Moselo
Moselo Journal

Membuat ID Card Keren, Cukup 5 Menit Saja

Posted on 26 Nov 2021
Share this post: 
membuat ID Card keren

Untuk membuat ID Card keren keren ini memang dibutuhkan jam terbang, pasalnya meskipun terbilang sederhana namun untuk membuat ID Card ini ternyata tak segampang kelihatannya. Bagi mereka para desain grafis, kesulitan yang paling sering mereka alami adalah mencari inspirasi mengenai desain yang akan dibuat.

Untuk itu jangan pernah menyepelekan hasil karya dari para desain grafis, karena didalam desain yang mungkin nampak sederhana namun butuh usaha yang lumayan menguras otak. Nah sebelum mengetahui cara membuat ID Card keren, alangkah baiknya anda ketahui mengetahui lebih jauh tentang ID Card itu sendiri.

Pengertian ID Card

ID Card adalah sebuah kartu yang digunakan sebagai identitas seseorang ketika sedang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Tidak peduli sebesar apa tempat anda bekerja, keberadaan ID Card ini sangatlah penting karena selain sebagai tanda pengenal juga memudahkan karyawan lain minimal tahu siapa nama anda.

Tidak hanya untuk karyawan sebuah perusahaan atau instansi saja, namun secara luas contoh ID Card ini bisa seperti kartu pelajar, kartu anggota dalam suatu organisasi, dan lain sebagainya. Biasanya ID Card ini bisa juga menjadi gambaran dari perusahaan tersebut, sehingga cukup penting untuk memiliki desain ID Card keren karena hal itu bisa juga meningkatkan rasa percaya diri penggunannya.

Apa Pentingnya Menggunakan ID Card?

Ukuran ID Card ini memang kecil, namun memiliki peranan yang cukup penting bagi mereka yang menggunakan. Dengan menggunakan ID Card ini akan memberikan kesan formal dan rapi sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri dari pengguna.

Selain karena alasan formalitas dan meningkatkan rasa percaya diri pengguna, berikut ini ada beberapa alasan pentingnya menggunakan ID Card tersebut, diantaranya:

  • Lebih gampang dikenali oleh karyawan atau anggota lain, apalagi saat mengerjakan sebuah proyek bersama
  • Bisa jadi media untuk membedakan antara karyawan dan non karyawan suatu instansi, dengan begini bisa menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja
  • Memudahkan bagian direksi atau karyawan lain dalam mengetahui posisi satu sama lain dalam sebuah perusahaan atau instansi
  • Terdapat ID Card keren yang berbasis teknologi dimana tidak hanya sebagai tanda pengenal, namun juga bisa untuk membuka pintu masuk ruang kantor
  • Bisa jadi promosi bagi karyawan ketika sedang melakukan kunjungan di luar perusahaan

Manfaat Menggunakan ID Card

Menggunakan ID Card dalam sebuah perusahaan atau instansi ini memiilki sejumulah manfaat penting bagi pengguna atau orang lain. Dengan anda menggunakan ID Card ini maka bisa meningkat rasa percaya diri, terlebih jika perusahaan tempat anda bekerja tergolong elite dan dikenal banyak orang.

Apabila ada tamu datang ke perusahaan pun akan lebih mudah saat meminta tolong kepada anda, dimana mereka bisa tahu nama dan divisi apa yang anda emban di perusahaan tersebut. Selain itu dengan ID Card ini akan mempermudah bagian direksi mengenali anda, karena mereka tidak mungkin hafal dengan seluruh karyawan dan direksi di perusahaan tersebut.

Jenis ID Card

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, dimana ada beberapa macam ID Card yang perlu anda ketahui. Berikut ini ada tiga jenis ID Card yang perlu anda ketahui, diantaranya:

1. ID Card Biasa

Untuk jenis ID Card yang pertama ini umumnya menggunakan bahan PVC yang sudah sering anda temui, contoh sederhananya seperti kartu pelajar, kartu mahasiswa, SIM, dan juga KTP.

2. ID Card Magnetic

Dimana kartu identitas ini memiliki berupa panel hitam yang diletakkan pada bagian belakang kartu. Panel ini berguna untu menyimpan data rahasia dari si pemiliknya, dimana untuk jenis kartu ini mudah ditemukan dalam kartu ATM.

3. ID Card Proximity

Ini merupakan salah satu jenis ID Card keren yang ada saat ini, dimana sekilas bentuknya mirip ID kartu identitas pada umumnya. Namun jika anda melihat lebih seksama, didalam kartu ini terdapat sebuah micro chip yang menyimpan identitas dari pemilik kartu tersebut. Penggunaan teknologi ini dimaksudkan untuk meminimalisir pemalsuan identitas.

Cara Membuat ID Card keren dengan Cepat

Untuk membuat ID Card keren secara manual ini memang dibutuhkan skill yang mumpuni, dan pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama juga. Karena alasan tersebut maka membuat beberapa orang memilih jasa desain ID Card untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Namun untuk anda yang tidak ingin ribet dan butuh waktu cepat untuk membuat ID Card tersebut, mungkin bisa ikuti langkah-langkah yang kami bagikan berikut ini. Tidak butuh waktu lama, anda bisa membuat ID Card keren sesuai dengan keinginan nantinya.  Untuk anda yang sudah penasaran, langsung saja simak caranya berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan anda buka aplikasi browser didalam smartphone atau laptop
  • Lalu kunjungi laman bighugelabes.com
  • Setelah berhasil masuk kedalam menu dashboard, selanjutnya silahkan anda isi data yang dibutuhkan
  • Klik menu Choose file untuk memasukkan foto anda yang akan dipakai dalam ID Card tersebut
  • Pada menu Crop silahkan anda pilih salah satu mana kira-kira bagian yang sesuai digunakan pada ID Card tersebut
  • Nah pada bagian Style ini anda bebas memilih desain ID Card keren mana yang mau dipakai
  • Lalu untuk Badge Color ini adalah menu untuk mengatur warna dari ID Card yang anda buat
  • Pada bagian Header ini bisa anda isi keterangan sesuai keinginan, bisa dengan nama ID Card atau tulisan lainnya
  • Sementara pada bagian Footer ini bisa anda isi dengan alamat perusahaan atau keterangan lainnya
  • Pada bagian kolom Name isikannama anda
  • Lalu pada bagian Text bisa diisi dengan data pekerjaan atau informasi penting lainnya
  • Pada Member Since ini merupakan tahun anda bergabung pada perusahaan tersebut
  • Expires adalah masa berlakunya kartu tersebut
  • Lalu pada bagian Birthdate ini adalah tanggal lahir anda
  • Dan jika anda ingin menyematkan barcode pada ID Card tersebut, maka bisa dengan cara berikan tanda ceklist pada tulisan Include an official looking barcode?
  • Jika semua data sudah terisi semua, anda tinggal klik tombol Create untuk membuat ID Card tersebut

Gimana? cukup mudah bukan cara membuat ID Card keren hanya dalam waktu 5 menit ini? memang sangat membantu sekali ya keberadaan dari situsbighugelabels.com tersebut. Hanya saja kelemahannya adalah anda hanya bisa menggunakan model ID Card sesuai dengan template yang telah disediakan pada laman tersebut.

Masih ada sejumlah situs lain yang juga menyediakan template untuk membuat ID Card keren ini, jadi anda bisa mencobanya satu-persatu untuk menemukan mana kira-kira desain ID Card yang cocok dengan keinginan anda.

Setelah selesai membuat ID Card keren, pastinya butuh ya yang namanya tempat untuk menyimpan kartu identitas tersebut atau biasa dikenal dengan ID Card Holder. Jika anda ingin punya ID Card Holder keren, maka bisa coba kunjungi Moselo. Disana terdapat banyak koleksi ID Card Holder keren yang bisa anda pilih, dan harganya pun juga relatif terjangkau.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences