Moselo
Moselo Journal

Bahan Satin: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 15 Des 2021
Share this post: 
karakteristik bahan satin

Sebagian besar masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan satin. Salah satu bahan premium yang bisa digunakan untuk pembuatan berbagai macam produk konveksi, mulai dari pakaian biasa sampai ke gaun cantik. Untuk lebih mengenalnya lebih dalam Anda bisa simak penjelasan dibawah ini. 

Spesifikasi Lengkap Dari Bahan Satin 

Bila Anda sering berkunjung di toko-toko kain pasti sudah sering melihat bahan satin. Karena look-nya yang mewah membuat bahan satu ini sukses selalu jadi material utama dalam dunia fashion. Banyak para desainer terpikat dengan karakteristik dan spesifikasi yang dimilikinya.

1. Tampilan Mewah 

Bahan satin memiliki kesan mewah ketika digunakan sebagai material utama dalam pembuatan sebuah pakaian. Tak heran bila banyak dress atau brand fashion ternama mempercayakan banyak produknya dijahit dari kain satin. Bahkan Anda yang baru pertama melihatnya saja bisa langsung jatuh cinta. 

Anda bisa melihat sendiri betapa mewah dan mengkilapnya setiap sudut dari bahan satin. Kilauan benang akan terlihat semakin elegan saat sudah menjadi suatu setelan baju pakai. Kain satin ini memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya jika sudah menyangkut penampilan. 

2. Stylish Dipadukan Trend Apapun 

Jika Anda memiliki detail lebih jelas pasti bisa membuat penampilan makin stylish hanya dengan menggunakan perpaduan dari bahan satin saja. Banyak orang memutuskan untuk membuat pakaian formal hanya dengan menggunakan satin. Look fresh dan elegan akan langsung terasa. 

Itulah alasan mengapa akhirnya harga dari bahan satin juga termasuk lebih tinggi dibandingkan jenis bahan lainnya. Jika ingin modis tapi tidak menggunakan desain terlalu heboh satin memang menjadi pilihan yang tepat. Tinggal pilih warna sesuai warna kulit saja. 

3. Nyaman Digunakan 

Bagi yang takut bahan satin akan mengganggu kenyamanan hal tersebut salah besar. Sebab hawa yang ditimbulkan saat kain menyentuh kulit adalah rasa dingin sehingga tidak akan membuat Anda gatal atau gerah saat sedang memakainya. Dalam waktu lama sekali pun pengguna tetap merasa nyaman. 

Nyaman atau tidaknya itu memang sesuai dengan selera masing-masing orang. Oleh karena itu saat membeli kain di tokonya lebih baik coba dulu letakkan di kulit. Dari situ Anda bisa merasakan apakah nantinya bahan ini bisa memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. 

4. Cukup Rapuh 

Meskipun dikenal memiliki kelebihan dan kualitas yang banyak namun nyatanya bahan satin juga memiliki kekurangan. Ternyata kain jenis ini memang tidak bisa asal menjahitnya. Harus dengan skill dan kemampuan yang baik. Jika sampai salah maka akan membuat kerusakan fatal dan tidak bisa diperbaiki. 

Meskipun tidak menerawang namun benar jika tekstur dari bahan satin memang tipis dan licin, jika salah jahit hasilnya justru akan ruwet dan membuat susut. Kalau sudah susut serat kain tidak bisa dikembalikan seperti semula lagi. Jadi pastikan penjahitnya sudah ahli dan profesional. 

5. Tidak Bisa Cuci Dengan Mesin 

Kualitas bagus dari bahan satin tentu harus dijaga dengan baik. Misalnya saja dengan tidak mencucinya menggunakan mesin. Lebih disarankan cuci pakai tangan karena dengan begitu Anda bisa mengontrol tenaga tangan yang dikerahkan ke pakaian tersebut. 

Saat pengeringan lebih baik menggunakan tenaga angin saja. Cukup dengan memeras baju atau pakaian tersebut dengan tenaga sedang saja. Kemudian jemur di area teduh yang ada plafonnya. Dengan tidak adanya sinar matahari yang terkena langsung membantu kualitas bahan ini tetap bagus. 

Karakteristik Dari Bahan Satin 

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap dari kelebihan dan kekurangan bahan satin sekarang waktunya untuk tahu karakteristiknya. Dengan tahu karakter dari bahan maka Anda bisa mendapatkan gambaran desain dan model yang akan digunakan pada bahan. 

1. Memiliki Tekstur Kain Glossy 

Bila Anda termasuk orang yang senang menggunakan pakaian yang membuat kesan tampak mewah dan elegan maka bahan satin adalah pilihan yang tepat. Sebab bahan satu ini memang tampak glossy dan mengkilap. Dengan pemilihan warna sesuai akan membuat kulit memancarkan auranya. 

Tidak heran jika akhirnya banyak orang lebih memilih untuk menggunakan bahan satin untuk membuat pakaian atau dress code model formal. Desain yang tepat siap membuat penampilanmu juga makin cantik. Terlihat lebih luwes dibandingkan pakai jenis bahan lain. 

2. Sifat Kain yang Lembut 

Dari jauh saja sudah sangat kelihatan jika yang mengkilap licin itu adalah bahan satin. Tanpa disentuh sekalipun Anda pasti sudah tahu jika teksturnya pasti akan sangat lembut. Terasa ringan jatuh ke kulit sehingga membuat kulit nyaman, tidak lepek meskipun berkeringat sekalipun. 

Jadi bagi Anda yang sedang mencoba untuk memilih baju untuk outfit ke acara formal outdoor bisa coba menggunakan bahan satin saja. Sifatnya yang ringan dan jatuh akan membuat siapapun pasti akan langsung jatuh hati. Ke acara outdoor seharian sekalipun tidak membuat penampilan jadi berantakan. 

3. Motif dan Pola yang Indah 

Tak hanya kualitas serat kain saja yang bagus, namun pola dan motifnya juga menawan. Meskipun kebanyakan adalah kain polos ada beberapa yang menggunakan motif juga pola sederhana. Meskipun sederhana namun tetap terlihat mewah dan indah dipandang mata. 

Hal ini tentu sangat bagus bagi Anda yang tidak suka motif atau pola bahan yang terkesan lebay. Selain itu bahan satin memang nampak serasi jika dipadukan dengan sedikit motif agar menambah kesan mewahnya. Namun perpaduan yang diberikan tentunya disesuaikan dengan selera masing-masing. 

Tips Penggunaan Bahan Satin 

Bahan satin merupakan salah satu kain yang memiliki karakteristik khas. Mudah sekali membedakannya dengan berbagai macam jenis kain lainnya. Hanya saja Anda juga harus ingat jika dibalik kemewahannya ada beberapa indikasi perlu diperhatikan sebagai cara perawatan yang baik dan benar. 

1. Jangan Mencuci Pakai Mesin 

Karena teksturnya yang lembut dan menawan itulah bahan satin akhirnya menjadi salah satu kain paling populer dan diminati masyarakat Indonesia. Sayangnya banyak orang masih abai dengan cara perawatannya yang benar. Mereka masih ngotot mencucinya dengan mesin. 

Padahal tenaga dari mesin cuci tidak cocok untuk membersihkan bahan satin. Justru nanti bisa merusak dan membuat teksturnya jadi tidak mengkilap lagi. Apalagi daya pengering mesin kekuatannya juga lebih besar dibandingkan tangan. 

2. Setrika dengan Suhu Rendah 

Selanjutnya adalah menyetrika pakaian dengan suhu yang rendah saja. Suhu yang terlalu panas dari setrika bisa membuat kilaunya semakin memudah. Elastisitas menurun dan permukaan kasir jadi kasar. Hal ini tentu mengakibatkan ketidaknyamanan para pengguna. 

Jangan serahkan pakaian bahan satin ke laundry karena mereka menggunakan setrika dengan suhu tinggi. Lebih baik dicuci sendiri dengan tangan. Hasilnya bahan ini akan lebih tahan lama, awet bahkan bisa dipakai sampai ke anak cucu generasi berikutnya. 

Banyak sekali informasi soal industri fashion yang memakai bahan satin bisa Anda temukan di Moselo. Terdapat sejumlah produk industri kreatif anak bangsa yang menggunakan bahan satin disini, mulai dari Scarf Garden Blue, Scrunchies Handmade, Doodle Dolie Mini Scarf, dan lain sebagainya.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences