Moselo
Moselo Journal

Bahan Kain Supernova: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 18 Des 2021
Share this post: 
karakteristik kain supernova

Berbicara tentang kain supernova sebenarnya ini masih masuk ke dalam kategori katun. Meskipun tergolong baru namun sudah banyak orang yang merasa cocok dan menggunakannya untuk membuat berbagai macam jenis pakaian mulai dari casual sehari-hari sampai dengan sragam kantor. 

Spesifikasi Dari Bahan Supernova 

Jika melihat lebih dekat sebenarnya kain supernova sendiri memang masih masuk ke dalam keluarga bahan katun. Masuk ke dalam list kain premium akhirnya membuat supernova laris manis di pasaran. Namun untuk membuktikannya mari coba membahas beberapa spesifikasi lengkapnya. 

1. Halus dan Lembut 

Seperti halnya jenis kain dari keluarga katun lainnya, kain supernova punya tekstur halus dan lembut yang membuat para pengguna merasa nyaman. Dengan ketebalan yang standar membuatnya tidak nerawang juga ketika digunakan. Cocok bagi para muslimah yang menggunakan pakaian tertutup. 

Apalagi di negara tropis seperti Indonesia kenyamanan berpakaian menjadi prioritas utama. Untungnya kain supernova sendiri terbuat dari serat organic dan juga buatan yang membuatnya nyaman dipakai walau di negara tropis yang punya curahan sinar matahari cukup tinggi sekalipun. 

2. Cenderung Mudah Menyerap Keringat 

Selanjutnya adalah sangat cenderung mudah menyerap keringat. kain supernova menjadikan pemakainya merasa nyaman menggunakan pakaian tersebut bahkan dalam jangka waktu lama sekalipun. Hanya saja seratnya juga tipis sehingga Anda harus berhati-hati menggunakannya. 

Bila dibandingkan jenis lain memang tidak terlalu tipis. Hanya saja Anda juga bisa menyesuaikan tebalnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing . Oleh karenanya cobalah untuk terlebih dulu menentukan ide konsep pakaian yang diinginkan agar tebal tipisnya bisa diwujudkan dengan baik, 

3. Mudah Dikreasikan 

Selain bagus untuk membuat penampilan jadi makin keren kain supernova juga mudah dikreasikan menjadi berbagai macam produk fashion. Mulai dari pakaian, celana, sweater, dress pesta, wedding, jasa kantoran, dan masih banyak lagi ragam pelengkap kebutuhan fashion. 

Bagi Anda yang saat ini sedang bingung ingin memilih material yang mana bisa coba pakai bahan kain supernova. Harga yang masih terjangkau namun kualitas premium tentu menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari kain untuk membuat pakaian-pakaian dalam keseharian atau kantoran. 

4. Cenderung Tembus Pandang 

Jika Anda ingin mencoba memakai kain supernova yang warna putih harus siap menggunakan furing. Sebab khusus warna putih memang cenderung tembus pandang. Oleh karenanya Anda juga harus siap doublean jika tidak ingin mendapatkan tatapan kurang menyenangkan dari orang lain. 

Furing adalah salah satu pilihan paling tepat untuk membuat kain supernova menjadi tidak tembus pandang lagi. Namun semuanya juga tergantung dengan fashion yang akan digunakan, jika tidak sesuai dengan furing maka bisa cari salah satu doublean yang sesuai. 

5. Kualitas yang Baik 

Walaupun harganya tergolong murah namun kualitas dari kain supernova tetap baik dan mampu memenuhi kebutuhan pasar. Anda tidak perlu lagi ragu ketika akan membelinya. Karena bagaimanapun supernova masih menjadi satu keluarga dengan katun. 

Kualitas baik ini tentunya memenuhi beberapa hal seperti kenyamanan, kelembutan, dan masih banyak faktor-faktor lainnya. Semuanya tentu diberikan untuk membuat para pelanggann semakin merasa senang dan selalu membuat pakaian mereka hanya dari kain supernova saja.

Karakteristik Dari Bahan Supernova

kain supernova menjadi salah satu pilihan paling tepat saat ingin mencoba memproduksi fashion. Selain kelebihan dan kekurangan yang sudah dibahas selanjutnya mari mengetahui karakter atau ciri khas dari bahan tersebut. Berikut adalah poin bisa Anda perhatikan agar tidak salah pilih. 

1. Tekstur Ringan 

Salah satu ciri khas yang sangat dikenali dari kain supernova adalah memiliki tekstur yang ringan. Kain yang ringan dan tidak kaku memang bisa sangat bagus ketika digunakan. Jika ingin rapi lebih baik rajin-rajin menyetrikanya agar tampilan tetap terlihat rapi bahkan sampai seharian penuh. 

Karena teksturnya ringan kain supernova sangat cocok jika diberikan konsep yang feminim. Sangat disarankan untuk menggunakannya sebagai material utama dalam pembuatan dress nikahan yang feminim. Dengan begitu hasil akhir yang didapatkan juga sangat maksimal. 

2. Lebih Mudah Kusut 

Meskipun lebih licin dari segi tekstur permukaan kain supernova lebih mudah ksusut. Jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya supernova cara penggunaannya memang lebih detail dan rumit. Harus sering disetrika agar baju yang digunakan selalu rapi dan membawa kesan positif. 

Perlu diketahui jika bahan supernova sendiri termasuk dalam katun yang ringan namun tetap rapi. Oleh karenanya kain satu ini sering dijadikan sebagai material utama dalam pembuatan baju koko, gamis, maupun hijab. Untuk daerah tropis pun tetap cocok dan tidak membuat gerah. 

3. Sifat Kusut

Salah satu ciri khas yang bisa dilihat dari kain supernova adalah sifat kusutnya. Meskipun kusut namun terkadang justru itulah yang membuatnya jadi istimewa dan berbeda dengan jenis bahan lainnya. Kusut dari bahan justru membuat kesan natural dan alami dari pakaian yang dihasilkan. 

Oleh karenanya banyak orang akhirnya membuat sifat kusut tersebut sebagai keunggulan alami dari produk yang mereka gunakan. Dengan begitu daya jualnya juga lebih tinggi dibandingkan produk-produk sejenisnya yang tidak memiliki ciri khas tersendiri. 

4. Memenuhi Tuntutan Trend Fashion 

Terakhir dengan berbagai macam spesifikasi kelebihan dan juga ciri khas yang dimiliki kain supernova memang berhasil membuat beberapa trendd fashion semakin meroket. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa performa dari supernova memang bagus adanya. Bisa memenuhi permintaan pasar. 

Itulah mengapa akhirnya banyak orang yang memilih untuk menggunakan kain supernova sebagai salah satu material utama proses pembuatan trend pakaian. Sangat cocok bagi Anda yang saat ini sedang berusaha untuk membuka usaha konveksi atau produksi fashion. 

Tips Penggunaan Bahan Supernova 

Masing-masing bahan yang digunakan untuk produksi konveksi memang memiliki kelemahan dan kelebihannya tersendiri, begitu juga dengan kain supernova. Agar tetap awet dan tahan lama tentu harus dirawat dengan baik. Beberapa tips dibawah ini bisa membantu merawat pakaian dari supernova.

  • Selalu pisahkan baju dari bahan supernova dengan pakaian lain yang memiliki potensi bisa luntur. Tidak hanya dipisahkan dalam baknya saja, melainkan proses mencucinya juga tidak bersamaan.
  • Cuci pakaian dengan tenaga tangan. Alih-alih menggunakan mesin, cara manual justru lebih bagus dalam menjaga ketahanan tekstur pakaian agar lebih baik. Selain itu pakailah deterjen yang sudah mengandung pengharum dan pelembut didalamnya. 
  • Hindari penggunaan sikat secara berlebihan. Jika noda yang terdapat pada pakaian masih bisa dihilangkan tandanya Anda tidak perlu menggunakan sikat. Selain itu upayakan juga untuk setrika dengan suhu standar saja. Terlalu tinggi suhu hanya akan membuat tekstur rusak. 

Penggunaan kain supernova di dunia fashion memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda sedang mencari referensi produk fashion dengan kain supernova, maka cobalah untuk datang ke laman Moselo. Kami merupakan marketplace khusus industri kreatif dengan berbagai produk kerajinan karya anak negeri.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences