Moselo
Moselo Journal

Macam-Macam Kain Polyester: Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on 18 Jun 2022
Share this post: 

Di antara kain yang bermacam-macam, polyester adalah salah satu bahan yang paling populer digunakan dalam industri fashion, desain, dan interior. Nah, kali ini akan dibahas macam-macam kain polyester dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang yang Halal dan Barokah

Tidak seperti sutra, katun, dan wol, yang terbuat dari serat alami, polyester adalah kain buatan manusia. Meskipun buatan manusia, bahan ini digunakan oleh ribuan konsumen dan industri yang berbeda. Salah satunya sebagai penambah interior rumah. Ingin tahu lebih banyak tentang polyester? Berikut ulasan lengkapnya!

Apa itu Bahan Polyester

kain polyester

Polyester adalah istilah umum untuk kain atau tekstil yang terbuat dari benang atau serat polyester. Serat polyester atau kain terbuat dari senyawa kimia, etilen glikol dan asam tereftalat, yang dikombinasikan dengan polietilen tereftalat (PET) yang diturunkan dari minyak bumi.

Faktanya, serat polyester pertama kali ditemukan sebelum tahun 1939, di Carothers of W.H.  Kemudian dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan yaitu J.R Whinfield, J.T. Dickson, W.K. Kelahiran dan C.G. Ritchie, dan pada tahun 1941 menciptakan serat polyester pertama yang disebut terylene.

Polyester pertama kali diperkenalkan ke Amerika tahun 1951. Dan disebut-sebut sebagai serat ajaib yang dapat dipakai selama 68 hari tanpa disetrika dan tetap terlihat sempurna.

Macam-Macam Kain Polyester

Kain polyester sendiri terdiri dari berbagai macam tipe. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri.

Polyethylene Terephthalate (PET)

Polyester ini biasa digunakan untuk membuat pakaian. Etilen glikol yang diekstraksi dari minyak bumi dicampur dengan asam tereftalat  menggunakan katalis antimon dan memiliki waktu produksi yang cepat. Untuk menjadi kain, bahan polyester disedot pada suhu tinggi di lingkungan vakum. PET polyester ini dapat didaur ulang.

Poly1,4-PCDT

Ini juga salah satu macam-macam kain polyester. Bahan polyester PCDT ini memiliki elastisitas yang lebih tinggi dari bahan polyester PET. Oleh karena itu, PCDT sering digunakan sebagai bahan dasar kain tekstil untuk gorden dan  furnitur.

Benang sintetis

Benang sintetis dapat digunakan untuk membuat serat sintetis lainnya. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat polyester ini adalah benang filamen, benang pintal, dan benang bertekstur yang mengalami proses khusus yang disebut spinning. Proses ini kemudian menghasilkan bahan polyester. Kain polyester sintetis ini  lebih mirip  kain alami daripada polyester lainnya.

Jenis Bahan Polyester

Macam-macam kain polyester juga terbagi berdasarkan bahannya,yang beberapa di antaranya merupakan hasil blending dengan jenis bahan lainnya, seperti katun dan sutra.

Bahan woven

Bahan ini memiliki permukaan yang kasar, tetapi halus saat disentuh. Bahan ini terbuat dari polyester rajutan yang digunakan untuk label pakaian.

Bahan PE

Bahan ini menggunakan 100% polyester, tidak dicampur dengan bahan apapun. Biasanya digunakan untuk garmen yang diproduksi secara massal, karena biaya produksinya relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kain katun.

Bahan Lacoste CVC Pique

Macam-macam kain polyester ini merupakan perpaduan antara polyester dan katun. Ciri-cirinya yaitu menyerap keringat karena berbahan kapas. Dan juga sangat awet karena merupakan campuran polyester.

Bahan Lacoste PE Pique

Bahan ini terbuat dari 100% polyester dan sering digunakan untuk membuat kaos berkerah atau polo t-shirt. Pada permukaan material ini sering terlihat rongga-rongga dengan ukuran yang  sama.

Karakteristik dan Sifat Bahan Polyester

Untuk lebih memahami macam-macam kain polyester, berikut ini akan diperkenalkan kepada kamu karakteristik dan sifat bahan polyester.

Tahan lama

Lebih tahan lama dibandingkan bahan lain, sehingga masa pakainya lebih lama. Tanpa mengurangi kondisi benang atau kualitas keseluruhan bahan polyester, kamu dapat memperoleh  kain yang tahan lama.

Hidrofobik

Hidrofobik dan cepat kering. Bahkan saat terkena air atau hujan, pakaian polyester mudah kering. Dengan adanya kemampuan ini, maka kamu bisa menggunakan bahan polyester untuk berbagai kegiatan outdoor khusus.

Tidak mudah kusut

Bahan polyester jarang kusut meskipun digunakan berulang kali. Berkat kemampuannya ini, bahan polyester tidak kusut dengan penggunaan biasa. Oleh karena itu, polyester adalah pilihan yang lebih disukai untuk dibuat sebuah kemeja.

Tahan terhadap panas tubuh

Polyester memiliki serat yang kuat, sehingga pakaian yang terbuat dari bahan ini akan menahan panas tubuh. Dengan kemampuan menahan panas, polyester sering digunakan untuk membuat pakaian khusus untuk musim dingin atau daerah pegunungan.

Baca Juga: Cara Membuat Logo Olshop yang Simple dan Mudah

Kamu bisa menggunakan macam-macam kain polyester ini untuk sarung bantal, gorden, sarung sofa, atau taplak meja. Untuk bahan polyester, jauhkan dari minyak dan losion, lalu hindari mencuci dan merendamnya dalam air panas.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Polyester

Seperti kain tekstil lainnya, polyester memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pelajari tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan polyester di bawah ini.

Kekurangan Polyester

Sama seperti jenis kain lainnya, polyester juga memiliki kekurangan.

Sirkulasi udara yang kurang baik

Kain polyester merupakan kain berbahan plastik dengan daya tahan terbatas. Ini berarti polyester tidak cocok untuk sprei atau  tempat tidur.

Mudah terbakar

Kain polyester mudah terbakar, sehingga harus disimpan jauh dari sumber api atau peralatan  bermuatan listrik. Tujuannya untuk mencegah meluasnya api jika alat tersebut korsleting dan terkena api.

Peka terhadap suhu

Pakaian polyester peka terhadap suhu. Jika kamu akan mencetak custom design pada kaos yang terbuat dari bahan ini, tentunya kamu harus berhati-hati agar tidak meleleh atau gosong.

Tidak bertekstur lembut

Macam-macam kain polyesterini tidak seperti kapas yang  lembut di kulit, polyester memiliki tekstur yang kasar. Bahan ini terkadang mengiritasi kulit sensitif.

Dapat menyebabkan iritasi

Proses pembuatan kain polyester menggunakan bahan kimia, sehingga bagi sebagian orang kain ini dapat menyebabkan iritasi yang tidak menyenangkan. Misalnya, gatal dan kemerahan pada kulit.

Kelebihan Polyester

Lalu, apa kelebihan dari kain ini?

Lebih tahan terhadap noda

Polyester tidak mudah menyerap air, yang juga berarti tidak mudah terkena noda.

Sangat ringan

Sifat ringan dari kain polyester menjadikannya pilihan yang disukai untuk dijadikan pakaian olahraga.

Tidak mudah menyusut

Memiliki daya susut yang relatif rendah. Meski sering dicuci, polyester tidak mudah menyusut dan warnanya  tidak  pudar.

Terjangkau

Karena berasal dari serat sintetis,  tidak sering mengalami fluktuasi. Beda halnya dengan serat alami seperti kapas yang sering mengalami fluktuasi.

Serbaguna

Produsen kain serba guna dapat dengan mudah memadukan polyester dengan serat lain untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dan mencapai produk akhir yang lebih baik.

Kain daur ulang

Kain polyester ini 100%  bisa didaur ulang, sehingga memperpanjang masa pakainya. Namun jika sudah tidak dipakai lagi sebaiknya jangan dibuang sembarangan karena tidak mudah rusak.

Perawatannya mudah

Tahukah Kamu bahwa kain polyester 100% dapat dicuci dengan mesin dan dapat dikeringkan dengan mesin cuci. Bahan ini juga tidak selalu perlu disetrika.

Itulah sahabat moselo beberapa macam kain polyesterbesertakelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kain tersebut. Kamu bisa memilih jenis kain ini apabila kamu mengetahui banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh kain ini.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences