Moselo
Moselo Journal

Brand Ambassador: Pengertian, Jenis, Tugas, Tanggungjawab

Posted on 20 Jun 2022
Share this post: 

Di era digital saat ini, terminologi dalam dunia bisnis semakin berkembang.  Kamu pasti pernah mendengar istilah brand ambassador. Bagi yang belum mengetahui kata tersebut, mungkin akan bingung dengan definisinya. Singkatnya, brand ambassador adalah seseorang yang memainkan peran penting dalam branding dan pemasaran perusahaan.

Meski bukan pegawai, seseorang yang bekerja di bidang ini memiliki fungsi penting dalam perusahaan. Permintaan akan brand ambassador terus meningkat seiring dengan jumlah pengguna media sosial. Setiap perusahaan sekarang bersaing untuk mendapatkan brand ambassador terbaik.

Pengertian Brand Ambassador

brand ambassador

Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Brand Ambassador berarti duta merek. Dengan demikian, brand ambassador adalah seseorang yang mewakili atau menjadi duta untuk mempromosikan suatu merek atau produk dengan mendukungnya dalam bentuk kegiatan yang mengikuti idetitas perusahaan. Pada dasarnya keberadaan brand ambassador ini adalah untuk menyadarkan masyarakat akan suatu produk atau merek.

Baca Juga: Cara Membuat Logo Olshop yang Simple dan Mudah

Seringkali, perusahaan dengan strategi promosi yang sangat baik bekerjasama dengan individu atau kelompok tertentu untuk membantu mempromosikan produk. Orang-orang ini disebut duta merek. Namun, perlu dicatat bahwa pemilihan individu atau kelompok tidak boleh sembarangan. Hanya mereka yang telah diakui kemampuannya yang ahli dalam suatu bidang.

Sebagai gambaran, duta merek Indonesia seringkali adalah selebritis atau publik figur. Idealnya, selebriti dan tokoh masyarakat dipilih berdasarkan identitas bisnis yang akan dipromosikan. Karena mereka akan dipilih untuk mewakili perusahaan di acara-acara tertentu.

Jenis-Jenis Brand Ambassador

Meskipun telah disebutkan di atas bahwa brand ambassador adalah orang-orang yang berpengaruh, pada kenyataannya duta merek dapat digolongkan menjadi beberapa kategori.

Influencer Brand Ambassador Program

Seperti namanya, melalui program ini, kamu akan bekerja dengan seorang social influencer atau influencer besar yang akan menjadi duta merek perusahaan kamu. Saat berkolaborasi, influencer akan terus mengunggah konten bersponsor untuk jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Sebagai imbalannya, influencer biasanya memperoleh penghasilan atau gaji dan menerima produk gratis untuk tujuan promosi.

Sesuai dengan namanya, mereka tidak berasal  dari manusia biasa. Sebaliknya, mereka cukup kuat untuk didengar oleh masyarakat umum. Karena pengaruhnya yang luas, tidak heran jika kemitraan perusahaan dengan BA cukup erat.

Dalam pelaksanaan tugasnya akan dikelola langsung oleh tim Customer Relationship Management (CRM) perusahaan. Tim ini akan merencanakan program, menyiapkan segala persyaratan, dan mengelola Brand Ambassador Program agar berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan. Beberapa dari duta merek jenis awal ini termasuk selebriti, YouTuber, blogger, dan banyak lagi.

Affiliate Brand Ambassador Program

Brand Ambassador jenis kedua ini menggunakan pemasaran afiliasi atau affiliate marketing di mana bisnis dan duta merek mendapatkan keuntungan dari kemitraan ini. Selama kemitraan ini, perusahaan akan berkolaborasi dengan seseorang, biasanya seorang blogger atau influencer, untuk mempromosikan  produk atau layanan tertentu.

Mereka dapat memasarkan bisnis mereka dengan membagikan tautan di situs web atau media sosial mereka. Sebagai imbalannya, affiliate marketer atau pemasar afiliasi akan menerima komisi setiap kali seseorang berhasil melakukan pembelian melalui link tersebut.

Penjualan yang dilakukan oleh BA dapat dilacak melalui link afiliasi. Program ini adalah metode terbaik untuk meningkatkan penjualan karena perusahaan hanya  membayar afiliasi ketika duta merek melakukan penjualan yang sukses.

Informal Brand Ambassador Program

Tidak seperti program lainnya, informal brand ambassador bisa siapa saja yang menyukai produk atau layanan perusahaan kamu. Kebanyakan dari mereka berawal dari  fanatik terhadap merek tertentu, yang secara sadar dan bebas mempromosikan produk merek tersebut kepada orang lain.

Duta merek jenis ini merupakan hasil dari kepuasan pelanggan terhadap layanan atau produk perusahaan.

Dalam program ini, tidak ada kesepakatan formal dan biasanya tidak ada pembayaran yang dilakukan kepada duta merek untuk promosi tersebut. Meski tidak dibayar, informal brand ambassador dengan senang hati berbagi cerita tentang produk atau layanan perusahaan kamu karena mereka adalah pelanggan setia yang suka dengan bisnis, produk, atau layanan yang dibuat oleh perusahaan.

Seiring waktu, jika pengaruh mereka cukup besar untuk merek, mereka dapat menjadi bagian dari mikro-influencer.

College Brand Ambassador Program

College Brand Ambassador adalah mahasiswa yang mempromosikan produk dan layanan perusahaan kepada mahasiswa lain. Mereka dapat mensponsori merek di dalam atau di luar kampus dengan membagikan souvenir gratis, sampel produk atau layanan perusahaan, memajang poster perusahaan, mendirikan stan pameran, mengadakan acara promosi, atau memposting konten di media sosial.

Baca Juga: Macam-Macam Bahan Sintetis, Cocok Buat Usaha Anak Milenial

College Brand Ambassador sangat cocok untuk merek yang target demografisnya adalah mahasiswa, terutama berusia antara 18 – 25 tahun. Jika audiens target perusahaan berada di luar jangkauan, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan program duta merek lain.

Tugas dan Tanggung Jawab Duta Merek

Selain mempromosikan produk di jejaring sosial, tugas dan tanggung jawab duta merek lainnya adalah membuat konten promosi, berpartisipasi dalam event perusahaan, mempromosikan produk secara positif, menjaga hubungan baik dengan vendor, hingga memberikan saran untuk produk selanjutnya.

Tips Memilih BA

Supaya duta merek bisa memberikan pengaruh positif bagi perusahaan, maka perusahaan harus memilih dan menunjuk orang yang akan menjadi sebagai duta merek. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih brand ambassador, seperti:

Profil

Seorang duta merek harus orang yang sangat terkenal. Mereka harus memiliki profil yang layak untuk memastikan merek mendapatkan jangkauan dan popularitas yang mereka cari. Ingatlah bahwa kuncinya adalah relevansi. Pastikan brand ambassador sejajar dengan target pasar.

Reputasi

Ketahui apa yang orang pikirkan dan katakan tentang calon duta merek kamu. Ini akan membantu kamu memahami bagaimana reaksi dan perasaan audiens kamu tentang merek tersebut. Dan bagaimana BA akan menjalankan peran mereka sesuai dengan hal itu.

Kredibilitas

Apakah pelanggan kamu mempercayai duta merek kamu? Cari tahu juga apakah duta merek potensial kamu bekerja dengan merek lain yang serupa dan bagaimana hal itu memengaruhi merek Kamu. Hal ini penting agar kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang akan menghambat atau membatasi keefektifan brand ambassador.

Faktor X

Duta merek harus mampu membuat orang lain berdiri dan memperhatikan. Oleh karena itu, carilah duta merek yang benar-benar dikagumi oleh pelanggan.

Percaya pada Merek

Saat memilih Brand Ambassador, pastikan bahwa ia juga percaya pada merek. Kalaupun perlu Bduta merek ini juga sebagai pemakai merek tersebut. Karena BA harus mengkomunikasikan merek dengan ketulusan dan konsistensi. Selain itu, dia pun bisa merasakan kualitas produknya secara langsung.

Inilah beberapa hal seputar Brand Ambassador yang perlu sahabat moselo ketahui. Jika kamu ingin merekrut seorang duta merek ini, maka kamu harus teliti dan  juga jeli ketika memutuskan untuk memilihnya. Karena ini berhubungan dengan produk yang kamu jual agar laris di pasaran.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences