Moselo
Moselo Journal

7 Desain Undangan Pernikahan Unik dan Lucu, Pilih Mana?

Posted on 07 Feb 2022
Share this post: 
7 desain undangan pernikahan unik dan lucu

Menyiapkan persiapan pernikahan seharusnya menjadi salah satu yang amat dinanti bagi calon pengantin. Namun, desain undangan pernikahan unik dan lucu menjadi ide cemerlang bagi kedua mempelai. Dengan mencari inspirasi, Kamu akan mendesainya mengngembangkan sesuai kebutuhan.

Beberapa Hal Tentang Pernikahan 

Pernikahan adalah suatu keseriusan dalam bentuk hubungan percintaan, pengikatan janji sehidup semati yang dilaksanakan dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan. Acara tersebut adalah salah satu hal yang sangat sakral atau suci, dan tidak boleh main- main. 

Upacara pernikahan mempunyai beberapa ragam dan variasi, tradisi suku bangsa, budaya, agama, maupun kelas sosial. Perkawinan sendiri biasanya acara yang dilangsukan berdasarkan adat istiadat yang berlaku untuk merayakan bersama keluarga dan teman- teman. 

1. Persiapan Umum Pernikahan

Keputusan untuk melangsungkan pernikahan, biaya menggelar acara tidak murah banyak yang harus disiapkan. Di mana harus disepakati kedua calon keluarga nantinya akan menjadi pengaruh pada tahap berikutnya, dan menjadikan pertimbangan. 

Desain undangan pernikahan lucu dan unik bisa dipersiapakan setelah berisapan anggaran, dengan tema berbeda akan menjadi kesan yang mendalam bagi calon pengantin. Jadi tidak masalah melihat ide- ide yang bagus dari internet.

2. Menentukan Budget

Menentukan budget dalam pernikahan sangat diperlukan karena harus sesuai dengan kemampuan kedua calon mempelai. Adapun dana yang diperlukan tidak hanya untuk Makeup pengantin, akan tetapi seperti Dekor dan desain undangan pernikahan unik dan lucu dan lain sebagainya.

Semua harus dipersiapkan dengan matang dan banyak pertimbangan. Untuk itu harus adanya anggaran yang sudah dibicarakan dari awal akan melangsungkan pernikahan, agar tidak ada masalah di akhir acara tersebut.

3. Pertemuan Antar Keluarga

Pertemuan keluarga disini juga diperlukan, agar bisa membicarakan proses berikutnya. Momen tersebut akan dijadikan ajang untuk mendengarkan masukan tentang persiapan pernikahan, dan acara perkenalan antar keluarga.

Perkenalan keluarga bukan hanya untuk membahas proses diselenggarakan pernikahan, akan tetapi bisa sebagai sarana kekompakan dua keluarga besar yang akan dipersatukan dalam ikatan perkawinan. Untuk itu acara tersebut sangat penting untuk diadakan 

4. Administrasi 

Mengurus perihal administrasi ke pihak Catatan sipil atau KUA (Kantor Urusan Agama), sebelum ke Capil harus menemui RT atau RW dan melapor ke Balai Desa setempat. Kemudian melakukan perlengkapan dokumen yang menjadikan persyaratan. 

Biasanya dokumen yang dipersiapkan lumayan banyak, jika masih belum lengkap bisa segera dilengkapi. Proses administrasi memang cukup melelahkan, akan tetapi syaratnya mudah didapatkan dan jika kurang bisa bertanya kepada petugas.

5. Acara Pernikahan

Acara ini harus benar- benar dipersiapkan dengan matang dan terperinci, dari lamaran, akad, hingga resepsi semua sudah harus matang pertimbangannya. Agar tidak terjadi kesalahan, harus di cek satu persatu, agar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Penyelenggaraan acara yang tergolong banyak, jika diperlukan harus meminta bantuan Wedding Organiser agar sesuai dengan keinginan. Karena Pernikahan dilaksanakan sekali seumur hidup, tentunya ingin berkesan dan bisa menjadi momen haru bagi kedua calon pengantin. 

Pilihan Terbaik 7 Desain Undangan Pernikahan Unik dan Lucu 

Ketika merancang sebuah pesta pernikahan banyak yang harus disiapkan salah satunya tema yang akan digunakan. Begitu pula Desain undangan pernikahan unik dan lucu, bisa menjadikan kesan tak terlupakan bagi calon pengantin.

Tema yang sudah dirancang sebaiknya segera dilaksanakan agar tidak ada yang terlewat. Berbicara tentang desain, Berikut 7 desain undangan pernikahan unik dan lucu patut untuk dicoba karena jarang yang memakai tentunya.

1. Undangan Pernikahan Media Sosial 

https://i1.wp.com/balubu.com/wp-content/uploads/2017/10/medsos.jpg?w=600&ssl=1

Facebook menjadi media sosial yang sering digunakan tidak jarang sosmed ini dijadikan ajang pencarian pasangan. Undangan dalam media sosial yaitu undangan pernikahan, namun bagaimana jika undangan dengan fitur Facebook.

Kelihatanya desain undangan pernikahan unik dan lucu apalagi ditambah dengan fitur yang membuat penerima undangan menjadi terkesan. Agar menjadi lebih bervariasi bisa menggunakan fitur sosial media yang lain. 

2. Undangan Pernikahan KTP dan SIM

https://ratusouvenir.com/wp-content/uploads/2014/09/Undangan-pernikahan-unik-SIM.jpg

Umumnya KTP dan SIM adalah kartu pengenal saja, akan tetapi bagaimana jika dijadikan undangan bukanya sangat kreatif bukan. Banyak orang menggunakan desain undangan pernikahan unik dan lucu yang hampir menyerupai SIM.

Memang terlihat unik, jika sebuah kartu SIM atau KTP bisa dijadikan Desain undangan Pernikahan. Selain bagus juga untuk pembuatannya juga tidak terlalu mahal karena membutuhkan selembar kertas tanpa tambahan lain, patut untuk dicoba bukan?

3. Undangan Pernikahan Paspor

https://obs.line-scdn.net/0hpyGalhnGL1Z6GARthJVQAUNOLDlJdDxVHi5-SCp2cWICLDpXRCswOFlLcWcFKmgIE35gMFtdcDZfIGhQFC4/w644

Paspor ialah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang memuat identitas diri dan syarat wajib untuk pergi keluar negeri. Apa jadinya jika dijadikan desain undangan pernikahan unik dan lucu, tentu menarik bukan. 

Ternyata ada desain undangan pernikahan unik dan lucu yang mirip dengan passport. Banyak orang kreatif yang menggunakan ide cemerlang ini, dengan tampilan depan elegan dan terkesan mewah undangan ini menjadi banyak peminatnya.

4. Undangan Pernikahan Lego

https://i2.wp.com/balubu.com/wp-content/uploads/2017/10/lego.jpg?resize=600%2C600&ssl=1

Siapa yang tidak mengetahui permainan Lego, permainan menarik yang sering dimainkan oleh anak-anak. Banyak karakter yang ada game ini, bagaimana jika undangan pernikahan dibuat seperti tokoh logo?

Desain undangan pernikahan unik dan lucu berikutnya adalah Lego, Lego yang sering dimainkan, pastinya sangat kreatif, belum banyak ide seperti ini dan sangat patut untuk dicoba agar berbeda dengan tema lainnya.

5. Undangan Pernikahan Kartu Perdana 

https://boombastis.sgp1.digitaloceanspaces.com/wp-content/uploads/2018/03/sempatin1.jpg

Desain undangan pernikahan unik dan lucu yang mirip dengan kartu perdana ini menjadi pilihan yang efektif. Karena bentuknya tergolong kecil dan sangat simpel, membuat daya tarik sendiri bagi yang menerima. 

Apalagi dengan tulisan yang sama dengan desain asli kartu perdana tersebut, tentunya menambah kesan daya tarik yang lebih tinggi. Dari covernya sudah terlihat berbeda dengan undangan pada umumnya.

6. Undangan Pernikahan Bentuk Laptop 

https://www.webnikah.com/medias/undangan-pernikahan-laptop.jpg

Kalian pasangan yang bekerja di bagian IT bisa pakai desain undangan pernikahan unik dan lucu Bentuk laptop ini jadi pilihan yang tepat. Karena konsep kreatif seperti ini jarang dipakai, atau direlasikan.

Walaupun ukuran yang lumayan besar, tetapi undangan seperti ini bagus digunakan. Kesan pertama membuka seperti halnya memakai laptop dengan versi undangan saja yang berbeda. 

7. Undangan Pernikahan Menggunakan Balon 

https://kamini.id/wp-content/uploads/2019/11/Kartu-dengan-Balon.jpg

Siapa yang menyangka bahwa balon bisa dijadikan desain undangan pernikahan unik dan lucu ternyata. Mungkin banyak terheran- heran ketika menerima yang satu ini, bagi yang suka dengan hal kreatif dan membuat orang penasaran.

Bisa menggunakan desain undangan pernikahan unik dan lucu ini, untuk momen spesial calon pengantin. Namun ada hal yang harus diperhatikan pastikan balon dengan kualitas bagus dan tidak mudah pecah saat ditiup. 

Itulah 7 desain undangan pernikahan unik dan lucu yang sudah di bahas satu persatu. Inspirasi banyak ditemukan dimana- mana, banyak model yang belum pernah digunakan dan patut dicoba. Sebelum itu harus ada pertimbangan dari dua pihak, semoga dapat menginspirasi.

Untuk anda yang mungkin butuh inspirasi mengenai desain undangan pernikahan unik dan lucu, mungkin bisa mengunjungi laman Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif, sehingga banyak sekali kerajinan tangan anak negeri yang berada disini.  

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences