjolkan keistimewaan berbeda dengan lainnya, inilah mengapa terlihat profesional dan mewah.

10. Kartu Nama Bisnis atau Direktur

Biasanya digunakan oleh direktur atau petinggi perusahaan yang mana berbeda dengan contoh kartu nama bisnis yang lain. Tanda pengenal mungkin dibuat minimalis sesuai dengan minat dan selera masing masing.

Cara Membuat Kartu Nama 

Tadi kita sudah membahas tentang contoh kartu nama bisnis akan tetapi pasti banyak yang belum bisa membuatnya. Mulai dari bentuk, ukuran, logo dan nama, hingga memasukan tipografinya, Di sini ada beberapa tutorial pembuatan tanda pengenal:

1. Ketahuilah Bentuk Contoh Kartu Nama Bisnis yang Ingin Dicetak

Sebelumnya kartu nama dibuat sesuai dengan bentuk standar yaitu persegi panjang namun Seiring berjalannya waktu semakin fleksibel dan beragam. Perlu ditekankan standarnya harus tergantung pada kesan yang ingin di kepada orang-orang

2. Ukuran Kartu Nama

Umumnya menggunakan 9x5,5 cm atau 90 x55mm, ada tiga hal yang harus diperhatikan saat mendesain pertama bleed area digunakan untuk mencegah kesalahan pemotongan yang akan dihilangkan. Yang kedua trim line online atau garis potong lalu terakhir safety line adalah garis batas area aman.

3. Tambahan Logo dan Elemen 

Dalam pembuatan nama selanjutnya bisa memasukkan elemen seperti desain atau logo. Selain itu kamu juga bisa menambahkan grafik tambahan di area yang masih ada space nya, agar tidak terlihat kosong dan lebih menarik.

4. Memasukkan Data Diri

Informasi yang penting dalam kartu nama harus dimasukkan seperti identitas pemilik jabatan nomor telepon atau alamat email. Selain itu juga bisa ditambahkan informasi lain yang menurut Kamu penting dan harus dicantumkan di dalamnya.

5. Memilih Tipografi yang Tepat

Cara selanjutnya yaitu memilih seperti ukuran tulisan setidaknya ukuran tulisan paling kecil adalah 8 pt. Kedua yaitu pemilihan terhadap font karena menyesuaikan dengan identitas personal atau bisnis karena dapat mewakilkan karakter pemilik.

Aplikasi Pembuatan Kartu Nama

Ada beberapa aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat desain kartu nama dari yang mudah sampai yang cukup rumit. Seperti photoshop, coreldraw, atau canvas ketiganya memang sering dipakai. Cara pemakaian juga sangat mudah ada beberapa tutorial bisa dilihat di internet.

Tentu saja bukan hanya itu aplikasinya masih banyak situs online juga untuk membuat kartu nama. Bukan hanya jasa pembuat tanda pengenal saja yang bisa membuat. Andapun bisa membuatnya sendiri juga.

Memang benar di masa sekarang ini inginnya serba simple dan praktis, dari tanda pengenal pun juga seperti itu. Itulah contoh kartu nama bisnis yang sering dipergunakan oleh masyarakat. Semoga bisa menjadi ide yang inspiratif untuk Kamu semua.

Jika Anda sedang mencari referensi soal kartu nama bisnis, maka cobalah untuk datang ke laman Moselo. Kami merupakan marketplace khusus industri kreatif dengan berbagai produk kerajinan karya anak negeri. Siapa tahu ada yang menyediakan kartu nama bisnis kastem yang bisa anda gunakan nantinya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences