Moselo
Moselo Journal

20 Jenis Kain Katun Terbaik yang Digunakan Industri Fashion Terkini

Posted on 20 Des 2021
Share this post: 
20 jenis kain katun

Dunia industri fashion saat ini sudah mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat. Ada banyak jenis kain yang bisa digunakan untuk membuat baju atau kelengkapan fashion. Misalnya saja ada beberapa jenis kain katun yang bisa digunakan untuk membuat pakaian.

20 Jenis Kain Katun yang Saat Ini Ada di Pasaran

Ada beberapa jenis kain yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai macam jenis trend pakaian. Salah satu bahan bisa dijadikan pilihan adalah kain katun. Dibawah ini adalah beberapa jenis kain katun bisa dijadikan referensi bagi yang sedang cari rekomendasi kain terbaik.

Katun Linen

Jenis kain katun pertama yang bisa Anda jadikan pilihan ketika membuat pakaian adalah katun linen. Dengan tekstur yang terasa lembut dan dingin ketika digunakan. Tidak heran jika memang harganya juga cukup mahal. Nyaman untuk digunakan pada pakaian casual seperti kemeja pria atau wanita.

  1. Katun Rayon

Selanjutnya adalah katun rayon. Jenis kain katun rayon memang terbuat dari serat semi sintetis dan gabungan dari polimer organik. Menghasilkan tekstur yang dingin dan nyaman untuk digunakan. Selain itu cara perawatannya juga tidak terlalu rumit. Itulah mengapa rayon dipakai untuk pembuatan mukena.

  1. Katun Jepang

Rekomen selanjutnya yang bisa digunakan adalah jenis kain katun jepang. Ciri khas yang paling terlihat dari katun Jepang adalah lembut dan memiliki motif glossy dan colourful. Tak heran jika harganya memang relatif mahal dan selalu ada kode khusus yakni “Japan Design”.

  1. Katun Combed

Katun combed menjadi salah satu jenis kain katun selanjutnya biasa digunakan oleh konveksi. Terbuat dari benang yang diproses dengan cara khusus. Kain terasa lebih halus dan lembut karen serat-serat panjangnya dipintal menjadi benang. Itulah mengapa combed juga aman untuk baju anak-anak.

  1. Katun Flanel

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis satu ini. Bahan yang biasanya digunakan membuat kemeja dengan motif kotak-kotak. Ciri khasnya adalah memiliki tekstur tebal dan berbulu lembut. Sehingga sangat nyaman digunakan. Cocok untuk penghangat saat cuaca hujan dan musim dingin.

  1. Katun Denim

Meski jika dilihat nampak seperti jeans sebenarnya keduanya tidak sama. Jenis kain katun denim terbuat dari benang anyam dengan proses dinamakan twill. Dengan pola twill membuat bahan bisa digunakan untuk membuat berbagai fashion seperti rok, celana, jaket, dan masih banyak lagi.

  1. Katun Spandek

Jika mencari jenis kain katun yang elastis dan dapat diregangkan maka spandek bisa menjadi solusinya. Terbuat dari campuran serat kapas sintetis yang stretch sehingga membuatnya punya daya elastis cukup tinggi. Tidak terlalu press body ketika digunakan untuk pakaian sehari-hari.

  1. Katun Supernova

Hampir semua fashion seperti baju, gamis, jilbab sampai dengan celana di pasaran menggunakan jenis kain katun supernova. Jenis katun satu ini memiliki permukaan serat bahan yang tampak terburai. Sangat ringan dan jatuh sehingga membuat penampilan makin cantik dan menawan.

  1. Katun Ima Polos

Jenis kain katun ima sepertinya menjadi salah satu kelompok yang namanya masih sedikit asing. Serat katun satu ini lebih rapi dan tidak berserabut. Bahkan halusnya juga melebihi supernova. Senangnya lagi harga dari bahan katun ini tidak terlalu mahal. Masih terjangkau untuk digunakan pada pembuatan produk fashion.

  1. Katun Madinah

Selanjutnya ada katun madinah yang bila dijabarkan secara detail kualitasnya setingkat lebih tinggi dari katun supernova. Harganya memang lebih mahal namun dari segi tekstur tidak licin dan mudah dibentuk. Saat dikenakan kain akan jatuh ke kulit, terasa halus dan tidak gatal.

  1. Katun Toyobo

Katun Toyobo juga menjadi rekomendasi jenis kain katun yang memiliki kualitas bagus namun harga terjangkau. Seratnya tidak menerawang sehingga cocok digunakan pada pakaian formal maupun non formal. Bahkan untuk pakaian santai pun juga masih bagus dan nyaman.

  1. Katun Silk

Katun silk yang terbuat dari campuran sutra polyester juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Ciri khasnya yakni dengan bahan ringan dan licin bisa membuat siapapun yang menggunakannya jadi lebih senang. Permukaannya yang mengkilap siap buat penampilanmu jadi elegan.

  1. Kain Katun Ima Slub

Kain katun ima slub adalah salah satu diantara jenis kain katun yang memiliki ciri khas berserat dan pola garis saling bersilangan. Meski sekilas tampak seperti jenis linen namun dari segi tekstur memang jauh lebih halus. Biasanya jenis kain katun satu ini untuk material utama pembuatan jilbab.

  1. Kain Katun Ima Royal Platinum

Jika mencari jenis kain katun dengan karakteristik ringan dan halus maka ima royal platinum adalah pilihan paling tepat. Dengan motif kain kotak-kotak kecil pada permukaan menjadi salah satu ciri khas paling mudah dilihat dari ima royal platinum. Namun serat-seratnya sedikit menerawang.

  1. Kain Katun Toyobo Original Import

Setelah itu ada lagi jenis kain katun toyobo tipe original import. Karakteristiknya tidak kaku, halus dan tidak menerawang juga. Selain itu teksturnya juga dingin sehingga kain sedikit licin. Kualitasnya masuk ke dalam kelompok premium sehingga harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan lainnya.

  1. Kain Polos Tokai Senko

Jenis kain katun lainnya adalah polos tokai senko. Kain tersebut merupakan salah satu spesifikasi yang cukup bagus karena berasal dari sebuah pabrik lokal. Bahkan sudah ada lisensi dari Jepang yang dimilikinya. Karakteristik bahan cukup tebal, warna juga tahan lama dan memiliki tekstur halus.

  1. Kain Katun Paris

Katun paris menjadi salah satu kain dengan kualitas baik. Secara karakteristik katun paris memang ringan dan tipis sehingga tampak seperti katun biasa. Bahan satu ini sering dijadikan untuk material utama pembuatan gamis syar’i dan jilbabnya juga.

  1. Kain Katun Bangkok

Masih ada lagi jenis kain katun lain yang bagus dan berkualitas untuk memproduksi macam-macam produksi fashion. Kain katun ini memiliki karakter agak kasar dan lebih tipis saat disandingkan dengan katun lainnya. Biasanya bahannya cocok untuk membuat kemeja atau blouse.

  1. Kain Katun Minyak

Dikenal dengan ciri khas yang mengkilap layaknya minyak, katun minyak memang lebih mengkilap namun tetap halus dan lembut. Daya serap keringatnya sangat baik untuk daerah tropis, namun nantinya ini akan mudah luntur selama beberapa kali selama proses pencucian.

  1. Kain Katun Biasa

Terakhir adalah kain katun jenis biasa. Dari segi kualitas maupun harga bagus namun tidak terlalu bagus juga. Jadi jika ingin membuat baju namun modal pas-pasan maka katun biasa bisa jadi pilihannya. Hasil akhir juga tidak terlalu mengecewakan asalkan ide dan konsep sesuai.

Itulah berbagai macam jenis kain katun yang biasa ada di pasaran konveksi. Jika Anda sedang mencari referensi produk fashion dengan bahan wollycrepe , maka cobalah untuk datang ke laman Moselo. Kami merupakan marketplace khusus industri kreatif dengan berbagai produk kerajinan karya anak negeri.

Ada banyak referensi model pakaian maupun aksesoris dengan menggunakan bahan kain katun untuk membuat penampilan anda jadi makin cantik dan menarik.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences