Moselo
Moselo Journal

7 Aplikasi Edit Foto untuk Jualan di Marketplace Terbaik

Posted on 11 Feb 2022
Share this post: 
aplikasi edit foto untuk jualan di marketplace

Di masa new normal persaingan di dunia bisnis memang lagi gencar gencarnya, tim marketing harus putar otak agar tidak mengalami kerugian. Banyak cara yang dilakukan mulai promosi dengan gambar menarik salah satunya. Inilah 7 aplikasi edit foto untuk jualan di marketplace terbaik agar mendapatkan keuntungan. 

Mengenal Marketplace 

Platform sebagai pihak perantara mengakomodasi dari pihak penjual dan pembeli di dunia maya. Situs ini layaknya pihak ketiga dalam transaksi online. Dengan fitur yang penjualan yang lengkap serta pembayaran yang aman. 

Marketplace sering disebut- sebut sebagai departement storenya online shop. Website ini berbeda dengan toko online yang beredar di internet. Sebab platform ini resmi dan bisa retur barang dengan mudah.

Jenis- Jenis Marketplace 

Situs marketplace Indonesia mempunyai dua jenis yaitu murni dan konsinyasi. Ada beberapa Apa perbedaan dari 2 macam tersebut. Mari kita bahas satu persatu:

1. Marketplace Murni

Situs ini menyediakan lapak penjualan dan fasilitas pembayaran. Penjual diberikan keluasan yang lebih banyak dibandingkan kerjasama konsinyasi. Foto prodak dan deskripsinya wajib disediakan agar konsumen bisa melakukan penawaran.

Jikalau sudah adanya kesepakatan bisa mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang sudah disediakan. Contohnya yang populer di Indonesia adalah Tokopedia,Bukalapak, Blibli untuk yang di luar negeri seperti shopee Lazada ada Amazon dan lain sebagainya.

2. Marketplace Konsinyasi

Istilah mudahnya yaitu titip barang, kerjasama ini hanya perlu menyediakan produk dan Detail informasi. Pihak situs akan mengurusi foto-foto da gudang pengiriman barang hingga pembayaran,contohnya adalah seperti Zalora dan Berrybenka.

Berbeda dengan kerjasama sebelumnya ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran karena alur transaksi ditangani oleh platform. Perbedaan terletak pada tanggung jawab dan dan terjadinya transaksi langsung antara pembeli dan penjual

Contoh Marketplace Terbesar di Indonesia

Persaingan antar pihak perantara platform sudah tidak diragukan, mengingat banyaknya situs tersebar. Pemain- pemain baru atau lama bersaing untuk merebut konsumen. Sebelum membahas aplikasi edit foto untuk jualan, alahkah baiknya tahu contoh marketplace terbesar di Indonesia.

1. Tokopedia 

Tokopedia mendapat kunjungan mencapai hampir 138.000.000 per bulanya. Dan mendapat predikat marketplace terbesar di Indonesia, tidak hanya itu situs ini menjadi salah satu startup unicorn artinya valuasinya lebih 1 juta dolar Amerika.

2. Buka Lapak

Di posisi kedua diduduki Bukalapak menyandang gelar seperti tokopedia yaitu startup unicorn. Marketplace ini berhasil dikunjungi kurang lebih dari 116.000.000 per bulannya, pada awal tahun 2019 lalu. 

3. Shopee 

Asalnya dari  Singapura didirikan sejak tahun 2015, dan sangat terkenal di pasar Indonesia. Menjadi marketplace terbesar ketiga, merebut perhatian konsumen dengan kampanye kreatif melibatkan bintang dunia. 

4. Lazada 

Persaingan yang semakin ketat membuat Lazada menjadi kesulitan. Pada tahun 2018 situs ini mempunyai banyak pengunjung, akan tetapi pada 2019 hanya mampu menduduki posisi keempat di Indonesia.

5. Blibli 

Marketplace ini buatan perusahaan dari PT. Global Digital Niaga anak dari Djarum. Menduduki di peringkat kelima di Indonesia,lalu dengan jumlah pengunjung kurang lebih cukup banyak yaitu 33.000.000 per bulan.

7 Aplikasi Edit Foto untuk Jualan di Marketplace Terbaik 

Di era digital ini memang pemasaran melalui internet sudah bukan hal yang baru. Sosial media adalah strategi ampuh yang dapat untuk mendongkrak penjualan. Tampilan menarik juga unik menjadi daya tarik tersendiri.

Tak lupa dengan gambar produk berkualitas baik menjadi point plus untuk penjual. Bagi anda pebisnis baru kebutuhan gambar produk yang bagus sangatlah perlu. Itu sebabnya proses pengeditan menjadi hal wajib untuk konten pemasaran, inilah 7 aplikasi edit foto untuk jualan di marketplace terbaik :

1. Snapseed 

Aplikasi edit foto untuk jualan pertama yaitu snapseed, software ini memakai space yang tidak berlebihan. Salah satu terbaik buatan google dan diunduh lebih dari 50 juta pengguna android ataupun iso. 

Snapseed memiliki fitur- fitur editing mulai dari crop, tune, images, tonal, dan berbagai tools lainnya. Selain itu ada karakteristik yang canggih yaitu Healing untuk menghapus objek, kuas digunakan memoles eksposur dan HRD Scape menjadikan foto lebih memukau. 

2. VSCO 

Para penjual online shop pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini aplikasi edit foto untuk jualan yang bisa di unduh di android atau iOs. Memanfaatkan instagram sebagai media sosial promosi. 

Aplikasi ini populer digunakan sebab ada keunggulan yang bisa menjepret foto. Atau menggunakan efek warna- warna menarik, sebelum di unggah di marketplace adau media sosial anda. 

3. Canva 

Selanjutnya aplikasi edit foto untuk jualan terbaik adalah canva bisa digunakan di web ataupun smartphon anda. Android maupun ios juga bisa mengakses nya, dirancang untuk menjadi situs yang mudah digunakan semua orang.

Walaupun anda tidak berpengalaman dalam dunia editing bisa menggunakan aplikasi ini. bukan hanya edit foto tetapi bisa membuat poster, pamflet, spanduk, logo, banner, kartu nama, hingga undangan, cukup banyak apakah anda tertarik untuk mencoba?

4. Photoshop

Hampir semua sudah mengenal aplikasi edit foto untuk jualan keluaran dari Adobe ini. Photoshop sering disebut ladder for editing karena para pemula hingga sudah ahli di bidang periklanan menggunakan aplikasi ini, bisa diunduh di Play store, App store, Windows dan Mac Os.

Photoshop juga memiliki banyak fitur canggih seperti efek buram, kolase hingga pencahayaan. Selain itu software ini menyedikan editing lainnya seperti lightroom, express, hingga camera, agar jika digunakan untuk untuk produk anda akan terlihat profesional dan terlihat menarik.

5. PicsArt 

Dikatakan picsart merupakan aplikasi edit foto untuk jualan terbaik di smartphone. Sistem dapat beroperasi di android ataupun pada iOS telah di instal sebanyak 500 juta pengguna setiap bulannya.

Alasan banyak yang menyukai picsart ini karena banyak fitur canggih di dalamnya. Mulai dari clipart, collages, crop, hingga text effect aplikasi ini juga memiliki mode kuas untuk memperhalus foto produk anda.

6. Photofy

Ada yang belum mendengar aplikasi edit foto untuk jualan satu ini, selain untuk editing bisa membantu membuat konten. Sayangnya photofy tersedia hanya di smartphone berbasis Android saja. 

Photofy bisa melakukan edit foto dan mengubah secara mendetail, dapat membuat kolase dari macam- macam gambar. Fitur yang disediakan aplikasi ini, ada memangkas memindai juga menambah text seperti instagram. 

7. Pixlr 

Aplikasi edit foto untuk jualan yang terakhir adalah pixlr, menawarkan keunggulan fitur seperti sammerter tool, faster editing time, hingga easier content. Dimana memudahkan anda mengubah gambar dengan waktu singkat.

Pixlr juga terdapat online bisa dicari di google yaitu advanced E atau playful X. Aplikasi ini juga bisa di unduh di android maupun iOS, sangat pas untuk pemula maupun yang sudah profesional karena cara menggunakan sudah tersebar di internet.

Itulah beberapa Aplikasi edit foto jualan yang memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Pastikan sebelumnya, gambar yang diambil harus kualitas cukup baik agar hasil maksimal. Untuk pemula jangan takut mencobanya.

Untuk anda yang mungkin butuh jasa edit foto atau desain foto di marketplace, mungkin bisa mengunjungi laman Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif, sehingga banyak sekali kerajinan tangan maupun jasa dari anak negeri yang berada disini.  

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences