Moselo
Moselo Journal

Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan Keberhasilan

Posted on 18 Jun 2022
Share this post: 

Ide bisnis rumahan kini semakin banyak dicari akibat dari pandemi covid-19 ini. Selain karena kini mencari pekerjaan semakin sulit dicari, namun juga karena kini pekerjaan yang biasa dilakukan diluar rumah juga mulai dilakukan di rumah sejak pandemi covid-19.

Dan karena pekerjaan dapat dilakukan di rumah, waktu luang juga jadi semakin banyak. Waktu luang tersebut dapat dipakai untuk menjalankan beberapa ide bisnis rumahan yang mungkin saja dapat menjadi penghasilan tambahan.

Namun, membangun suatu bisnis bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, selain itu kamu pastinya memerlukan modal sebelum membangun sebuah bisnis meskipun hanya suatu bisnis rumahan.

Kerugian bisa saja terjadi apabila bisnis kamu tidak berjalan lancar. Maka dari itu kamu perlu mengetahui apa saja ide bisnis rumahan yang dapat kamu lakukan dengan baik serta tidak merugikan kamu karena sudah mengeluarkan modal untuk bisnis tersebut.

Ide Bisnis Rumahan

Ada banyak ide bisnis rumahan yang dapat kamu lakukan sesuai dengan kemampuan yang kamu suka dan kuasai serta memberikan keuntungan yang menjanjikan. Bisnis kamu juga tentunya dapat berjalan dengan lancar apabila kamu menjalaninya dengan sungguh-sungguh dengan prinsip growth mindset. Di bawah ini ada beberapa ide bisnis rumahan menjanjikan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu.

Jasa Menulis Artikel

ide bisnis rumahan

Ide bisnis rumahan yang pertama ini dapat kamu lakukan apabila kamu memiliki keahlian untuk menulis sebuah artikel SEO friendly. Jasa ini akan sangat diperlukan oleh mereka yang memerlukan artikel untuk websitenya.

Baca Ini: Macam-Macam Kain Polyester: Kelebihan dan Kekurangannya

Diperlukan keahlian SEO agar website atau artikel mereka dapat berada di urutan atas dari mesin pencari sehingga traffic dari website dapat meningkat. Kamu juga dapat mulai mempelajari tentang menulis artikel dengan struktur SEO untuk memperoleh keuntungan dari bisnis ini.

Jasa Laundry

ide bisnis rumahan

Saat ini, jasa laundry semakin banyak dicari karena meningkatnya jumlah orang atau perantau yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, karena pekerjaan yang dilakukannya. Namun, kamu memerlukan modal yang cukup besar untuk memulai ide bisnis rumahan ini, karena kamu memerlukan mesin cuci untuk menjalankan bisnis yang satu ini.

Tetapi setelah itu, kamu juga dapat menghasilkan keuntungan yang terbilang besar apabila sudah memilki banyak pelanggan tetap. Terlebih jika kamu membuka bisnis laundry ini di daerah sekitar kos-kosan atau apartemen yang strategis.

Jasa Catering Makanan

Bagi kamu yang memiliki kemampuan untuk memasak, maka kamu harus mulai memikirkan untuk memulai ide bisinis rumahan yang satu ini. Sudah ada banyak usaha yang bergerak di bidang makanan yang menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Terutama apabila kamu memiliki skill marketing di media sosial yang cukup baik.

Kamu dapat menjalankan jasa catering untuk makanan diet hingga jasa catering untuk kantoran. Peluang dari ide bisnis rumahan ini merupakan salah satu bisnis yang akan terus berkembang, karena tidak semua orang memiliki waktu atau kemampuan untuk memasak, terutama apabila memasak untuk sebuah acara yang memiliki banyak orang.

Reseller Online Shop

Kamu juga dapat menjalankan bisnis dengan mengeluarkan modal yang tidak terlalu besar. Usaha rumahan yang sedang tren ini merupakan pekerjaan di mana kamu menjual kembali produk orang lain yang sudah kamu beli pada media sosial atau online shop.

Carilah produk yang memang sedang banyak digemari dan juga dicari oleh masyarakat. Sebelum memulai ide bisnis rumahan ini, pastikan barang yang kamu akan jual kembali memiliki kualitas yang baik untuk menghindari keluhan dari pembeli.

Jasa Kursus Online

Karena kini sekolah juga hanya melalui online atau pelajaran jarak jauh, maka jasa kursus online ini mulai banyak diminati. Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang tua yang memerlukan bantuan untuk membimbing anak mereka menyelesaikan pekerjaan sekolah.

Ada juga siswa yang memerlukan pelajaran tambahan agar dapat mengejar tertinggalnya pelajaran dari sekolah. Maka itu, ide bisnis rumahan ini dapat kamu lakukan bila kamu memiliki kemampuan untuk mengajar.

Bisnis Kue

Ide bisnis rumahan ini dapat kamu lakukan apabila kamu memang memiliki kemampuan dan gemar membuat kue. Kamu juga dapat menjual kue basah ataupun kue kering pada sosial media untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, kamu juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar juga untuk memulai bisnis ini. Cobalah untuk membuat kue dengan resep-resep baru, agar kue yang kamu jual dapat lebih unik dibandingkan dengan yang lainnya.

Jasa Design Grafis

Di era digital seperti sekarang ini, jasa dari video editor, design grafis, photo editor, dan lainnya sangat diperlukan. Apabila kamu memiliki keahlian di bidang ini, maka kamu dapat menjalankan ide bisnis rumahan yang satu ini.

Karena tidak semua orang memiliki kemampuan yang satu ini, maka ini merupakan usaha yang menjanjikan. Apabila kamu menjalankan bisnis ini tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan. Karena kini banyak usaha yang memerlukan jasa seperti membuat logo, kemasan produk, poster iklan, dan lainnya.

Membuka Franchise

Membuka sebuah franchise juga merupakan ide bisnis rumahan yang memerlukan modal kecil. Kamu juga tidak perlu perencanaan yang kompleks karena kamu hanya perlu untuk mengikuti strategi pemasaran yang sudah ada dari pihak pemilik produk. Selain itu, peluang bisinis ini juga keuntungannya tinggi dibandingkan dengan modalnya yang tidak terlalu besar.

Jasa Menjahit

Memiliki kemampuan menjahit bukanlah kemampuan yang dimiliki oleh banyak orang. Apabila kamu memulai bisnis ini dan menjalankannya dengan konsisten, kamu bahkan dapat mengembangkan potensi kamu dengan membuka sebuah konveksi besar dan meraup keuntungan yang lebih besar juga.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang yang Halal dan Barokah

Karena baju merupakan benda yang diperlukan sepanjang hidup manusia, maka ide bisnis rumahan ini tidak akan mati dan dapat memberikan kamu keuntungan dengan jangka panjang.

Membuka Thrift Shop

Tren menjual kembali baju yang sudah pernah digunakan merupakan tren yang kini banyak bermunculan. Ide bisnis rumahan yang satu ini tentunya tidak memerlukan modal yang besar, sehingga kini banyak anak muda yang mulai menjalankan usaha ini.

Kamu hanya perlu memilih baju yang sudah tidak terpakai lagi. Namun pastikan juga bahwa baju yang kamu jual tersebut masih layak untuk dipakai. Thrift shop kini banyak diminati karena menjual baju dengan kualitas dan brand yang terkenal dengan harga yang jauh lebih murah.

Membuka Coffee Shop

Apabila kamu memiliki modal yang cukup besar dan halaman depan rumah yang cukup luas, maka kamu dapat memulai ide bisnis rumahan yang satu ini. Coffee shop kini banyak digemari terutama oleh anak remaja untuk mengerjakan pekerjaan atau tugasnya. Terutama apabila terdapat wifi gratis yang dapat mereka akses.

Maka dari itu apabila kamu memiliki tempat untuk membuka coffee shop ini di rumah, kamu dapat memanfaatkannya untuk menambah pemasukan.

Beberapa ide bisnis rumahan di atas tentunya dapat memberikan sahabat moselo keuntungan apabila kamu menjalaninnya dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences