Moselo
Moselo Journal

Usaha Gelang Manik Manik, Contoh Usaha Kreatif Sepanjang Masa

Posted on 06 Jan 2022
Share this post: 
usaha gelang manik manik

Bagi Anda yang bingung untuk memulai usaha kreatif, mulailah dengan bisnis sederhana juga mudah dilakukan serta ditekuni ini, yaitu gelang manik manik. Selain modalnya kecil, usaha ini bisa Anda lakukan saat memiliki waktu senggang di rumah dan tentunya tidak memakan waktu banyak.

Teori Usaha

Usaha merupakan bentuk upaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masing-masing individu. Aktivitas yang memberikan keuntungan lebih seperti berdagang. Kegiatan komersial ini menjadi salah satu alat mencari nafkah di samping menjadi guru dan aparatur negara lainnya.

Namun usaha dalam berbisnis cukup memberikan laba yang menjanjikan bahkan lebih besar. Sebenarnya ada beberapa tujuan dalam usaha secara umum selain memenuhi kebutuhan hidup, yaitu meraih cita-cita, dan memakmurkan masyarakat.

Usaha juga dibedakan menjadi beberapa bagian menurut jenisnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan modal, agar hasilnya lebih baik dan terarah serta tidak membuat Anda kehilangan modal dalam berusaha.

Jenis-jenis Usaha

Cukup banyak jenis usaha yang ada di lingkungan sekitar. Terdapat empat jenis usaha, yaitu usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, dan usaha besar. Simaklah ulasan di bawah ini yang terdiri dari definisi serta contohnya.

1. Usaha mikro

Usaha mikro merupakan kegiatan yang bergerak di bidang perekonomian perorangan. Tidak dapat dibagikan, biasanya jenis ini merekrut sedikit karyawan atau mempekerjakan orang-orang terdekatnya guna mensejahterakan mereka semua.

Contoh usaha mikro, yaitu bisnis jajanan tradisional, gerabah, sablon, toko sembako, menjual bahan pangan, kerajinan tangan, dan perlengkapan kebutuhan lainnya. Kegiatan tersebut dapat berjalan cukup lama jika ditekuni dengan benar.

2. Usaha kecil

Usaha kecil adalah bentuk kegiatan yang memiliki jumlah karyawan kurang dari 50 orang. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat kecil dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Memiliki hasil laba yang masih dibawah usaha besar dan menengah.

Contoh usaha kecil jualan pulsa, bisnis souvenir, cafe, penjualan jus & salad buah, bisnis laundry, gorengan, pakaian bebas, dropshipper, jasa jahit, jasa cuci motor, barbershop, pertamini, parcel, dan lain sebagainya disesuaikan dengan kreatifitas Anda.

3. Usaha menengah

Kegiatan usaha dalam ekonomi produktif dan bukan merupakan cabang dari perusahaan pusat serta menjadi bagian usaha kecil atau besar secara langsung maupun tidak dan kekayaan bersihnya sudah diatur secara perundang-undangan.

Contoh usaha menengah, yaitu bisnis kuliner, fashion, pendidikan, otomotif, agribisnis, tour & travel, produk kreatif, teknologi internet, kecantikan, event organizer, jasa kebersihan, kebutuhan anak, dan lainnya disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam berusaha.

4. Usaha besar

Usaha besar adalah kegiatan yang dilakukan oleh beberapa badan perusahaan guna mencapai tujuan bersama. Biasanya jenis ini memiliki relasi cukup banyak agar bisa mengepakkan sayapnya lebih luas lagi.

Keuntungan yang didapat oleh usaha jenis ini lebih besar daripada usaha UMKM. Contoh kegiatan usaha ini meliputi BUMN, milik swasta, dan usaha asing namun cakupannya masih dilaksanakan di Indonesia.

Fungsi Usaha

Usaha memiliki beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui. Dalam menjalani suatu kegiatan bisnis, tentu dibutuhkan pencapaian guna mengembalikan modal. Fungsi inti usaha mengacu pada kegiatan yang menghasilkan pendapatan.

Namun juga mencakup kegiatan lain yang mengacu dalam perusahaan. Mengorganisasikan serta mengelola kegiatan menjadi lebih baik dan tertata sangat penting guna meningkatkan kualitas secara efektif dari suatu usaha.

Untuk menunjang kegiatan usaha Anda, pastinya memerlukan alat dan bahan pendukung dalam membuatnya. Tenang saja, komposisi yang dibutuhkan masih terjangkau dengan modal pas-pasan serta untuk pemula.

Hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Gelang Manik Manik

Tidak perlu membeli bahan dan alat terlalu berlebihan yang nantinya akan dibuang atau tidak terpakai, maka dari itu diperlukannya rencana anggaran agar sesuai dengan modal yang dikeluarkan. Berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan dalam membuat gelang manik manik:

1. Box

Sebelum memulai usaha gelang manik manik, Anda memerlukan box atau tempat untuk menyimpan manik-manik tersebut agar tertata dan memudahkan Anda untuk mencarinya serta supaya terlihat rapi dan terorganisir.

Membedakan setiap bentuk juga warna manik-manik agar mudah dipakai. Tidak perlu box besar untuk pemula, buatlah atau sediakan tempat kecil namun cukup untuk beberapa jenis manik manik. Hal tersebut mempermudah Anda dalam membuat gelang manik manik tersebut.

2. Manik-manik

Manik-manik adalah objek kecil yang memiliki beragam bentuk dari bahan-bahan seperti cangkang, batu, plastik, dan lain-lain dengan lubang ditengahnya guna memasukkan benang untuk mengaitkannya menjadi satu kesatuan.

Komponen utama untuk membuat gelang manik manik. Belilah beberapa manik-manik yang akan digunakan. Jangan membeli terlalu banyak, karena Anda masih baru belajar, serta hal tersebut mampu menekan pengeluaran modal.

3. Manik Alphabet

Jenis manik ini biasanya berbentuk alphabet, digunakan untuk memberikan inisial nama pada gelang manik manik dan mempercantik tampilan perhiasan tersebut. Terdiri dari berbagai bentuk dan warna, menambah kesan indah serta cantik tentunya.

Cukup membeli dua bungkus manik-manik alphabet, karena Anda tidak bisa menentukan huruf apa yang akan didapat, biasanya random. Jadi dua kantong sudah memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat gelang manik manik.

4. Charm

Charm atau bandul-bandul yang menghiasi gelang memiliki bermacam bentuk dan merefleksikan bentuk dari perhiasan itu sendiri. Biasanya digantung di tengah gelang.

Dianjurkan untuk membeli yang biasa atau umum digunakan, seperti charm kupu-kupu, love, dan lainnya. Jika Anda menyediakan modal berlebih, sangat boleh untuk membeli berbagai jenis charm guna tidak mengeluarkan uang lagi setelahnya. 

5. Senar

Senar berguna mengaitkan manik-manik dengan satu sama lainnya. Komponen kedua dalam membuat gelang manik manik adalah tali untuk menguatkan ikatan pada manik. Ada beberapa jenis tali yang dipakai dalam membuat gelang, yaitu senar elastis, tali prusik, satin, dan lainnya.

Cara membuat gelang manik manik adalah memasukkan objek kecil tersebut sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Kemudian di akhir rangkaian, simpulan tali senar dengan teknik simpul mati secara tersembunyi agar terlihat lebih rapi. Jangan lupa ukurannya disesuaikan.

6. Pelengkap Lain

Pelengkap lain sangat berguna sebagai objek dalam mempercantik dan memperindah gelang manik-manik yang sedang dibuat. Seperti kodokan stainless, stopper bambu, kait udang, rantai untuk dipasang di ujung gelang.

Sesuaikan dengan selera serta kebutuhan konsumen Anda. Jangan terlalu ramai dan dapat memberikan kesan norak atau mencolok. Gunakan alat-alat lain yang mungkin akan dibutuhkan, seperti gunting, tang, paku, dan lainnya.Kurang lebih itulah usaha gelang manik manik sebagai contoh usaha kreatif sepanjang masa.

Apakah menarik perhatian Anda untuk mencobanya? Cukup menyediakan modal kecil, Anda sudah bisa menekuni usaha ini. Semangatlah dalam mencoba.

Untuk menjual gelang manik manik karya anda pun tidak perlu bingung, cobalah untuk mempromosikan barang dagangan anda di Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif, disini anda akan menemukan beragam kerajinan unik dan menarik untuk dijadikan bahan referensi juga nantinya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences