Moselo
Moselo Journal

5 Cita-cita yang Bagus dan Hanya Untuk Entrepreneur Sejati

Posted on 24 Jan 2022
Share this post: 
5 cita cita yang bagus

Cita-cita merupakan sebuah impian yang pastinya setiap orang mempunyainya. Namun, masih banyak juga orang yang sampai saat ini belum menyadari apa cita-cita yang dimiliki. Sebenarnya apapun itu cita-cita yang bagus lebih mengarah ke hal yang positif, seperti halnya enterpreneur.

Mindset Entrepreneur Wajib Dimiliki

Salah satu model yang dijadikan untuk mencapai sebuah cita-cita yang bagus yaitu mindset. Misalnya saja jika ingin menjadi seorang pengusaha, ada beberapa mindset yang wajib untuk dimiliki. Di antaranya berikut ini penjelasan mindset tersebut.

1. Mempunyai Visi Misi

Adapun seorang entrepreneur harus mempunyai visi dan misi yang besar. Intinya untuk memulai sebuah bisnis, harus diimbangi dengan usaha yang keras. Hal ini tentu akan semakin mudah didapatkan jika mempunyai visi dan misi yang jelas. 

Sudah menjadi hal yang wajar jika dalam menjalankan bisnis akan menghadapi berbagai masalah dan tantangan. Jadi, dengan adanya visi misi ini bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menjalankan sebuah bisnis. 

2. Kemampuan Bekerjasama yang Tinggi

Mindset selanjutnya harus dimiliki oleh entrepreneur yaitu dapat bekerjasama dengan baik. Apalagi untuk memulai sebuah bisnis, tanpa adanya kerjasama akan semakin sulit untuk berkembang. Selain itu, dengan bekerja sama juga dapat memanfaatkan kemampuan orang lain yang tidak dimiliki. 

Keuntungan yang didapatkan jika mampu menjalin kerjasama dengan baik yaitu bisnis akan semakin berkembang. Mengingat dalam sebuah tim pasti akan saling membagikan pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki.  

3. Jangan Takut Mengambil Resiko

Menjadi entrepreneur tentu harus berani untuk mengambil resiko. Makna dalam menjalankan sebuah bisnis pasti akan ada banyak sekali rintangan yang akan dihadapi. Maka dari itu, jika tidak berani mengambil resiko, jangan harap akan berkembang.

Intinya sebagus apapun rencana yang sudah dibuat, jika tidak berani mengambil resiko untuk merencanakannya tentu tidak akan ada hasilnya. Setidaknya buat sebuah catatan Apa saja rencana yang akan dilakukan dan bagaimana mengeksekusinya. 

4. Mengoptimalkan Penjualan

Mempunyai cita-cita yang bagus dengan entrepreneur harus diimbangi dengan mindset dapat mengoptimalkan penjualan. Perlu diketahui untuk memastikan perusahaan dapat berkembang, tentu saja sangat dipengaruhi oleh penjualan. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan, salah satunya yaitu dengan membangun branding sebaik mungkin. Selain itu, pastikan jika bisnis apapun yang dijalankan dilakukan secara konsisten. 

5. Bertanggung Jawab

Mindset selanjutnya harus dimiliki oleh seorang entrepreneur yaitu harus bertanggung jawab. Maksudnya, harus bisa mempertanggungjawabkan apapun yang sudah dijadikan sebagai keputusan. 

Hal sederhana inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai modal agar apa bisnis atau usaha yang dijalankan dapat dipertanggungjawabkan. 

6. Berusaha Menjadi Lebih Baik

Adapun mindset yang harus dimiliki seorang entrepreneur selanjutnya yaitu berusaha untuk menjadi lebih baik. Mengingat enterpreneur termasuk dalam cita-cita yang bagus, sangat penting sekali untuk selalu mengusahakan akan bisa berkembang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sebuah usaha yang dilakukan yaitu dengan berusaha menjadi lebih baik. Misalnya saja jika mendapatkan komplain dari konsumen, dapat dijadikan sebagai motivasi untuk memperbaiki. 

7. Mencintai Usaha yang Dibangun

Bingung mencari cita-cita yang bagus untuk diri sendiri? Sebenarnya apapun itu penting sekali untuk mencintai usaha yang sedang dibangun. Intinya apapun yang dilakukan susu bayi dengan kecintaan akan semakin mudah.

Mengingat apapun yang sudah dicintai akan selalu meningkatkan semangat. Jika seperti ini, bentuk perkembangan usaha akan cepat didapatkan. Sekalipun mengalami kegagalan, akan mudah untuk bangkit kembali. 

8. Belajar Lagi dan Lagi

Selanjutnya mindset yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur yaitu harus mempunyai minat untuk belajar lagi dan lagi. Perlu diketahui jika belajar menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan serta pengalaman.

Nantinya hal yang didapatkan tersebut akan dijadikan sebagai modal untuk mengembangkan bisnis. Perlu diketahui juga, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk belajar. Apalagi saat ini internet semakin mudah digunakan.

Cita-cita yang Bagus Untuk Entrepreneur

Memang benar adanya tidak semua orang tahu apa yang sedang dicita-citakan. Sebenarnya apapun itu, cita-cita yang bagus pasti akan mengarah ke hal-hal yang positif. Nah, ingin tahu lebih jelasnya apa saja cita-cita yang paling cocok untuk entrepreneur sejati? Berikut penjelasannya.

1. Pebisnis

Nah, cita-cita yang bagus sangat berhubungan dengan entrepreneur yaitu pebisnis. Bahkan banyak orang yang menganggap jika cita-cita yang satu ini dapat menjamin masa depan menjadi lebih baik. Apalagi bagi orang-orang yang sama sekali tidak nyaman bekerja di bawah pimpinan.

Tentunya untuk memulai bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Kedepannya pasti akan ada tantangan yang dihadapi. Mulai dari materi, tenaga dan lainnya. Intinya jika ingin menjadi pebisnis sukses, pastikan jika berusaha keras dan tanpa menyerah. 

2. Pengacara

Cita-cita yang bagus selanjutnya yaitu pengacara. Proses ini banyak dianggap sebagai advokat dan dapat menjamin masa depan lebih baik, terutama dalam bidang hukum. Untuk memulai harus kuliah dengan mengambil jurusan serupa.

Nantinya pada masa pelajar tersebut akan diajarkan mengenai berbagai cara mengatasi masalah yang berhubungan dengan hukum. Namun, untuk menjadi seorang pengacara tentu harus diimbangi dengan kerja keras. 

3. Membangun Startup

Nah, cita-cita yang bagus yang tidak kalah bagus yaitu membangun Startup. Dewasa ini banyak sekali perusahaan startup yang sudah sukses di antaranya ojek online, e-commerce dan lain sebagainya. Nah, Dari sini anda bisa termotivasi untuk dijadikan sebagai cita-cita di masa depan.

Tentunya untuk membangun start-up tidak mudah, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Salah satunya yaitu dengan mencari inovasi terbaru agar semakin banyak diminati orang. Selain itu, pernah juga untuk mencari pengetahuan dan pengalaman dalam bidang bisnis start-up. 

4. Seniman

Adalagi cita-cita yang bagus yaitu menjadi seorang seniman. Memangnya cita-cita ini tidak dimiliki semua orang, dikarenakan membutuhkan kemampuan khusus. Sedangkan seniman ini juga menyangkut berbagai macam hal seperti koreografer, desain fashion, musisi dan lain sebagainya.

Apapun itu yang anda pilih, harus diimbangi dengan usaha yang keras. Mengingat apapun yang diinginkan tentu akan sulit dicapai jika tidak melakukan kerja keras. Percuma saja jika anda mempunyai perencanaan yang matang, tapi tidak bisa merealisasikannya.

5. Jurnalis

Adapun cita-cita yang bagus selanjutnya yaitu menjadi jurnalis. Biasa banyak orang yang menyebut jurnalis Sebagai wartawan. Sedangkan untuk menjadi seorang jurnalis tidak harus mengambil jurusan ini. Intinya siapapun bisa menjadi jurnalis.

Namun, untuk menjadi seorang jurnalis banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Salah satu kendala yang paling banyak dialami yaitu harus dapat berpikir cepat dan kritis. Sedangkan untuk ruang lingkup jurnalisme ini pada media elektronik dan media cetak.

Nah, itulah cita-cita yang bagus yang bisa anda pilih sesuai dengan kemampuan terutama bagi entrepreneur sejati. Namun, pastikan juga jika menjadi seorang entrepreneur harus mempunyai beberapa mindset tersebut untuk dijadikan sebagai modal.

Untuk anda yang mungkin punya cita-cita jadi pebisnis nantinya, maka bisa coba untuk memasarkan produk anda di Moselo. Kami merupakan marketplace yang bergerak di industri kreatif, dimana kami menampung berbagai produk handcraft karya anak negeri.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences