Moselo
Moselo Journal

8 Cara Membuat Ide Bisnis Kamu Gak Ada Habisnya

Posted on 29 Mei 2022
Share this post: 

Ide bisnis sering kali menjadi kendala bagi banyak orang yang hendak niat berbisnis. Padahal ide bisnis merupakan akar dari munculnya sebuah bisnis terbentuk. Terkadang yang ada di pikiran kita yaitu keinginan dan niat yang sudah terkumpul untuk memulai bisnis, namun terkendala dengan ide bisnis di bidang apa dan bagaimana cara memulainya.

Tidak sedikit orang yang telah memiliki modal dan siap untuk berbisnis tapi justru mandek dengan ide bisnis karena kurangnya inspirasi dan referensi atau pun tidak tahu dengan tren yang sedang terjadi. Selain itu, juga banyak orang yang telah memiliki banyak ide namun sulit untuk mulai menjalani bisnis karena ide tersebut tidak dapat diterapkan.

Berbagai masalah dalam membangun bisnis tersebut perlahan bisa kamu atasi. Yang pasti jangan sampai salah langkah dan harus tetap berhati-hati untuk memulai sebuah bisnis.

Tenang saja, berikut ini akan kami rangkum mengenai 8 cara membuat ide bisnis kamu gak ada habisnya yang berasal dari berbagai sumber. Semoga membantu!

8 Cara Agar Ide Bisnis Terus Mengalir

Ide bisnis merupakan hal yang mahal. Namun, terkadang sulit untuk mendapatkan sebuah ide yang memang dapat diterapkan serta bermanfaat bagi banyak orang. Berikut berbagai tips agar ide bisnismu mengalir terus gak ada habisnya.

1. Amati Keadaan Sekitarmu

ide bisnis

Kamu bisa memulai mencari ide bisnis dari keadaan di sekitarmu. Bisnis yang baik adalah bisnis yang memang dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga pasar yang ada sudah terbentuk.

Kamu bisa mulai dari survey kecil-kecilan pada teman-temanmu seperti barang apa yang sedang mereka butuhkan atau pun uang yang mereka punya kebanyakan habis digunakan untuk apa. Nah, kamu bisa merangkum hasil survey tersebut dan mendapat ide dari celah ini.

2. Pergi ke Pasar Atau Pusat Perbelanjaan

ide bisnis

Pergilah keluar dan jangan hanya berdiam di dalam rumah. Kamu bisa menemukan banyak ide yang berada di luar rumah seperti di pasar atau pun pusat perbelanjaan lainnya. Baik pasar, supermarket, atau pun mall merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dan terjadinya transaksi.

Baca Juga: Girls, Yuk Ketahui Macam-Macam Kain dalam Pembuatan Busana Muslim

Kamu bisa mengamati keadaan di pusat perbelanjaan, barang apa yang sedang laris dijual atau pun barang apa yang masih sedikit ketersediaannya namun banyak peminat. Gunakan celah ini untuk bisa mendapat ide bisnis yang bisa kamu jalani. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus survey lokasi untuk tempat bisnismu kelak.

3. Baca Buku Bisnis

ide bisnis

Saat ini sudah banyak beredar berbagai macam jenis buku yang dapat menambah wawasanmu seputar bisnis. Cobalah mulai dari membaca biografi dari kisah inspiratif berbagai pelaku usaha bisnis baik dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa rekomendasi yaitu buku biografi Bob Sadino, Chairul Tanjung, Jack Ma, dan berbagai tokoh besar lainnya.

Selain buku biografi pebisnis, kamu juga bisa membaca buku mengenai keuangan agar mindset kamu tentang uang tidak salah sehingga bisa mengumpulkan modal untuk bisnis. Beberapa buku yang dapat kamu baca yaitu Rich Dad Poor Dad dan The Psychology of Money.

4. Mulai Ikuti Seminar Bisnis

ide bisnis

Mulai banyak Event Organizer yang mengadakan acara seminar bisnis dengan pembicara yang berkompeten dan berpengalaman. Dijamin akan banyak ilmu yang bisa kamu dapat dari kisah dan pengalaman mereka sehingga mendorong semangat dan idemu lebih liar lagi.

Kamu bisa mencari seminar-seminar bisnis di berbagai media sosial. Saat ini banyak yang mengadakan seminar secara online sehingga lebih memudahkan bagi kamu yang memiliki jadwal yang padat atau terkendala dengan jarak. Selain seminar berbayar, juga banyak kok yang mengadakan seminar secara gratis. Yakin deh, pulang dari seminar kamu akan tercerahkan dengan berbagai ide.

5. Hadiri pameran dagang

ide bisnis

Coba jajali pameran dagang atau bisnis yang berada di kotamu. Saat ini banyak event-event dagang menarik dengan konsep yang milenial sehingga banyak konsumen yang berminat untuk datang. Kamu bisa mengamati tren bisnis apa yang sedang laku dan dicari oleh orang banyak melalui pameran dagang tersebut.

Selain menghadiri pameran dagang secara langsung, kamu juga bisa mengamati tren bisnis online yang saat ini sedang marak terjadi. Kamu bisa leluasa mencari berbagai ide bisnis yang ada di platform digital.

Salah satunya dengan mencari yang sedang tren di Google Search Engine, Twitter, Instagram, Facebook, Youtube atau pun Tik Tok. Hal ini akan lebih mudah dan efisien untuk dilakukan karena bisa kamu lakukan secara langsung saat ini juga dari rumah.

6. Perluas Relasi dan Ikut Komunitas

ide bisnis

Relasi merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Jika kamu memiliki banyak relasi yang sudah terjun dalam dunia bisnis, cobalah untuk meminta berbagai saran dan pendapat mereka. Jangan lupa untuk traktir sebagai ungkapan terima kasih.

Kamu bisa mendapatkan berbagai sudut pandang dari orang-orang yang berbeda. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan sekiranya pilihan mana yang terbaik untuk kamu jalani.

Baca Juga: 5 Produk Berbahan Kain Batik terlaris di Marketplace

Jika kamu tidak memiliki banyak teman yang menggeluti dunia bisnis, cobalah untuk mencari relasi melalui komunitas. Biasanya komunitas terbentuk atas dasar suatu kesamaan seperti hobi atau hal lain yang disuka, salah satunya komunitas bisnis.

Sebelum bergabung dengan sebuah komunitas, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu visi dan misi komunitas tersebut apakah sejalan dengan dirimu. Dari komunitas kamu akan bisa mendapat berbagai relasi dengan hobi yang sama yang nantinya bisa menjadi ide bisnis bagimu.

7. Ikut Pelatihan Bisnis

ide bisnis

Selain mengikuti komunitas, ide bisnis juga bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan bisnis atau skill lainnya. Kamu bisa mencoba berbagai pelatihan yang kamu sukai, misal pelatihan menjahit, pelatihan desain, atau apa pun yang kamu minati.

Selain mencari ide bisnis, kamu juga bisa menggali lebih dalam minat dan bakatmu. Tidak ada yang tahu bahwa pelatihan yang hendak kamu jalani ternyata justru  merupakan bakat terpendammu.

8. Banyak Ngobrol dengan Orang Baru

ide bisnis

Ide bisnis memang bisa datang dari mana saja. Bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan ide bisnis dari orang random yang kamu temui di jalan. Cobalah sejenak berhenti dengan gadgetmu atau segala urusanmu dan kosongkan pikiran untuk ngobrol dengan orang yang berada di sebelahmu.

Siapa tahu kamu bisa mendapatkan hal fresh yang sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Carilah ide bisnis yang sesuai dengan minat dan passionmu agar menjalankan bisnis pun bisa dengan penuh semangat. Tetap ingat ide bisnis yang baik adalah ide bisnis yang memang dijalankan dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Demikian sahabat moselo berbagai cara yang dapat dilakukan agar ide bisnismu terus mengalir dan gak ada habisnya. Segera terapkan tips yang telah kami rangkum di atas agar ilmu tersebut tidak sebatas teori saja. Selamat menggali ide!

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences