Moselo
Moselo Journal

Macam-Macam Kain Brokat Terbaru

Posted on 12 Jun 2022
Share this post: 

Jika berbicara kain brokat, maka yang terlintas dalam pikiran kita kebanyakan adalah kebaya. Memang benar, kain jenis ini banyak diaplikasikan pada pakaian kebaya. Jika kamu ingin mengenal berbagai macam jenis brokat, maka kamu tidak salah membaca artikel ini. Berikut penjelasan macam-macam kain brokat terbaru.

Macam-Macam Kain Brokat Terbaru

kain brokat terbaru

Hal yang menjadi ciri khas dari kain brokat adalah beragamnya motif yang menarik di dalamnya. Keindahan berbagai motifnya itu, membuat pakaian dengan kain brokat banyak digunakan untuk kegiatan seperti pernikahan atau kegiatan formal lainnya.

Baca Juga: 7+ Cara Bisnis Kain Moscrepe yang Mudah dan Menghasilkan

Ada cukup banyak jenis atau macam dari kain brokat yang bisa menjadi referensi buat kamu jika ingin membeli dan menggunakan kebaya atau pakaian dari brokat, berikut di bawah ini macam-macam kain brokat terbaru.

  • Kain Brokat Biasa

Yang pertama dari berbagai macam-macam kain brokat terbaru adalah kain brokat biasa. Jenis kain brokat yang satu ini sangat mudah ditemui di pasar-pasar lokal. Banyak sekali peminat brokat jenis ini karena harganya yang relatif sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Kelemahan dari kain brokat biasa adalah keterbatasn akan motif dan juga warnanya. Jika kamu membutuhkan brokat untuk acara yang sifatnya formal atau moment spesial lainnya, kamu bisa menggunakan jenis kain brokat selainnya, seperti prada, Perancis, Itali, dan selainnya.

  • Kain Brokat Perancis

Jika kebanyakan jenis brokat perlu dilapisi dengan tamabahan kain lainnya, dikarenakan tipisnya kain brokat, maka kain brokat Perancis tidak memerlukan kain tambahan karena kerapatan motif kainnya paling tinggi diantara jenis brokat lainnya.

Kain brokat Perancis dikenal dengan tekstur permukaan yang lembut, tidak panas, serta moti yang lebih rapat dari selainnya. Disamping itu juga, kain brokat Perancis ketika dipakai tidak menimbulkan efek gatal sebagaimana kain brokat pada umumnya.

Dengan keungulan seperi diatas, maka wajar saja jika kain brokat Perancis dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari jenis brokat yang selainnya.

  • Kain Brokat Semi Perancis

Jika brokat Perancis terlalu mahal buat kamu, maka kamu bisa memilih brokat semi Perancis. Perbedaan kualitas di antara keduanya adalah pada tekstur kainnya. Brokat semi Perancis memiliki tekstur yang cenderung kaku.

Banyak perancang busana yang justru memilih brokat semi Perancis dikarenakan teksturnya yang cenderung kaku. Tekstur seperti ini memiliki kelebihan tersendiri, yakni mudah dijahit dan lebih kuat.

  • Kain Brokat Prada

Macam-macam kain brokat terbaru berikutnya adalah jenis prada. Brokat yang satu ini memiliki keunggulan pada motifnya terasa timbul namun teksturnya tetap halus. Banyak juga yang menjadikan jenis brokat yang satu ini sebagai kebaya dikarenakan dua alasan tersebut.

Untuk harganya sangat beragam tergantung bagaimana pola corak motifnya dan tingkat kehalusan bahan. Brokat prada sudah bisa kamu jumpai di berbagai toko kain yang ada di perkotaan.

  • Kain Brokat Itali

Motif payet dan bordir adalah hal yang menjadi kekhasan dari brokat Itali. Jika kamu ingin brokat dengan tambahan payet dan bordir, pilihan yang tepat adalah langsung membeli brokat jenis Itali dibandingkan harus mengguakan brokat jenis lain dan harus ditambahkan sendiri payet dan bordir yang diinginkan.

  • Kain Brokat Jepang

Selanjutnya adalah brokat Jepang, termasuk jenis kain brokat terbaru yang halus, namun masih di bawahnya brokat Perancis. Hal yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan jenis brokat selainnya adalah motif bunganya yang besar dan menyebari ke seluruh bagian kain.

Motif bunga yang besar memiliki peminat yang banyak, karena sangat menarik jika diaplikasikan pada kebaya untuk pestas pernikahan atau acara wisuda. Ukuran kain dari brokat Jepang ini tidak begitu lebar sebagaimana kain brokat Perancis.

  • Kain Brokat Corneli

Jenis brokat yang satu ini juga tidak kalah menarik dari jenis brokat selainnya. Memiliki kesamaan dengan brokat Itali, yakni dalam hal motif bordirnya. Namun yang membedakan adalah kerapatan bordir yang dimiliki brokat corneli lebih rapat dibandingkan brokat itali.

Kerapatan bordir dari brokat corneli ini menjadikan pemakai gaun yang berbahan kain brokat terbaru jenis ini akan merasa berat dalam memakainya. Namuan bagi seorang wanita yang sudah jatuh cinta pada motif elegan yang dimiliki oleh brokat corneli, berat ketika memakainya sudah tidak akan menjadi masalah lagi.

  • Kain Brokat Tille

Dari macam-macam kain brokat terbaru yang sudah dibahas diatas, brokat tille adalah brokat yang paling ringan ketika digunakan. Hal ini karena tipis dan halusnya permukaan kain brokat tille. Walaupun tipis dan halus, namun kain brokat tille cukup kuat.

Bagi kamu yang ingin membuat baju keluarga dengan anggaran yang minim, maka pilihan kain brokat tille adalah yang kami rekomendasikan. Kamu bisa memiliki seragam kebaya elegan untuk satu keluarga dengan harga yang terjangkau.

  • Kain Brokat Tille 3D

Sebenarnya bahan yang digunakan untuk jenis brokat terbaru tille 3D adalah sama dengan brokat tille biasa, dengan kekhasan tekstur lembut dan cukup ringan ketika digunakan. Hal yang membedakan adalah tambahan bentuk bunga yang mengkuti motif kain dasarnya dan tampak timbul, sehingga dinamakan brokat tille 3D.

Selain motif bunga, biasanya brokat terbaru jenis ini juga ada tambahan payet pada motifnya, sehingga tampak lebih cantik dibandingkan dengan brokat tille biasa.

  • Kain Brokat Suppert

Biasanya kain brokat umumnya tidak ada yang bertekstur lentur atau melar, namun jenis kain brokat yang satu ini memang lain daripada jenis brokat manapun. Ia tampak seperti kaos denim yang cukup lentur dan bisa melar.

Jika ingin membuat kebaya yang bisa menyesuaikan bentuk tubuh penggunanya, maka kain brokat terbaru jenis ini adalah pilihan utamanya. Dengan karakter seperti itu, maka kenyamanan ketika menggunakan adalah keunggulan kompetitif dari kain brokat suppert.

Soal motif, kain brokat suppert juga tidak kalah menarik dari jenis kain brokat lainnya yang memiliki motif-motif menarik. Brokat suppert tidak hanya cocok untuk kegiatan formal, kegiatan non formal juga bisa nyaman untuk digunakan.  

Baca Juga: Cara Investasi yang Cocok Bagi Anak Milenial

Satu hal yang perlu dipahami dari macam-macam kain brokat terbaru di atas, adalah keindahan corak yang dimiliki akan sangat mempengaruhi harga jualnya. Kain brokat biasa dijual dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per meternya.

Agar kain brokat yang kamu miliki bisa awet tahan lama, maka ada beberapa tips untuk merawatnya, seperti jangan terlalu seirng dicuci, jangan menggunakan mesin cuci, untuk menghilangkan noda cukup dengan jeruk nipis (menggunakan detergen khusus penghilang noda justru akan membuat kain cepat rusak), dan saat menyetrika gunakan lapisan pelindung agar tidak rusak karena panas berlebih.

Demikian informasi sahabat moselo mengenai macam-macam kain brokat terbaru. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu. Pilih dan belilah barang sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangan kamu, itulah cara berbelanja secara bijak.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences