Moselo
Moselo Journal

7+ Cara Bisnis Kain Moscrepe yang Mudah dan Menghasilkan

Posted on 11 Jun 2022
Share this post: 

Beberapa waktu ini tren kain moscrepe sebagai bahan dalam pembuatan jilbab maupun gamis, sedang naik daun. Dan secara otomatis, bisnis kain moscrepe juga memiliki peluang yang bagus. Artikel di bawah ini akan membahas ada sekitar 7+ cara bisnis kain moscrepe yang mudah dan menghasilkan.

Mengenal Keistimewaan Kain Moscrepe

kain moscrepe

Era kain dengan pemukaan halus dan lembut agaknya mulai bergeser. Banyak kalangan remaja saat ini yang lebih memilih kain jenis crepe (salah satunya adalah moscrepe) yang memiliki tekstur lebih berkerut atau seperti permukaan kulit jeruk.

Moscrepe adalah satu dari hanya sedikit jenis kain yang ditenun dengan alat tenun dobby. Mesin tenun dobby memberikan motif geometris yang tampak seperti butiran pasir. Juga memberikan efek seperti lumut.

Baca Juga: Cara Investasi yang Cocok Bagi Anak Milenial

Crepe sendiri diambil dari bahasa Perancis, yang memiliki arti ‘kerut’. Kerutan yang dimiliki jenis kain ini dihasilkan dari beragam jenis teknik tenun. Ada beberapa jenis kain crepe saat ini, bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Bubble Crepe, Jenis yang satu ini tekstur kulit jeruknya terlihat sangat jelas dan juga sangat terasa jika diraba. Selain itu juga punya karakteristik ringan dan jatuh.
  • Moss Crepe, atau biasa disebut moscrepe, memiliki tekstur yang unik. Terlihat seperti butiran pasir yang menempel pada permukaan kain dengan susunan yang rapi. Disamping itu kain crepe yang satu ini juga tebal dan seratnya rapat, sehingga sangat cocok untuk gamis dan jilbab.
  • Arabian Crepe, Secara karakteristik hampir sama dengan jenis moscrepe, namun dengan sedikit kuailtas yang lebih unggul, ibratanya ini versi premium untuk moscrepe.
  • Woll Crepe, memiliki tekstur kulit jeruk yang paling tipis atau halus, seratnya yang rapat, dan kainnya tidak elastis.
  • Crezia Crepe, teksturnya lebih mirip obyek wajik dan lebih transparan dibandingkan dengan jenis moscrepe.
  • Diamond Italiano, memiliki tekstur kulit jeruk yang jelas, transparan, dan cenderung tipis.
  • Diamond Georgette, mirip dengan jenis Diamond Italiano, namun untuk teksur kulit jeruknya lebih samar.

Untuk jenis yang kita bahas dalam artikel ini, yakni moscrepe, memiliki beberapa keistimewaan berikut ini:

  • Tebal Tapi Ringan

Dari kesemua jenis crepe, jenis moscrepe di samping tebal juga lebih ringan dari selainnya. Karakteristik seperti ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan gamis. Digunakan dengan berbagai aksesoris lain juga akan tetap tidak berat.

  • Lentur

Jenis kain crepe pada umumnya tidak memiliki fleksibilitas atau cenderung kaku. Namun hal ini berbeda dengan jenis moscrepe, ia memiliki kelenturan baik secara horizontal maupun vertikal. Sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

  • Tidak Melekat di Badan

Mengapa kain moscrepe begitu diminati oleh kalangan muslimah, karena sifat yang tidak melekat di badan, sehingga tidak membentuk lekukan badan, adalah salah satu alasannya. Selain itu juga karakter jatuhnya yang membuat gamis atau pakaian tampak elegan digunakan.

  • Tidak Panas

Tekstur yang cenderung kasar dan juga tebal pada kain jenis moscrepe, sering dianggap menjadi penyebab terasa panas saat digunakan. Ini memang benar, namun kita bisa melapisinya dengan bahan furing yang dingin pada bagian dalamnya, sehingga tetap keren tanpa ada masalah panas ketika digunakan.

  • Tidak Mudah Kusut

Moscrepe terbuat dari benang rayon, dan karakter dari jenis benang yang satu ini adalah tidak mudah kusut, sehingga pakaian yang terbuat dari moscrepe tidak perlu sering disetrika. Terlalu sering disetrika juga bisa berakibat buruk pada kain moscrepe.

7+ Cara Bisnis Kain Moscrepe Yang Mudah dan Menghasilkan

Dengan melihat banyak sekali keunggulan atau ke istimewaan dari kain moscrepe, maka kamu bisa mendapatkan peluang untung ketika berbisnis kain moscrepe. Untuk ide bisnisnya, di bawah ini setidaknya ada 7+ cara bisnis kain moscrepe yang mudah dan menghasilkan.

  • Memahami Kebutuhan Pasar

Setiap pengusaha sukses pasti akan melakukan langkah pertama ini. Produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar adalah produk yang pasti akan laku. Sehingga otomatis, jika kita begitu saja memunculkan produk tanpa melakukan riset akan kebutuhan pasar, maka produk kita berpotensi besar bakal tidak laku.

  • Mengetahui Berbagai Jenis Kain Crepe

Setelah kamu memantapkan diri untuk memulai bisnis yang berbasis kain moscrepe, maka pemahaman akan produk adalah hal yang wajib dilakukan. Kita telah mengetahui pada pembahasan di atas, bahwa moscrepe adalah salah satu dari sekian jenis kain yang disebut crepe.

Memiliki wawasan dan bisa membedakan masing-masing jenis kain crepe akan sangat berguna dalam proses operasional pemasaran bisnis kain moscrepe. Baik dalam bentuk bahan mentah atau sudah menjadi produk seperti pakaian ataupun jilbab.

  • Memahami Rantai Supplier Kain Moscrepe

Jika ingin cara bisnis kain moscrepe yang mudah dan menghasilkan, maka pastikan rantai supplier bahannya terjaga. Kamu harus melakukan riset produsen atau supplier lebih dari satu tempat, agar jika ada persoalan di satu supplier sedangkan permintaan konsumennya tidak bisa ditunda, maka kamu masih bisa mengandalkan supplier satunya.

  • Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Moscrepe

Sebenarnya tidak ada produk yang tidak memiliki kelemahan. Dan mengetahui kelemahan dari produk bisa memunculkan ide untuk mengatasi atau mencari solusi atas kelemahan tersebut. Jangan sekali-kali mencoba menutupi kelemahan itu kepada konsumen dengan maksud hendak mengelabuhinya.

Baca Juga: Step by Step Cara Daftar UMKM Online di OSS.GO.ID

Sementara mengenal kelebihan dari produk, akan membuat kita bisa menyampaikan dengan tepat apa yang bisa menarik hati konsumen untuk membeli kain atau produk moscrepe yang kita miliki.

  • Menjual Kain Moscrepe Berupa Bahan Mentah

Menjual kain moscrepe dalam bentuk bahan mentah adalah salah satu dari 7+ cara bisnis kain moscrepe yang mudah dan menghasilkan. Mudah karena kamu tidak perlu menjalankan tahap produksi bahan jadi terlebih dahulu.

Jualan moscrepe dalam bentuk kain belum diolah, memang akan membutuhkan modal yang bisa dibilang lebih besar jika dibandingkan dengan menjual produk moscrepe dalam bentuk produk jadi. Kelengkapan bahan kain moscrepe akan menjadi daya tawar yang bagus bagi para pengrajin kain moscrepe untuk membeli di toko kamu.

  • Menjual Pakaian Berbahan Moscrepe

Pakaian atau gamis berbahan dasar moscrepe saat ini cukup banyak peminatnya. Jika kamu ingin berbisnis yang mudah dan menghasilkan, kamu bisa mengambil peluang ini. Dengan media social yang kamu miliki, kamu bisa menjual gamis dan pakaian berbahan moscrepe ke teman atau follower kamu.

  • Menjual Jilbab Berbahan Moscrepe

Cara bisnis yang terakhir ini bisa jadi adalah salah satu dari 7+ cara bisnis kain moscrepe yang mudah dan menghasilkan dengan modal minimalis. Secara harga, jilbab tentu lebih murah dibandingkan dengan pakaian ataupun gamis.

Jadi kamu hanya perlu membeli semua varian dari jilbab berbahan kain moscrepe, namun masing-masing satu saja untuk contoh dan foto produk. Pastikan juga kamu mempertimbangkan harga grosir sebagai acuan dalam penetapan harga nantinya.

7+ cara bisnis kain moscrepe yang mudah dan menghasilkan diatas bisa sahabat moselo dalami lagi. Karena mengetahui terlebih dahulu seluk beluk produk dan sistem bisnisnya akan memberikan peluang kesuksesan yang lebih besar. Yang jelas dengan meningkatnya popularitas kain moscrepe saat ini, menjadikan peluang bisnis ini sangat layak untuk diambil.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences