Moselo
Moselo Journal

Bahan Cordura: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 08 Des 2021
Share this post: 
jenis bahan cordura

Apakah anda pernah mendengar nama bahan Cordura? Ini merupakan salah satu jenis kain yang mungkin jarang didengar. Padahal dalam dunia fashion jenis kain ini cukup sering digunakan oleh para para desainer.

Beberapa pertimbangan dari penggunaan bahan ini adalah memiliki keunggulan dibandingkan jenis lain seperti polyester, katun, nylon dan lain sebagainya. Nah untuk menambah wawasan anda, berikut akan dibahas tentang bahan Cordura, karakteristik, kelebihan dan kekurangan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bahan Cordura?

Bahan Cordura ini adalah merek kain tekstil premium yang berasa dari perusahaan bernama E.I du Pont de Nemours and Company yang mulai diproduksi sejak tahun 1929. Untuk bahan dasar pembuatan kain ini diantaranya adalah campuran nylon, polyester, dan juga katun, jenis kain ini banyak diburu oleh produsen karena memiliki sifat kuat dan daya tahan yang sangat baik.

Liensi dari bahan tersebut sekarang dipegang oleh perusahaan asal Amerika Serikat yakni Invista, namun kini banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengembangkan kain tersebut. Dengan begini sekarang banyak jenis kain yang mirip dengan Cordura, dan seiring waktu berjalan banyak orang yang menyebut kain sebagai Nilon 1000D dan sejenisnya.

Karakteristik Bahan Cordura

Setiap jenis kain pastinya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk dengan jenis kain ini. Nah berikut beberapa karakteristik dari bahan Cordura yang perlu anda ketahui, diantaranya:

  • Bahan tebal dan tidak menerawang
  • Serat kain rapat dan kuat
  • Bahan kain ini panas
  • Punya tekstur kasar
  • Anti air atau waterproof
  • Bahannya ringan

Jenis Bahan Cordura

Untuk bahan ini dipasaran terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya adalah biasa, nylon, dan juga Cordura 1000. Dari namanya saja pasti sudah terlihat, jika untuk varian biasa ini menjadi grade paling rendah dari kain Cordura.

Dari segi harga jelas paling murah, meskipun anda tidak perlu khawatir karena kualitasnya tidak terlalu buruk. Yang membedakannya dengan jenis lain adalah pada bagian serat dan motif kainnya, dimana untuk jenis bahan Cordura nylon lebih mengkilap dan cenderung licin dari tipe lainnya.

Untuk segi harga jenis nylon ini lebih murah dari tipe 1000, pasalnya untuk tipe terakhir ini menjadi grade paling baik. Dengan harga lebih mahal pastinya Cordura 1000 ini punya kualitas yang sangat baik dibandingkan para saudaranya diatas tadi.

Selain beberapa jenis bahan diatas tadi yang cukup familiar, ada beberapa jenis lain dari Cordura ini masih banyak dipasaran yang perlu anda ketahui, diantaranya AFT Fabric, Ballistic Fabric, Classic Fabric, NYCO FR Fabric, Canvas / Duck Fabric, Baselayer Fabric,  EcoMade Fabric, Lite/Lite Plus Fabric, HP Fabric, Naturalleā„¢ Fabric, UltraLite Fabric, Denim Fabric, NYCO Fabric.

Kegunaan Bahan Cordura

Berbeda dengan beberapa jenis kain lainnya, untuk bahan Cordura ini lebih cenderung digunakan sebagai bahan baku aksesoris. Entah itu dalam skala perusahaan, industri rumahan seperti handcraft, dan masih banyak lagi, karena memang jenis kain tersebut punya beragam manfaat.

Berikut ini beberapa benda yang umum menggunakan kain tersebut sebagai bahan baku pembuatannya, seperti : Jaket, Tas sekolah atau ransel (carrier bag), Tas selempang, Waist bag, Goodybag, Baju, Sepatu, Rompi, Strap jam, Tali rompi, Sarung tangan balap, Sabuk, Seragam militer, dll.

Kelebihan Bahan Cordura

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki bahan Cordura sehingga membuatnya jadi pilihan banyak perusahaan fashion, diantaranya:

1. Karakternya Kuat

Kelebihan bahan Cordura yang pertama adalah karena karakternya yang kuat, sebab kerapatan kain ini yang tinggi dan kuat. Dengan kelebihan tersebut menjadikannya tidak muda sobek, lecet, maupun tergores ketika digunakan dalam kondisi cuaca ekstrim sekalipun.

Karena alasan tersebut membuat bahan ini lebih sering anda temui dalam pembuatan tali didalam tas untuk kegiatan outdoor. Kemampuan kekuatan dari kain ini 10x lebih kuat dari katun, dan 3x kali lebih dari bahan polyester.

2. Punya Banyak Variasi dan Warna

Tidak hanya kuat, namun bahan Cordura ini juga memiliki banyak varian warna dan bahan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Tentu dengan banykanya pilihan warna ini membuat konsumen bisa memilih warna sesuai dengan keinginan.

3. Bahannya Ringan

Meskipun dikenal kuat, tapi bahan Cordura ini dikenal sangat ringan. Maka dari itu pas banget untuk digunakan pada benda untuk aktifitas outdoor. Jadi dengan begini beban bawaan anda pun tidak akan tambah berat karena bobot dari tas itu sendiri.

4. Tahan Air

 Alasan lain kenapa bahan Cordura ini pas banget digunakan sebagai bahan baku pembuatan benda outdoor karena sifatnya yang anti air. Namun untuk sifat waterproof dari benda ini lebih menuju ke intensitas air yang ringan, bukan untuk langsung tersiram air dalam jumlah besar karena ia masih memiliki celah untuk air menembusnya.

Gantungan Kunci Lipat dari Lanase
Gantungan Kunci Lipat dari Lanase

5. Terkesan Punya Warna Cerah

Kelebihan bahan Cordura yang lain adalah kemampuannnya untuk menampilkan warna cerah, sehingga akan membuatnya gampang menggoda konsumen. Untu itu bahan ini seringkali digunakan dalam pembuatan tas sekolah, tas slempang, maupun tas ransel.

Kelemahan Bahan Cordura

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, tentu bahan Cordura ini sangat cocok banget untuk dilirik ya. Tapi ada beberapa kelemahan dari bahan ini yang juga perlu anda jadikan bahan pertimbangan nanti, diantaranya:

1. Bahannya Panas

Kelemahan bahan Cordura yang pertama kali ini adalah karakter bahannya yang panas, sehingga membuatnya kurang codok dijadikan bahan pakaian. Meskipun didalam kain ini memiliki kandungan katun, hal ini tidak membuatnya memiliki sifat untuk menyerap keringat maupun air.

Mungkin bahan ini masih cukup sering anda temui dalam pembuatan jaket atau rompi yang berguna atau memiliki kemampuan waterproof. Dan beberapa diantaranya kain ini dipakai untuk pakaian musim dingin.

2. Tampilannya Terkesan Biasa Saja

Untuk tampilan benda yang terbuat dari bahan Cordura ini memang terlihat biasa saja, dan tidak terlihat mewah. Bahan ini lebih condong menampilkan kesan sporty atau casual, maka dari itu banyak sekali ditemukan bahan ini dipakai dalam pembuatan tas untuk kegiatan outdoor, seperti tas olahraga, tas kasual, atau bisa juga jaket sport.

3. Memiliki Tekstur Permukaan Kasar

Karena memang diperuntukkan dalam pembuatan pakaian, maka tekstur yang dimiliki oleh bahan Cordura ini sangat kasar. Dengan begini membuatnya perlu ada lapisan tambahan atau furing yang sangat halus supaya nyaman dibadan saat dijadikan pakaian seperti jaket.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang bahan Cordura, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Untuk anda yang mungkin tertarik dengan kerajinan tangan karya anak negeri, bisa langsung mengunjungi laman Moselo yang menjadi marketplace untuk industri kreatif.

Disini anda juga bisa menemukan berbagai produk dengan bahan Cordura, mulai dari Frame Pruse 04, Cheryl Sling, Multipurpose Pouch, Kalimantan Totebag, dan masih banyak lagi.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences