Moselo
Moselo Journal

Cara Membuat Email Bisnis untuk Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Posted on 22 Jun 2022
Share this post: 

Bagaimana cara membuat email?

Terutama bagi kamu yang memiliki usaha dan melakukan penjualan baik online maupun offline, membuat email saat ini sangatlah penting. Mengapa? Salah satu alasannya adalah dapat meningkatkan kredibilitas bisnis yang sedang kamu jalankan.

Mungkin kamu sudah mengetahui cara membuat email. Karena email dibutuhkan untuk membuat akun media sosial dan digunakan untuk mendaftar di aplikasi tertentu. Tapi, apakah kamu tahu cara membuat email bisnis?

Tentu saja, email bisnis dan email pribadi memiliki perbedaan. Salah satunya adalah kamu bisa membuat domain sendiri. Misalnya, jika pribadi biasa menggunakan namasaya@gmail.com, maka pada email bisnis kamu bisa menggunakan namasaya@namaperusahaan.com.

Perbedaan Email Pribadi dan Email Bisnis

Agar kamu memiliki pemahaman yang lebih utuh apa saja perbedaan email pribadi dengan email bisnis, kamu bisa melihat perbedaannya di sini.

Fungsi

Jika dilihat dari segi fungsinya, jelas email pribadi cocok digunakan untuk keperluan pribadi semata. Sedangkan email bisnis bisa digunakan untuk membangun branding dan melakukan promosi karena nama perusahaan tercantum pada nama email.

Domain

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, email bisnis bisa menggunakan domain sesuai keinginan kamu. Bahkan, kamu bisa memasukkan nama perusahaan sebagai nama domainnya. Misalnya saja, andri@berkahjaya.com.

Baca Juga: 8 Ide Kerajinan Bahan Keras yang Banyak Diminati di Zaman Sekarang

Bandingkan dengan email pribadi yang hanya bisa menggunakan domain yang sudah disediakan. Misalnya, andri@gmail.com atau andri@yahoo.com. Perbedaan inilah yang membuat email bisnis lebih sering digunakan untuk keperluan usaha karena bisa mencantumkan nama perusahaan sebagai domain. Dengan begitu lebih mudah dikenal oleh calon pelanggan.

Tingkat Kredibilitas

Email bisnis memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi karena mencantumkan nama perusahaan di belakangnya. Sehingga, jika kamu melakukan promosi via email, penerima email akan merasa yakin bahwa pesan yang mereka terima adalah dari perusahaan kamu.

Berbeda dengan email pribadi yang tidak bisa mencantumkan nama perusahaan sebagai domain. Jika kamu melakukan promosi menggunakan email pribadi, bukan tidak mungkin calon pelanggan merasa ragu. Bahkan, mereka juga bisa mengira bahwa pesan yang kamu kirimkan adalah penipuan semata.

Berbayar dan Gratis

Untuk membuat email pribadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena gratis. Namun, berbeda dengan email bisnis yang tidak gratis alias berbayar. Besaran biaya email bisnis tergantung dari kapasitas, fitur, dan juga kualitas layanannya.

Kamu bisa menyesuaikan budget yang pas dengan kebutuhanmu saat ini.

Kapasitas Data

Email pribadi memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil. Bahkan, ketika kamu ingin mengirimkan data, juga akan dibatasi. Berbeda jika kamu menggunakan email bisnis yang berbayar.

Besaran kapasitas datanya lebih besar daripada email pribadi. Semakin mahal kamu membayar email bisnis, semakin besar pula kapasitas data yang disediakan oleh penyedia layanan. Ini akan sangat membantu kamu ketika ingin mengirimkan materi promosi atau proposal dalam memori yang cukup besar.

Cara Membuat Email Bisnis

cara membuat email

Cara membuat email untuk bisnis sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya, melalui cPanel, Layanan Email Hosting, Zoho, atau melalui Google Workspace. Kamu bisa memilih cara yang menurutmu mudah untuk dilakukan.

Cara Membuat Email dari CPanel

Cara pertama adalah membuat email dari cPanel. Cara ini sering digunakan bagi mereka yang ingin membuat email bisnis. Tapi, untuk kamu yang masih belum tahu bagaimana caranya, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

mengakses menu Email Accounts di cPanel
  1. Pertama-tama, buka terlebih dahulu cPanel
  2. Kemudian, kamu akan melihat banyak menu di dalamnya. Kamu bisa memilih Email Accounts, lalu klik tombol Create untuk membuat email yang baru
  3. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi form yang sudah disediakan, yaitu:
  4. Domain. Masukkan domain yang ingin kamu masukkan ke dalam email. Misalnya saja, namaperusahaan.com
  5. Username. Selain itu, kamu juga diminta untuk memasukkan username. Username ini adalah kata yang tercantum di bagian email sebelum tanda @. Misalnya, kamu memasukkan supportcenter. Sehingga, nantinya email bisnis kamu akan tertulis seperti ini, supportcenter@namaperusahaan.com
  6. Password. Buat password yang mudah diingat namun tidak mudah untuk ditebak. Kamu juga bisa menggunakan layanan generate password yang biasanya memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Namun, kalau kamu membuatnya sendiri, pastikan indikatornya berwarna hijau
  7. Optional Settings. Di sini kamu bisa menggunakan pengaturan default atau melakukan perubahan sendiri pada menu pilhan storage atau folder untuk email kamu.
  8. Jika sudah, klik tombol Create, dan selamat email bisnis kamu sudah dibuat!

Sayangnya, membuat email menggunakan cPanel memiliki kekurangan, yaitu kapasitas penyimpanan yang hanya dibatasi 10 GB saja.

Cara Membuat Email dari Google Workspace

halaman awal Google Workspace

Cara membuat email lainnya yang bisa kamu coba adalah melalui Google Workspace. Bagi yang belum tahu, Google Workspace dulunya bernama GSuite. Kamu bisa membuat email menggunakan domain sendiri dan mengoperasikannya melalui Gmail.

Google Workspace adalah layanan berbayar, yaitu minimal 3 dollar per bulannya. Buat kamu yang ingin mencobanya, bisa menggunakan versi gratisnya selama 14 hari.

Begini cara membuat email di Google Workspace!

  1. Pertama, buka laman Google Workspace, lalu klik start free trial
  2. Kemudian, isi form yang tersedia seperti nama perusahaan, region, dan jumlah karyawan
  3. Lalu, isi info kontak yang sudah disediakan, karena kamu secara otomatis menjadi admin
  4. Pilih Yes, I Have One That I Can Use jika kamu sudah memiliki domain sendiri
  5. Masukkan nama domain lalu konfirmasi
  6. Kemudian, kamu bisa memilih ingin mendapatkan email newslater dari Google ataukah tidak
  7. Setelah itu, buat email bisnis dan juga passwordnya. Jangan lupa untuk klik Captcha dan juga Agree and Continue
  8. Selesai

Selamat! kamu sudah bisa menggunakan email bisnismu saat ini.

Manfaat Membuat Email Bisnis

Tidak hanya sekedar email, tapi, email bisnis membawa banyak manfaat untuk usaha kamu salah satunya meningkatkan kredibilitas. Faktanya, berdasarkan survey yang pernah dilakukan oleh Verisign, sebanyak 74% pelanggan lebih yakin dan percaya pada email yang menggunakan domain sendiri ketimbang email pribadi.

Berdasarkan survey tersebut, bisa dijadikan sebagai acuan bahwa saat ini email bisnis masih bisa diandalkan untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Dengan begitu, bukan tidak mungkin akan terjadi peningkatan usaha yang signifikan.

Artikel Selanjutnya: Contoh Kerajinan Bahan Keras dan Cara Membuatnya

Selain meningkatkan kepercayaan, email bisnis juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan usaha kamu. Semakin sering kamu memberikan promosi atau penawaran menggunakan email bisnis, semakin familiar pula calon pelanggan akan nama perusahaan yang kamu promosikan.

Efeknya, orang-orang akan cenderung membeli produk ke brand yang sudah familiar mereka dengar. Karena sudah tertanam di alam bawah sadar mereka dan enggan mencoba ke brand baru yang belum familiar bagi mereka.

Cara membuat email bisnis mungkin sangat mudah, namun efeknya juga luar biasa dalam meningkatkan citra profesional usaha sahabat moselo. Jadi, kapan kamu akan membuat email bisnis?

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences