Moselo
Moselo Journal

Bahan Baby Terry: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 06 Des 2021
Share this post: 
penjelasan bahan baby terry

Apakah anda pernah mendengar kain bahan Baby Terry? Pastinya untuk jenis kain ini sendiri sudah cukup sering anda temui, namun anda tidak menyadarinya. Umumnya jenis kain ini digunakan sebagai bahan dasar pembuata Sweater, Hoodie, atau bahan gamis yang dipakai untuk kebutuhan olahraga.

Hal ini dikarenakan, bahan tersebut dikenal memiliki kemampuan daya serap keringat yang sangat bagus. Mungkin beberapa dari anda tidak paham mengenai jenis kain ini, atau bahkan anda baru mendengar nama jenis bahan kin tersebut pertama kalinya.

Maka dari itu, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai bahan Baby Terry mulai dari karakter, kelebihan, serta cara perawatan dari jenis kain tersebut.

Apa Itu Bahan Baby Terry ?

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika bahan Baby Terry ini seringkali digunakan dalam pembuatan hoodie, jaket, jumper, kerajinan tangan sweater, gamis, atau pakaian hangat lain. Pada bagian luarnya, kain jenis ini memiliki karakteristik halus seperti bahan pembuatan kaos pada umumnya.

Namun untuk bagian dalamnya, bahan kain ini memiliki tekstur yang lembut untuk kulit. Nah karena kelembutan dari jenis kain ini mirip seperti kulit bayi, maka dari itu banyak orang yang mengenal kain tersebut sebagai bahan Baby Terry.

Karakteristik Bahan Baby Terry

Banyak orang yang mengatakan jika karakteristik dari bahan ini cukup lembut, namun faktanya tidak banyak orang yang benar-benar paham seperti apa kain Baby Terry ini. Tidak hanya sekedar lembut saja, namun kain ini memiliki sejumlah karakteristik yang harus anda pahami.

Nah berikut ini ada beberapa karakteristik bahan Baby Terry yang perlu anda ketahui, diantaranya:

  • Bahan Baby Terry ini memiliki struktur yang halus dan lembut, tanpa bulu. Namun jika memiliki bulu, maka bulunya itu juga sangat halus
  • Saat digunakan, jenis bahan ini bisa memberikan rasa hangat. Meskipun begitu pengguna juga tidak akan merasakan kegerahan saat digunakan
  • Kain Baby Terry ini nyaman dan ringan dipakai, memiliki daya serap keringat tinggi sehingga tidak memberikan kesan panas
  • Kain ini sangat cocok digunakan saat musim dingin karena bisa menjaga suhu tubuh pengguna
  • Karena sifatnya yang menghangatkan, membuat bahan Baby Terry ini juga cocok untuk dibuat handcraft berupa rajutan ataupun shal
  • Pada umumnya bahan ini memiliki karakteristik tebal, namun ada beberapa kain Baby Terry yang tipis, namun tetap masih lebih tebal dibandingkan bahan kaos pada umumnya
  • Bagian luar kain Baby Terry ini punya model jahitan yang mirip dengan jersey double knitter, dimana ia menggunakan rajutan ganda. Hanya saja untuk kain jenis ini masih lebih lentur, bahkan kelenturan dari kain ini membuatnya bisa kembali ke bentuk semula.
  • Pada bagian dalam, rajutan dari kain Baby Terry ini nampak seperti bulatan-bulatan
  • Dibagian sisi perut bahan ini umumnya terdapat rongga kecil, dimana rongga ini berguna untuk meningkatkan daya serap suhu
  • Selain itu keberadaan dari rongga kecil ini yang menjadikan jenis kain tersebut memiliki permukaan yang luas.

Alasan Kenapa Menggunakan Bahan Baby Terry

Bahan ini terbuat dari serat kapas, sehingga membuatnya memiliki sejumlah keunggulan ketika digunakan menjadi sebuah benda. Nah berikut ini ada beberapa alasan kenapa bahan Baby Terry ini cocok untuk dijadikan pakaian maupun benda lainnya, diantaranya :

1. Punya Tekstur Lembut dan Halus

Kelebihan bahan Baby Terry yang pertama kali ini adalah ia memiliki karakter kain yang halus dan lembut, maka tidak heran jika banyak sekali produsen pakaian menggunakannya sebagai bahan utama pembuatan baju maupun handuk bayi. Karena karakteristik tersebut, menjadikan pakaian dari bahan ini tidak akan membuat kulit bayi iritasi.

2. Bisa Memberikan rasa Hangat

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika bahan Baby Terry ini memang memiiki sifat yang menghangatkan kepada penggunannya. Hal ini dikarenakan bahan jenis ini punya bulu-bulu halus, dan inilah yang mampu menjaga suhu tubuh tetap stabil, sehingga cocok banget dipakai ketika musim dingin.

3. Bisa Menyerap Keringat

Meskipun memberikan rasa hangat, namun bahan Baby Terry ini masih bisa memberikan rasa nyaman kepada pengguna. Hal ini dikarenakan bahan tersebut tidak hanya menghangatkan, tapi juga memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan baik.

Meskipun karakternya cukup tebal, bahan Baby Terry ini masih cocok dipakai di musim tropis seperti di Indonesia. Selain produsen pakaian besar, beberapa pemilik usaha handcraft di bidang pakaian juga masih banyak yang memakai jenis kain ini.

4. Pilihan Warna Beragam

Untuk variasi warna dari bahan Baby Terry ini pun juga beragam, sehingga anda tidak akan kerepotan untuk menentukan warna sesuai keinginan. Yang menariknya lagi, tingkat ketebalan dari bahan ini juga beragam, tinggal menyesuaikan kebutuhan.

5. Memiliki Kesan Mewah

Bahan Baby Terry ini memiliki kompisisi katun yang cukup banyak, sehingga menjadikannya terkesan cukup mewah. Bahkan penggunaan pakaian dengan bahan ini juga memberikan kesan penampilan mewah pada pengguna, tanpa melupakan rasa nyaman saat dipakai.

6. Harganya Relatif Terjangkau

Yang menjadi daya tarik terakhir dari bahan Baby Terry ini adalah soal harganya, dengan komposisi bahan pembuatnya yang cukup bagus, namun harga jual dari bahan ini masih relatif terjangkau. Tentu ini bisa jadi alternatif untuk mengenakan pakaian terlihat mewah namun dengan budget yang murah.

Cara Merawat Pakaian dengan Bahan Baby Terry

Banyak sekali produsen atau usaha kreatif yang memanfaatkan bahan Baby Terry sebagai material utamanya, mulai dari jaket, sweater, gamis, dan lain sebagainya. Nah dibalik kemampuannya tersebut, ternyata ada beberapa orang yang masih awam mengenai bagaimana cara perawatan pakaian dengan bahan tersebut.

Karena tak bisa dipungkiri, jika setiap kain pasti memiliki karakter masing-masing dan hal itu berpengaruh pada cara perawatannya, termasuk bahan Baby Terry ini. Nah berikut ini ada sedikit tips tentang cara perawatan kain Baby Terry diantaranya:

  • Saat mencuci pakaian dengan bahan ini sebaiknya memakai air hangat dan sedikit detergen, rendam pakaian tersebut kurang lebih selama 10 menit saja. Tujuannya adalah supaya kain tidak menyerap terlalu banyak air dan bisa membuatnya menggumpal.
  • Karakteristik dari bahan Baby Terry yang berbulu, membuatnya tidak dianjurkan untuk disikat pada saat di cuci. Cukup dikucek perlahan saja pada bagian noda di kain tersebut.
  • Lalu untuk menjemur pakaian dengan bahan Baby Terry ini sebaiknya tidak langsung dibawah terik matahari, hal ini bertujuan supaya warna tetap awet dalam waktu yang lama.
  • Sementara untuk setrika, sebaiknya menggunakan pengaturan yang tidak terlalu tinggi supaya tidak membuat bulu halus pada kain tersebut rusak.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan bahan Baby Terry diatas tadi, semoga bisa menambah wawasan anda nantinya. Jika anda sedang mencari produk lokal yang berkualitas, maka bisa coba mengunjungi marketplace yang khusus di indsutri kreatif yakni Moselo.

Selain kerajinan tangan, ada juga beberapa produk dibidang fashion , kuliner, maupun beauty. Jika anda ingin mencari fashion dengan bahan Baby Terry, disini juga ada seperti Mickey Sweater, atau BTS Totebag yang menggunakan bahan tersebut.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences