Moselo
Moselo Journal

5 Motif Kain Maxmara Paling Cocok Untuk Hijaber, Pasti Laris Manis!

Posted on 30 Mei 2022
Share this post: 

Tahukah kalian jenis kain maxmara? Ternyata kain ini cocok untuk para hijaber loh.

Kain maxmara merupakan kain yang cukup terkenal di pasaran dengan karakteristiknya yang mirip dengan kain satin. Bahan maxmara memiliki tekstur yang lembut, adem, serta nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Bahan maxmara sendiri memiliki nama yang diambil dari rumah mode dunia yang populer dengan keindahan pakaian yang dibuatnya.

Walaupun kain maxmara memiliki kemiripan dengan kain satin, namun kedua kain ini sebenarnya memiliki beberapa perbedaan. Bahan maxmara terasa licin, ringan, dan jatuh saat digunakan. Bahan kain ini tipis namun tidak menerawang. Tekstur kain ini terasa lembut dan adem dengan permukaan yang berkilau atau cenderung doff. Serat kain ini lebih rapi dari kain satin serta terasa nyaman saat digunakan.

Bahan maxmara memiliki berbagai macam jenis dengan motif yang cantik-cantik. Berbagai jenis kain maxmara yang beredar di pasaran tersebut memiliki berbagai keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda yang dapat kamu simak pada artikel ini.

Jenis Kain Maxmara untuk Para Hijaber

kain maxmara

Sebelum masuk ke dalam berbagai motif dan jenis bahan maxmara, ada baiknya kita mengetahui beberapa keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh jenis kain ini. Berikut akan kami uraikan mengenai keunggulan dan kelemahan kain ini.

Keunggulan Kain Maxmara

Yuk, cek dulu apa saja keunggulan kain maxmara!

Tekstur permukaan lembut

Bahan maxmara terasa lembut di kulit sehingga akan memberikan kenyamanan bagi si pemakai.

Tampilan elegan

Kain ini memiliki ciri bahan yang berkilau namun cenderung doff sehingga akan memberikan kesan elegan pada pakaian dengan bahan jenis ini.

Variasi warna yang beragam

Warna kain ini sangat beragam sehingga dapat dikreasikan menjadi berbagai macam jenis pakaian. Sangat menyenangkan bukan? Kamu jadi bisa bebas untuk berkreasi.

Sifat kain licin, jatuh, serta tipis

Keunggulan lain yang menjadi daya tarik utama bagi kaum hawa yaitu sifat kain ini yang terasa licin, jatuh, dan termasuk kain yang tipis. Sehingga memberi kenyamanan dan indah bagi pemakainya. Walaupun bahan maxmara tipis, namun tenang saja. Kain ini tidak transparan karena seratnya yang cenderung rapat.

Kelemahan Kain Maxmara

Kain maxmara juga punya kekurangan loh! Apa saja?

Kain cukup sulit untuk dijahit

Kain dengan karakteristik licin ini membuat jenis kain ini menjadi sulit untuk dijahit dengan detail. Jika kamu seorang penjahit maka diperlukan kehati-hatian ekstra saat hendak menjahit menggunakan bahan yang satu ini agar tidak merusak bahan seratnya.

Larangan mencuci dengan mesin cuci

Bahan maxmara diperlukan pemeliharaan yang cukup ekstra agar tetap awet dan tahan lama. Salah satunya dengan menghindari penggunaan mesin cuci saat proses pencucian, melainkan disarankan mencuci dengan cara manual atau menggunakan tangan sehingga pakaian kamu menjadi awet.

Motif Kain Maxmara

kain maxmara

Para hijaber yang paham dengan mode pasti tidak asing dengan jenis kain maxmara. Kain ini sudah cukup sering digunakan pada berbagai macam pakaian muslim khususnya untuk para hijaber. Namun, ternyata kain maxmara memiliki beberapa jenis dengan motif yang berbeda loh.

Yuk, simak uraiannya berikut ini.

  1. Maxmara lokal

Kain maxmara lokal merupakan jenis bahan maxmara dengan karakteristik seratnya yang tebal, permukaan mengkilap, dan cenderung berwarna doff. Kain ini memiliki berbagai motif atau polosan yang beredar di pasaran. Dengan sifat kainnya yang tidak menempel pada tubuh dan tidak transparan dengan bobot yang cenderung sedikit lebih berat.

Baca Juga: Bosen Jadi Karyawati? 5 Ide Bisnis Kreatif Ini Cocok Banget Buat Kamu Loh

Bahan maxmara lokal sering digunakan pada pembuatan bahan dasar gamis atau rok, dan tidak perlu menambahkan furing lagi karena tidak transparan. Selain itu, jenis bahan maxmara lokal juga sering digunakan sebagai khimar atau hijab.

Jika dibandingkan dengan jenis kain maxmara yang lain, maxmara lokal cenderung memiliki harga yang relatif lebih murah. Meski demikian, kualitas dari kain ini juga terbilang masih bagus.

2. Maxmara lux

Kain maxmara lux memiliki perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan jenis bahan maxmara lainnya, yaitu memiliki serat kain yang lebih terlihat jelas. Selain itu, bahan maxmara lux memiliki karakteristik yang paling lembut, paling jatuh, adem, serta warna bahannya yang terlihat paling doff.

3. Maxmara galaxy

Kain maxmara galaxy memiliki karakteristik bahan yang lebih kaku serta warna yang cenderung lebih mengkilau jika dibandingkan dengan maxmara lux. Bahan maxmara galaxy akan membuat pemakainya terasa nyaman saat mengenakan pakaian dari bahan ini karena serat bahan kainnya yang tidak terlihat.

4. Maxmara pure italiano

Maxmara pure italiano merupakan salah satu jenis bahan maxmara premium. Kain ini terasa lembut, tipis, jatuh, berkilau, dan lebih ringan daripada maxmara lokal. Karena kainnya yang tipis diperlukan penambahan furing saat hendak membuat pakaian dari jenis kain ini karena transparan.

5. Maxmara silk

Maxmara silk merupakan jenis kain maxmara yang paling premium atau bisa dibilang yang terbaik. Bukan tanpa alasan bahan maxmara high quality ini disebut paling premium karena kain ini ringan, berkilau, adem, serta terasa paling lembut di kelas maxmara.

Sayangnya, jenis kain maxmara silk memiliki kelemahan yaitu bahan kainnya terawang dan cukup menempel pada kulit tubuh. Oleh karena itu, jika hendak menggunakan kain ini untuk dibuat pakaian sebaiknya ditambah dengan furing sebagai pelapis.

Baca Juga: 10 Alat Membuat Batik, Warisan Budaya yang Generasi Milenial Perlu Tahu

Setelah tahu jenis-jenisnya, motif maxmara di bawah ini bisa jadi referensi hijab kamu.

Motif Bunga

kain maxmara

Kain maxmara dengan motif bunga kecil sangat pas dijadikan sebagai bahan hijab kamu. Karena motif ini akan menambah kesan cantik dan anggun bagi pemakainya.

Motif Tiara

kain maxmara

Kalau motif yang satu ini, bisa kamu jadikan sebagai baju muslim couple loh! Kalau kamu ingin membuat baju couple, sebaiknya pilih motif yang unisex serta warna yang cocok digunakan untuk pria dan wanita.

Motif Vanila Hijab

kain maxmara

Ada lagi motif vanila hijab yang cocok untuk kamu. Motif ini agak sedikit ramai dengan motif bunga besar dan garis simetris, namun tetap menampilkan kesan elegan bagi pemakainya.

Motif Sultan

kain maxmara

Kalau kamu suka dengan motif yang ramai dan mewah, kamu bisa mencoba kain maxmara motif sultan. Saat ini, motif ini sedang ramai di pasaran dan cocok untuk digunakan di acara-acara penting seperti pesta pernikahan.

Motif Kalina

kain maxmara

Motif selanjutnya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi adalah motif kalina. Motif ini sedikit ramai, dengan motif besar dan kecil yang simetris di bagian atas dan bawahnya.

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih motif yang mana, ada baiknya kamu sesuaikan terlebih dahulu dengan momen ketika kamu memakainya. Dengan begitu kamu bisa menentukan motif yang tepat.

Demikian sahabat moselo informasi mengenai kain maxmara beserta jenis dan motifnya. Sekarang sudah tahu bukan bahwa ada banyak jenis dan motif kain maxmara? Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengatahuan kamu mengenai bahan maxmara.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences