Moselo
Moselo Journal

Bahan Fleece: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 09 Des 2021
Share this post: 
karakteristik bahan fleece

Apa itu bahan Fleece ? mungkin anda sudah cukup sering menemukanya di sebuah pakaian, hanya saja anda tidak menyadari hal tersebu. Karena pada umumna bagi orang yang awam soal bahan kain pasti menyebutkan jenis kain itu sama semua, padahal faktanya berbeda-beda dan ada banyak macamnya.

Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih detail tentang apa itu bahan Fleece, mulai dari pengertian, karakteristik, hingga kelebihan dan kekurangannya. Penasaran seperti apa? langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Bahan Fleece

Bahan Fleece merupakan salah satu jenis kain yang memiliki sifat dinamis untuk dijadikan pakaian. Ciri khas paling umum dan jenis kain ini adalah hangat, lembut, halus, serta punya kesan ‘berbulu’ pada saat permukaannya diraba. Banyak orang yang menyebutkan jika bahan ini merupakan imitasi dari bahan Wol karena memang keduanya memiliki kemiripan.

Untuk bahan baku pembuatan bahan ini adalah campuran Polyester dengan nylon, lycra, serta berbagai jenis bahan sintetis lainnya. Selain campuran diatas, ada juga kain Fleece yang dibuat dari campuran bahan katun, CVC, dan memiliki sedikit proporsi serat wol didalamnya.

Pada umumnya bahan Fleece ini paling banyak dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian tebal dan hangat, seperti jaket, sweater, maupun hoodie. Beberapa juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bed cover atau selimut.

Karakteristik Bahan Fleece

Nah untuk menambah wawasan anda mengenai bahan Fleece, maka berikut ini bisa anda simak mengenai karakteristik dari kain tersebut supaya tidak salah dengan jenis kain lainnya nanti.

1. Lembut, Halus, dan Hangat

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika bahan Fleece ini memiliki karakter halus, lembut, dan juga hangat. Sehingga dengan karakteristik tersebut membuat bahan ini cocok sekali digunakan sebagai bahan baku dari jaket, sweater, maupun hoodie.

Tidak hanya sekedar memberikan rasa hangat saja, namun juga memberikan rasa nyaman kepada para pengguna, sehingga sangat pas banget digunakan ketika musim dingin. Meskipun nampak tebak tebal anda tidak perlu khawatir, karena kain Fleece ini masih tetap ringan ketika digunakan.

2. Permukaanya Nampak Bercahaya

Selain karakternya yang lembut, bahan Fleece ini juga nampak terlihat bercahaya pada bagian permukaannya. Namun anda tidak perlu khawatir jika hal ini bisa membuat anda gampang beekeringat, karena bahan ini tidak punya kemampuan menyerap panas atau cahaya akan tetapi bisa memantulkannya.

3. Bagian Dalam Punya Bulu Lembut dan Tebal

Bahan Fleece ini pada bagian dalamnya terkenal memiliki bulu-bulu halus layaknya seperti bulu domba. Pasti keberadaan bulu halus ini bertujuan sebagai alat untuk memberikan rasa hangat kepada mereka yang menggunakannya.

4. Dibuat Dari Bahan Ramah Lingkungan

Yang tak kalah menarik dari bahan ini adalah salah satu jenisnya ada yang terbuat dari serat bambu.  Bahan tersebut bernama Fleece Bamboo yang dibuat dari perpaduan katun bambu dan serat Fleece.

Selain itu ada juga jenis bahan Fleece yang terbuat dari limbah daur ulang (recycled waste), tentu hal ini menjadikannya salah satu jenis kain yang ramah lingkungan.

Kelebihan Bahan Fleece

Sama halnya dengan beberapa jenis kain lainnya, bahan Fleece ini juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang perlu untuk anda ketahui. Salah satu kelebihannya dalan bahan kain yang satu ini punya daya tarik tersendiri dalam industri fashion, sehingga membuatnya sering kali dijadikan pilihan dalam pembuatan produk.

Lalu apa kelebihan lain dari kain Fleece ini? selengkapnya bisa anda simak di bawah ini :

1. Bahannya Elastis

Meskipun bahan Fleece ini dikenal tebal, akan tetapi ketebalan dari bahan tersebut tidak membuatnya jadi kaku sehingga mudah untuk dibuat pakaian. Hal ini cukup berasal karena bahan baku oembuatan kain ini memiliki campuran katun dan wol, sehingga membuanya elastis, nyaman, dan tidak gerah keika digunakan.

Karena sifat elastis yang dimiliki oleh kain Fleece ini, membuatnya tidak gampang melah pada saat sering digunakan. Pada dasarnya jenis kain ini akan mengikuti bentuk tubuh dari mereka yang mengenakannya.

2. Adem dan Nyaman

Keunggulan dari bahan Fleece selanjutnya ini adalah karakternya yang adem dan nyaman digunakan, dan hal itulah yang menjadi idaman banyak orang.  Pasalnya pakaian menjadi suatu kebutuhan pokok yang digunakan oleh seseorang sehari-hari, pastinya butuh kenyamanan supaya nanti tidak mengganggu aktifitas mereka.

3. Gampang Kering

Fakta menarik lagi dari bahan Fleece ini adalah dimana meskipun memiliki karakter yang tebal namun ia mudah kering. Karena hal tersebut, untuk anda yang memiliki pakaian dari kain Fleece tak perlu menjemurnya dibawah sinar matahari langsung.

4. Punya Daya Serap yang Baik

Bahan Fleece ini digunakan sebagai hoodie, jaket, sweater, atau pakaian hanya lain. Akan tetapi jenis kain ini memiliki kemampuan daya serap yang baik pada keringat, sehingga meskipun diguanakan sebagai pakaian hangat ketika dimusim panas pun tak jadi masalah.

5. Permukaan Kain Punya Sirkulasi Udara yang Baik

Permukaan dari bahan ini punya kemampuan untuk mengalirkan udara dnegan sangat baik, sekalipun saat itu kondisinya sedang basah. Nah karena alasan tersebut membuat kain ini dapat sebutan isolator tubuh.

6. Punya Durabilitas Lama

Durabilitas atau ketahanan dari bahan Fleece ini sangat baik, sehingga membuatnya awet tahan lama dan tidak gampang  robek meskipun digunakan dengan durasi waktu yang lama. Tentu ini cocok banget untuk anda yang tidak terlalu suka belanja pakaian.

7. Harganya Relatif Terjangkau

Dengan sederet kelebihan yang dimilikinya, siapa sangka jika harga bahan Fleece ini ternyata relatif terjangkau. Dimana untuk harga per meter dari bahan ini sekitar Rp 25.000 hingga Rp 80.000, terganting dari kualitas yang ditawarkan.

Kelemahan Bahan Fleece

Selain kelebihan diatas, pastinya bahan Fleece ini juga tak luput dengan kelemahan yang bisa jadi bahan pertimbangan anda sebelum membelinya.

1. Permukaan Kain Gampang Tertempel Rambut

Bahan Fleece ini memiliki karakter yang lembut dan berbulu, dan tak jarang hal ini membuat debu, rambut, atau partikel lainnya terjebak disana. Dan karena kondisi ini menjadikan bahan ini gampang kotor nantinya.

2. Permukaan Luar Kain Gampang Mengelupas

Selain gampang tertempel debu dan rambut, pada permukaan luar bahan Fleece ini juga gampang terkelupas. Maka dari itu penggunaan jenis kain ini pun harus lebih berhati-hati.

3. Tak Tahan dengan Cuaca Ekstrim

Bahan Fleece ini memiliki ketahanan yang kurang baik saat digunakan pada daerah dengan kondisi cuaca ekstrim, seperti pada daerah pegunungan dengan suhu minus atau di daerah gurun dengan suhu sangat panas.

4. Perawatan yang Cukup Rumit

Bahan Fleece ini memiliki kemampuan sirkulasi udara yang baik, namun kemampuan ini bakal hilang jika pakaian tersebut dicuci dengan cara yang salah, seperti penggunaan pemutih atau pewangi.  Selain itu bahan ini juga sebaiknya di cuci menggunakan tangan, karena jika memakai mesin cuci bisa merusak serat kain.

Ada berbagai macam pakaian yang terbuat dari bahan Fleece ini, mulai dari jaket, sweater, hoodie, shal, dan lain sebagainya. Nah untuk anda yang sedang cari barang handcraft dengan material Fleece, maka bisa coba kunjungi laman Moselo.

Kami merupakan sebuah marketplace yang menampung berbagai industri kreatif didalamnya, jadi anda pun bisa menemukan beragam barang unik disini.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences