Moselo
Moselo Journal

15 Font Balok Siap Download Tuk Lengkapi Koleksi Desain Kreatif Kamu 

Posted on 11 Feb 2022
Share this post: 
15 font balok

Perkembangan dunia penulisan memang telah terintegrasi dengan teknologi digital. Seorang desain grafis sering menggunakan macam- macam bentuk huruf untuk dijadikan komponen pembuatan karya. Tidak jarang menggunakan tipe font balok salah satunya, karena berbentuk 3D ( Tiga Dimensi).

Sekilas tentang Font 

Pasti sudah tidak asing bukan dengan pengertian font, sebuah ukuran atau bentuk gaya sesuai dengan huruf yang berbeda. Biasanya digunakan pada aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Powerpoint dan sebagainya. Sangat sering dipakai hingga banyak yang tidak begitu memperhatikan.

Kenapa demikian, karena ada banyak sekali contoh bentuk huruf dan sangat bermacam- macam. Salah satunya font balok ini sangat mencolok karena ada kesan timbul di dalamnya. Terkesan seperti gambar 3D yang sangat jelas tentunya menarik. 

Seiring berjalannya waktu, komputer juga sudah semakin canggih. Semua orang sudah bisa membuat font sendiri, bahkan sekarang sudah jutaan yang ada internet yang bisa didownload secara gratis tentunya. 

Beberapa Jenis Font Balok

Mengetahui ada berapa jenis font memang tidak terlalu penting bagi masyarakat umum. Namun berbeda bagi orang yang memang ada hubungannya dengan desain. Font adalah faktor penting dan tidak boleh dilupakan.

Dalam desain grafis, ada pengelompokkan berdasarkan jenis tersebut. Sebab memang benar- benar banyak yang beredar di internet maupun aplikasi yang ada textnya. Berikut penjelasan mengenai font beserta contoh- contohnya :

1. Serif 

Serif digunakan untuk menyebut font berkaki, biasanya di bagian sudut ada seperti garis kecil. Itu sebabnya istilah itu muncul. Dalam desain grafis gaya huruf ini sering digunakan karena lebih mudah dibaca contohnya Rockwell, time new roman, dan masih banyak lagi.

2. San Serif 

Berbanding terbaling dengan sebelumnya, justru font ini tidak memiliki kaki, lebih terkesan casual namun tetap mudah dibaca. Banyak jenis nya juga yang paling terkenal adalah arial dan calibri, keduanya memang sering digunakan.

3. Display 

Urutan ketiga, jenis font yang dekoratif sebenarnya sudah sangat tua namun masih banyak yang menggunakan. Umumnya ukuran besar banyak ornamen hiasan yang ada didalamnya, contohnya rosewood, umbra dan masih banyak lagi.

4. Script ( Tulisan Tangan)

Font ini memang cukup jarang didengar, ini juga banyak digunakan didunia desain. Dipakai untuk bentuk tulisan manual yang mirip dengan aslinya penulisan sertifikat biasanya juga menggunakan ini contohnya vivaldi, dan segoe script. 

5. Slab Serif 

Terdengar asing bukan, jenis ini memang tidak sepopuler seperti yang lain, font ini berasal dari Inggris. Memiliki karakter yang lebih berani daripada sebelumnya biasanya tebal, dan besar dipakai untuk poster serta pamflet.

6. Hand Down

Ketika mendengar nama ini pasti sudah terlintas font jenis apakah ini, terinspirasi dari tulisan tangan manusia. Pembuatannya juga sangat berbeda dari yang lain, tidak ada batasan mengatur gaya ini.

15 Font Balok Siap Download Tuk Lengkapi Koleksi Desain Kreatif Kamu 

Suatu karya yang menimbangkan banyak aspek akan menjadi sempurna, semua di pertimbangkan mulai bahan hingga alat kerja. Begitu pula saat akan menggunakan font harus sesuai dengan tema yang diinginkan. Tidak bisa hanya asal-asalan, hanya akan membuat menjadi tidak berkualitas.

Disini akan sebutkan 15 Font balok siap download secara gratis melalui situs yang sudah diizinkan. Ada dua versi yaitu versi 2D (Dua Dimensi) dan 3D (Tiga Dimensi) tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Simak berbagai macam- macam nya siapa tahu anda belum pernah menggunakannya.

1. Font Balok High School USA 

Huruf ini masih tergolong dalam bentuk 2D, jenisnya tidak rumit seperti kebanyakan. Terlihat simpel dan menawan, sering digunakan oleh masyarakat karena mencolok tapi terkesan sangat sederhana, Klik untuk download. 

2. Qui Finn Font

Font balok ini terkesan rumit dan tidak terlalu jelas bentuk huruf- hurufnya. Tulisanya juga tebal tapi menarik untuk dicoba, jika mau mengunduh secara gratis tanpa biaya bisa langsung klik di bawah ini

3. Font Chip Knif 

Tulisan hurufnya sangat tebal ada seperti garis ditengah menambah kesan unik untuk font balok satu ini. Jarang digunakan tapi wajib download untuk koleksi desain anda, bisa diunduh di bawah atau klik disini

4. Black Out Font

Anda pernah memainkan game GTA, tentunya sebagian anak jaman 90an pernah memainkan. Bentuk font balok satu ini memang mirip dengan desain tulisan di game tersebut, untuk mendownload bisa klik disini.

5. Font kaizen Saizaku 

Bentuknya rapi dan enak dilihat cocok untuk tulisan ala ala jepang versi abjad. Bentuknya konsisten, tulisannya juga tampak tebal jika diperhatikan tidak seperti font balok pada umumnya, untuk menginstal bisa klik disini.

6. Transuration Font 

Font balok 2D yang terakhir adalah transuration, bentuknya huruf berdempetan dam mempunyai ukuran yang besar. Sering digunakan untuk menulis kata- kata semangat di poster dan pamflet, bisa langsung diinstal disini

7. Font Bad Mofo 

Font balok ini bergaya 3D bentuknya kubus dan ada volumenya, dilihat seperti ada bayangan di masing- masing hurufnya. Sangat cocok dipadukan untuk desain- desain tiga dimensi, klik disini untuk mendownload. 

8. Minecraft Pe Font 

Anak milenial pasti pernah bermain game atau melihat game minecraft bukan, benar font balok satu ini mirip bentuknya dengan permain tersebut, bentuk kotak kotak dan ada volum di dalamnya, bisa diinstal disini.

9. Font Letter Block 

Bentuk 3D font balok ini sangat terlihat, huruf nya seperti ada bayangan yang bisa dihubungan. Gaya desain ini bisa dilihat di wordArt, karena banyak sekali macam- macamnya jika anda tertarik bisa klik disini

10. Blus Block 

Font balok berikutnya huruf seperti di masukan ke bingkai yang berbentuk kotak, sering digunakan untuk tulisan di kalender. Bentuk ini memang sudah tidak asing bagi desainer jika anda menyukainya bisa langsung didownload disini

11. Ft Scandinaviantitan Font 

Mungkin banyak yang belum pernah memakai font balok yang satu ini, bentuk nya memang tidak seperti yang lain. Ini juga termasuk dalam gaya 3D, jika tertarik langsung bisa diinstal langsung link disini

12. Font Pez

Bentuk font balok selanjutnya yaitu pez, memang agak berbeda dengan yang lain. karena didalam huruf atau angkanya terdapat garis garis mirip binatang zebra, jika lama melihat akan menyebabkan pusing jika anda tertarik klik disini

13. Boxing Brophius 

Bentuk font balok satu ini mirip dengan blus block karena ada bingkai yang berbentuk kotak. Perbedaannya hanya terletak pada ketebalan dan bayangannya disini lebih hidup, bisa di download disini.

14. Cubox 3d Font 

Font balok yang dimasukan ke dalam kubus tetapi tidak beraturan bentuk hurufnya. Sering dipakai sebagai hiasan kamar atau cafe karena unik dan menarik, jika berminat bisa langsung diinstal disini

15. D3 Concretism 

Bentuk terakhir dari 3D adalah Concretism grafisnya terlihatnya pada hurufnya agak dimiring- miringkan. Akan tetapi dilihat dari segi kreatif ini sangat menarik dan unik, jika mau download klik disini.Itulah beberapa font balok yang sudah disebutkan, ada yang versi 2D dan 3D.

Untuk anda yang mungkin butuh inspirasi membuat desain atau butuh jasa desain, mungkin bisa mengunjungi laman Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak di bidang industri kreatif, sehingga banyak sekali kerajinan tangan anak negeri yang berada disini.  

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences