Moselo
Moselo Journal

20 Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Kamu 2-5 Kali Lipat, Terbukti

Posted on 28 Des 2021
Share this post: 
20 ide Kreatif untuk meningkatkan penjualan

Kunci bisnis menjadi sukses adalah memiliki ide kreatif untuk meningkatkan penjualan, pastinya hal ini akan berjuang untuk dapat keuntungan signifikan nantinya. Namun, tidak semua perusahaan bisa melakukannya, hal seperti ini tidak semudah bayangan. Harus ada ide kreatif untuk meningkatkan penjualan agar tidak mengalami kebangkrutan.

20 Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Di era new normal persaingan bisnis semakin berat dari hari kehari, jangan sampai fokus Kamu terpecah. Atau malah melakukan cara yang konvensional, itupun belum ada jaminan mendongkrak nilai produk. Semakin bagus Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan bisa mendapatkan pasar yang lebih luas.

Untuk permasalah persaingan sebuah badan usaha harus mempunyai team marketing memang sudah mengenal pasar sasarannya. Ada beberapa pendapat mengatakan keberhasilan suatu usaha karena ada team yang hebat. Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. apa saja simak penjelasanya dibawah ini:

1. Pertahankan Pelanggan Tetap

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang pertama, banyak sebuah bisnis selalu berfokus kepada pelanggan baru, dan yang lama dilupakan. Alih- alih mendapatkan keduanya malah pihak yang sudah dulu menggunakan produk kamu pergi begitu saja.

Maka demikian seharusnya memfokuskan kepada pelanggan yang lama dengan begitu mereka akan setia memakai produk anda. Dan bisa saja merekomendasikan barang kepada kerabat terdekat atau rekan bisnis lainnya.

2. Melakukan Inovasi Produk

Inovasi kepada produk merupakan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang efektif. Karena, tidak dipungkiri banyak bisnis sudah nyaman dan tidak akan merubah suatu barang yang dijual. Padahal hal ini sangat harus dilakukan, sebab tidak semua orang suka dengan barang monoton.

Jika sudah begitu banyak konsumen yang akan meninggalkan produk yang tidak ada inovasinya sama sekali. Alangkah baiknya memang sebuah bisnis harus melakukan inovasi agar penjualan mendapatkan kenaikan.

3. Belajar dari Kompetitor

Bisnis juga perlu belajar dari kompetitor untuk mendongkrak usaha, pelajaran yang bisa diambil mulai bagaimana inovasi, promosinya hingga menaikan nilai produksi. Untuk itu, tidak harus saling bermusuhan ada baiknya sesama pebisnis harus saling support.

Banyak yang bertanya kenapa harus belajar dari kompetitor, sebab Kamu bisa mengambil ilmu menjadi naik level. Bisa juga malah mengetahui kesalahan apa yang menyebabkan bisnis Kamu tidak ada kemajuan.

4. Gencar Berpromosi Melalui Media Sosial

Media sosial hampir semua orang telah memakainya, karena itu Kamu bisa memanfaatkan berbagai marketplace untuk menunjukan bisnis anda. Buatlah konten yang sekiranya menjadi daya tarik dan dikenal masyarakat.

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan melalui promosi di media sosial, bisa dengan giveaway atau kontes. Siapa yang tidak suka hadiah pasti semua menginginkannya ini menjadi dongkrakan brand anda.

5. Perbarui Website Bisnis

Agar lebih dikenal di tengah- tengah perkembangan zaman ini, para pebisnis harus mempunyai website. Jika sudah memiliki sebelumnya Kamu bisa memperbarui dengan tampilan yang lebih modern.

Dalam pembaruan website Kamu harus memasukan informasi yang jelas agar para pembeli mempercayai produk yang Kamu berikan. Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan satu ini memang ampuh memikat konsumen.

6. Mengadakan Diskon/ Potongan Harga

Siapa yang tidak suka barang- barang yang diinginkan lagi mengadakan diskon, tentunya semua orang gemar belanja akan menyukainya. Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan seperti inilah sering dilakukan pelaku bisnis.

7. Memainkan Harga dengan Cicilan

Masih bermain dengan angka, banyak sekali penjual yang mampu memberikan cicilan pada produknya. Banyak orang yang memang sering ingin memiliki suatu barang tapi tidak mempunyai cukup uang, inilah ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang menarik.

8. Memberikan Uji Coba/ Free Trial

Sales yang ada di depan sebuah usaha akan menawarkan produk dengan bisa memberikan uji coba. Contohnya menawarkan teh, Kamu bisa merasakan dulu di cangkir kertas yang biasanya disediakan oleh penjual, ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang cemerlang bukan.

9. Beli satu dapat satu ( Buy 1 Get 2 )

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dari team marketing ini terbukti memang sangat ampuh. Cara ini kerap dilakukan di toko Alfamart, Indomart, Matahari Mall, dan masih banyak lagi, tak salah Kamu mencoba melakukanya.

10. Bonus Gratis 1 untuk Pembelian Jumlah Tertentu

Sistem promosi dengan gagasan marketing umumnya bisnis kuliner, banyak pelaku usaha mendapatkan keuntungan yang signifikan. Biasanya dengan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan perlahan lahan omset akan naik.

11. Hadiah Voucher

Ide kreatif ini yang sering dilakukan pihak minimarket atau departement store, dalam pembelian dengan jumlah tertentu. Bisa mendapat voucher untuk ditukarkan barang atau potongan harga, terbukti omset bisnis tersebut meningkat.

12. Penjualan Secara Paket

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang selanjutnya, Kamu bisa berjualan secara paket agar konsumen tidak mampu untuk memilih salah satunya. Jika menggunakan cara seperti itu produk yang awalnya tidak terjual dengan baik bisa sama rata dengan barang yang populer.

13. Konsultasi Gratis dan Barang Gratis

Anda menawarkan jasa agar banyak peminatnya harus mencoba ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa menjual produk dan layanan dengan gratis terlebih dahulu kepada calon pembeli.

14. Penggunakan SMS Penjualan

SMS atau bisa disebut Short Message Service dikatakan sarana penjualan dengan menggunakan ini akan meningkatkan jumlah konsumen. Memang sekarang banyak media sosial yang sudah aktif promosi, tapi cara ini masih banyak pemakai.

15. Menggunakan Promosi Iklan Video yang Menarik

Jika pada zaman sebelum adanya jaringan internet orang sangat tertarik dengan iklan, tapi sekarang sudah canggih melihat video sudah banyak yang menawarkan produk yang unggulan tentunya visualnya yang menarik.

16. Kolaborasi dengan Produk yang Relevan

Berpikir membuat promosi dengan sebuah kerjasama bersama brand atau perusahaan yang lain. Kamu bisa mencoba ide kreatif untuk meningkatkan penjualan produk bisa menjadi sangat populer.

17. Pakai Jasa Influencer yang Unik dan Lucu

Pasti Kamu pernah mendengar artis yang menggunakan produk yang tidak terkenal menjadi sangat terkenal karena ditawarkan oleh orang yang sering terlihat di layar kaca. Carilah influencer memang cocok untuk brand ambassador jangan hanya asal- asalan.

18. Email Marketing yang berbeda

Email marketing memang senjata terampuh untuk meningkatkan penjualan, namun lama kelamaan juga terlihat membosankan. Cobalah menggunakan kesan yang berbeda dan tidak melulu hanya seperti itu.

19. Paket Berlangganan

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan berikutnya menerapkan sistem berlangganan ke pembeli anda. Memang sudah banyak yang menggunakan cara ini, tapi banyak yang tidak menarik, maka dicetuskan gagasan ini agar bisa membuat produk khusus untuk konsumen setia.

20. Fokus pada Kepuasaan pelanggan

Sebagai salah satu pemilik usaha Kamu harus memperhatikan konsumen yang sudah berlangganan. Kepuasan adalah paling utama dari segalanya, berikan iklan untuk langkah awal lalu promosi dan testimoni barang yang memang dari produk sendiri.

Pada dasarnya Ide Kreatif untuk meningkatkan penjualan adalah langkah awal mencapai keberhasilan dalam mengelola bisnis. Entah cara online maupun offline semua harus dicoba secara terus menerus agar bisa mempertahankan mutu. Selamat mencoba semoga bermanfaat untuk anda.

Jika anda memiliki sebuah bisnis industri kreatif, maka silahkan coba untuk bergabung ke Moselo.com, kami adalah sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif. Dimana sudah banyak sekali para pelaku industri kreatif yang bergabung dan memasarkan produk mereka disini, jadi tidak hanya jualan saja namun anda juga bisa menemukan ide baru dalam membuat kreasi nantinya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences