Moselo
Moselo Journal

8 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Saat Sedang Banyak Masalah

Posted on 18 Jan 2022
Share this post: 
8 cara berdamai dengan diri sendiri

Jika Anda sekarang sedang dihadang oleh banyak masalah kehidupan maka jangan putus asa dulu. Ada banyak cara berdamai dengan diri sendiri, membuat keadaan jadi lebih baik sehingga bisa keluar dari maalah tersebut. Tanpa disadari, ternya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan keadaan. 

Faktor yang Membuatmu Tidak Bisa Berdamai Dengan Diri Sendiri 

Di zaman yang sudah maju ini tidak bisa dipungkiri jika tuntutan hidup semakin bertambah. Tidak semua orang bisa memenuhinya, banyak diantaranya merasa gagal berproses dan akhirnya menyalahkan dirinya sendiri. Tidak bisa berdamai dengan diri sendiri  menjadi hambatan besar harus dihilangkan.

1. Kebiasaan Mengkritik Diri Sendiri 

Salah satu alasan mengapa banyak orang selalu menyalahkan diri sendiri adalah terlalu sering kritik diri sendiri. Sebenarnya kritik merupakan hal yang sah-sah saja, namun jika ujung-ujungnya hanya menjelekkan kemampuan atau fisik sendiri sudah lain lagi urusannya.  

Tindakan seperti ini bukan cara berdamai dengan diri sendiri. Justru bisa menyalahkan atau membesar-besarkan kesalahan saja. Bukan menambah rasa percaya diri justru mundur dari proses yang sedang dikerjakan. Jika terus seperti itu justru akan semakin tersiksa dan tidak kunjung keluar dari tekanan. 

2. Selalu Menerapkan Standar yang Terlalu Tinggi 

Hati-hati jika Anda merasa memiliki kepribadian obsesif. Ini bisa menjadi salah satu gagalnya saat mulai menerapkan cara berdamai dengan diri sendiri. Perlu diingat jika tidak semua hal harus tertata dengan sempurna, kadang kala ada kesalahan kecil yang membut rencana jadi tidak terlaksana dengan baik. 

Namun itu juga bukan menjadikan alasan untuk terus menyalahkan diri sendiri. Anda memang diharuskan belajar lagi, memulai dari awal kembali agar nantinya bisa menuai hasil lebih baik dari sebelumnya. Jadi jangan mudah putus asa jika mengalami kegagalan, cobalah melakukannya lagi. 

3. Trauma Dengan Masa Lalu 

Hal yang tidak banyak disadari oleh orang mengapa mereka belum bisa berdamai dengan diri sendiri adalah karena ada trauma dengan masa lalu. Misalnya saja ada luka karena broken home atau pertengkaran dari kedua orang tua. Kejadian ini tentu tidak bagus juga untuk proses pendewasaanmu. 

Biasanya banyak orang merasa tidak bisa memaafkan diri sendiri karena kejadian traumatis tersebut. Pola pikir seperti ini tentu menjadi penghalang untuk menerapkan cara berdamai dengan diri sendiri. Luka fisik dan batin tersebut memang harus disembuhkan agar tidak berlarut-larut. 

Begini Cara Bedamai Dengan Diri  Sendiri yang Harus Diterapkan

Berdamai dengan diri sendiri memang tidak mudah. Apalagi jika sudah berulang kali mengalami kegagalan.  Tanpa disadari hal ini bisa mengganggu proses belajar dan pendewasaanmu. oleh karenanya cepat atau lambat Anda harus bisa mendapatkan cara berdamai dengan diri sendiri secara tepat. 

1. Harus Percaya Dengan Diri Sendiri 

Berdamai dengan diri sendiri memang tidak semudah kedengarannya. Ekspektasi terlalu tinggi dari lingkungan terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Menganggap hal tersebut menjadi beban dan target yang dibuat tidak sesuai dengan kemampuan diri sendiri untuk meraihnya.

Namun sebagai manusia biasa tentunya tidak bisa terus menerus berada di hal tersebut. Percaya diri adalah faktor paling penting yang harus dimiliki oleh masyarakat jaman sekarang. Hanya diri sendiri yang bisa membuatmu tetap tangguh menghadapi kerasnya dunia. Orang lain boleh hilang tapi dirimu jangan. 

2. Selalu Memiliki  Pemikiran yang Positif 

Tidak semua orang bisa mendapatkan pikiran yang positif. Cara berdamai dengan diri sendiri bisa diawali dengan tidak membiarkan pikiran-pikiran buruk mampir di otak Anda. Tepis jauh-jauh bila mulai tumbuh pikiran buruk. Hal ini sangat berguna untuk membuat arah hidup jadi lebih baik dan terarah baik. 

Jangan terlalu sering memanjakan pemikiran yang buruk, lambat laun hal tersebut akan menjadi bumerang di hidupmu. Pikiran negatif yang terus berlarut-larut dalam kepala hanya membuatmu terus menerus berspekulasi terlalu berlebihan. Jadi sebaiknya mulailah jadi orang dengan positif vibes.

3. Memperdulikan Diri Sendiri 

Beranjak dewasa tentu akan bertambah banyak masalah yang dihadapi. Anda harus memiliki motivasi yang baik sebagai cara berdamai dengan diri sendiri. Jangan terlalu sering menginginkan banyak hal padahal kapasitas diri belum mencapai hal tersebut. Boleh saja, namun tidak berlebihan. 

Oleh karenanya mulai sekarang cobalah untuk mengenali kapasitas dan kemampuan yang dimiliki diri sendiri. Boleh saja menginginkan sesuatu asal tidak menyakiti diri sendiri. Harus menikmati semua proses yang ada. Jika merasa lelah maka istrahatlah, pedulikan kesehatan mental dirimu sendiri. 

4. Menghadapi Rasa Takut yang Muncul

Sebagai manusia biasa pastinya juga memiliki rasa takut akan sesuatu, bahkan yang belum terjadi sekalipun. Berusahalah untuk menghadapinya, akui jika perasaan itu memang ada. Dengan menghadapinya sudah menjadi salah satu cara berdamai dengan diri sendiri yang tepat. 

Saat sudah berhasil menghadapi rasa takut tersebut maka tanpa sadar kemampuanmu juga akan bertambah. Proteksi diri jadi lebih kuat dari biasanya. Meskipun tidak langsung hilang sepenuhnya namun setidaknya jadi tahu bagaimana cara untuk mengatasinya ketika muncul kembali. 

5. Siap Untuk Merasa Kecewa 

Dalam hidup pastinya tidak hanya ada perasaan sedih dan senang saja, di dalamnya juga terdapat perasaan kecewa. Sebagai manusia biasa pasti pernah merasakannya, bahkan orang sukses sekalipun tidak akan luput dari kecewa. Hadapi dengan tegar dan sadari jika itu adalah hal wajar dalam hidup. 

Menghadapi perasaan kecewa dengan tegar menjadi salah satu upaya cara berdamai dengan diri sendiri. Apalagi semakin bertambahnya usia kekecewaan semakin sering hadir membuatmu menyadari jika memang manusia hanya bisa berencana. Urusan selanjutnya adalah Tuhan yang menentukan. 

6. Jangan Terlalu Perfeksionis Menjalani Hidup 

Tanpa sadar keinginan untuk selalu terlihat sempurna justru membuat hidup kurang bahagia. Cobalah perlahan untuk menerima kesalahan yang di perbuat karena itu tandanya sedang mencoba cara berdamai dengan diri sendiri. Misalnya dengan tidak terlalu menyalahkan dan menghukum diri sendiri. 

Berdamai dengan diri sendiri tandanya Anda sudah sepenuhnya menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Jangan hanya karena hal terebut akhirnya membuatmu terpuruk sampai akhirnya merasa bahwa itu adalah masalah dan kesalahan besar. 

7. Beri Waktu ke Diri Sendiri

Sebenarnya untuk memahami itu semua, harus ada waktu ke diri sendiri. Beri dirimu waktu untuk menerima semua kekurangan dan kelebihan tersebut. Jangan sampai justru memaksakan apa yang tidak bisa dilakukan oleh dirimu. 

Hal ini ternyata sangat ampuh untuk menjadi cara berdamai dengan diri sendiri. Mencoba untuk berdamai melalui waktu agar akhirnya membungkus semua luka dan menjadikannya indah. Anda harus percaya proses saat melauinya. 

8. Dekatkan Diri Kepada Tuhan 

Terakhir, ini adalah hal basic yang mungkin banyak orang lupakan. Sebenarnya mendekatkan diri kepada Tuhan juga bisa memperkuat hasil dari cara berdamai dengan diri sendiri. Menyelamatkan dari depresi melalui kegiatan sprititual seperti berdoa. 

Meskipun banyak orang berkata kalau masalah mental tidak ada kaitannya dengan Tuhan namun tetap saja ada benang merahnya. Ketika kamu percaya sepenuhnya pada Tuhanmu maka rasa kekurangan dan ambisi negatif itu seharusnya tidak ada. 

Itulah beberapa upaya bisa dilakukan sebagai cara berdamai dengan diri sendiri. Kelihatanya sederhana namun tentu tidak mudah. Akan ada banyak hal yang menghancurkan dan mengganggu, jadi bulatkan tekadmu agar semakin kuat menaklukan waktu.

Untuk anda mungkin butuh hiburan sebagai media refreshing maka bisa coba untuk mengunjung laman Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif, disini anda akan menemukan beragam kerajinan unik serta menarik yang pasti tidak ada temukan di tempat lain. Siapa tahu dari sini anda bisa mendapatkan ide menarik untuk membuat sebuah kerajinan tangan nantinya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences