Moselo
Moselo Journal

Apa Itu Mockup ? Ini Dia Keuntungan Menggunakannya

Posted on 09 Feb 2022
Share this post: 
penjelasan apa itu mockup

Dalam dunia desain rancangan produk adalah sesuatu gambaran nyata tentang konsep tengah diolah. Salah satunya untuk menghasilkan karya yang untuk gambaran presentasi. Apa itu mockup, sudahkah pernah mendengar tentang kegunaan atau keuntungan menggunakanya? 

Apa itu Mockup?

Gambaran final yang realistis menyerupai hasil yang dibuat untuk ditunjukan. Biasanya mockup dipamerkan setelah tahap rancangan sudah selesai sebelum eksekusi final. Atau bisa disebut preview konsep setengah jadi.

Banyak ada yang bertanya- tanya apa itu mockup, yaitu gambar desain sebelum diaplikasikan. Menjadi nyata sehingga memudahkan desainer. Banyak juga yang memproduksi pakaian menggunakan rancangan dulu jika sudah sesuai baru lah dibuat produk.

Model simulasi yang muncul pada tahun 1919 saat Perang Dunia ke 1. Sejarah tentang karya baru dimulai saat Bauhaus mencampurkan elemen penting seni rupa dan desain. Sebagai persiapan kajian- kajian yang spesifik dan mulai berkembang seiring berjalannya waktu

Pada masa ini masih banyak yang mencari tahu tentang apa itu mockup saat itu masih tradisional. Berbekal hanya menggunakan pena dan digambar seadanya. Barulah komputer ada dan bisa mendesain sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Apa Fungsi Mockup?

Setelah membahas apa itu mockup, ada baiknya beralih mengetahui fungsi dari hal ini. Oleh sebab itu mengetahui manfaatnya yang sangat banyak. Karena membantu sehingga yang semula tidak yakin atau bimbang bisa langsung percaya dengan rancangan.

  • Melihat preview sebelum diproduksi
  • Biaya hemat, karena tidak usah dicetak
  • Kontrol display agar tidak melenceng dari rancangan
  • Pedoman teknis konsep
  • Melihat gambar nyata desain anda saat diproduksi

Setelah mendengar dan pengertian Apa itu Mockup disini banyak sekali istilahnya. Mulai dari rancangan setengah jadi, karya 3D yang sudah terlihat seperti aslinya. Juga disebut benda yang sama namun berwujud digital.

Sayangnya banyak yang belum mengetahui jenis dan kegunaanya. Padahal dari penjelasan apa itu mockup sudah tergambar jelas bahwa. Produk ini bisa membantu para desainer untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jenis Jenis Mockup

Sebenarnya dilihat dari penggunaan sudut pandang yang digunakan. Mengkaji lagi tentang apa itu mockup yang dilihat jenis bentuknya ada tiga macam. Yakni aplikasi, perangkat lunak dan kode itulah macam macamnya.

Seiring berkembangnya era modern mockup diperluas menjadi lebih dalam. Pembahasannya pun banyak yang mencari tahu dan menggali sumber- sumber informasinya. Dibawah ini jenis- jenis lain nya yang banyak belum mengetahui:

1. Fisik

Representasi fisik suatu desain digunakan situasi fungsional produk yang diperlukan. Jenis ini memang direncanakan bentuknya, ditambahkan fungsi- fungsi lain tujuannya bisa prototipe atau bentuk akhir desain.

2. Pakaian

Dibuat untuk ditunjukan gambar sebab akan dicetak bentuk fisiknya. Fungsinya hampir mirip dengan mockup fisik hanya saja kaos ini dijadikan tinjauan agar bentuk lebih realistis dan bisa menjadi gambaran sebelum diproduksi.

3. Digital

Representasi dari mockup fisik, bentuk nya saja digital tapi fungsinya sama dengan jenis yang pertama. Biasanya digunakan portofolio atau layanan media, situs web atau media sosial untuk promosi lebih tepatnya.

4. Maket Still Image

Gambaran yang dibuat khusus menampilkan desain produk fisik seperti t-shirt, sampai parcel atau buku. Menunjukan kepada audien sebenarnya gambaran di kehidupan nyata, digunakan juga untuk periklanan.

Anatomi Mockup

Anatomi ini dalam konsep bisa dipahami sebagai hirarki dari hasil itu sendiri. Artinya sama seperti yang dijelaskan tadi apa itu mockup. Tambahan adalah susunan yang diwakilkan dalam proses pembuatan dengan beberapa pertimbangan.

1. Tata Letak Konten

Merajuk pada halaman atau konten sesuai dengan struktur kebanyakan orang. misalnya mempertimbangkan pola membaca C atau W, menggunakan pertimbangan jarak ukur setiap konsep elemen yang ditampilkan.

2.  Kontras

Merajuk pada warna yang digunakan untuk menguji teks dengan latar belakang. Menggunakan pertimbangan visibilitas beberapa elemen dan hasil akhirnya akan memuaskan karena sesuai dengan apa yg ditampilkan.

3. Tipografi

Kontek ini, merajuk pada pilihan huruf, ukuran, gaya, dan spasi dalam mockup. Sebab dipertimbangkannya konsisten tipografi agar hasil lebih baik, ulasan juga bisa sangat membantu karena ada pengaruh dari beberapa aspek

4. Spasi

Bisa diartikan ruang negatif atau space kosong, salah satu elemen yang sangat kuat. Desain ini mempengaruhi visibilitas paham akan fokus orang yang melihat ini, maka banyak elemen makin juga audien tertarik.

5. Hirarki Visual

Bisa disebut visual navigasi, arsitektur informasi mempertimbangkan mockup terlihat nantinya. Desainer diuji disini, pengaturan hirarki yaitu elemen yang diatur seperti warna, spasi dan tipografi.

Keunggulan Menggunakan Mockup

Dari tema diatas sudah banyak yang membahas tentang Apa itu Mockup. Fungsinya, istilah, dan jenis- jenisnya sudah lengkap. Teman teman sudah banyak tahu karena sudah membaca di atas tadi, berikut adalah Keunggulan Mockup.

1. Memberikan Gambaran yang Lebih Realistis

Ketika membuat rancangan maka gambaran harus terlihat realistis, mockup sendiri realitanya menyerupai bentuk hasilnya. Karena hasil final yang diharapkan memang mempunyai bayangan dan imajinasi dari desain tersebut. 

2. Memudahkan untuk Perbaikan

Karena ini berbasis digital dan bisa diakses menggunakan komputer atau laptop, maka mockup ini bisa dengan mudah diperbaiki jika ada komponen yang hilang atau rusak. Revisi juga lebih mudah karena detail- detailnya sangat jelas. 

3. Sebagai Media Presentasi

Client tentu harus mempunyai gambaran produk yang mau dibeli tentu saja terlihat nyata atau realistis. Hasil mockup yang diberikan ke pembeli akan menyamakan perspektif dibandingkan hanya berangan- angan saja. 

4. Hemat Anggaran

Memastikan tidak ada kesalahan lagi dan sudah difinalisasikan, desain bisa langsung diproduksi. Biaya yang dikeluarkan juga akan menjadi sedikit karena sudah ada persetujuan model produk, dan tidak ada pengulangan pembuatan.

Contoh Mockup

Dari yang dijelaskan diatas ada beberapa mockup yang perlu anda ketahui. Dari keuntungan, sampai Apa itu Mockup sudah dipahami. Bisa menyimak apa saja contoh contohnya yang pasti belum kamu ketahui.

1. Mockup Website

Penampilan desain website yang dibuat memiliki sebelum dan akhiranya, agar client memiliki gambaran yang sama. Tampilan yang disajikan nantinya juga akan diproduksi dalam suatu produk.

Biasanya pembuatan logo merupakan gambaran atau penampilan perusahaan. Bagi para desainer bisa ditunjukan agar sesuai tidaknya dengan pemesan, sesudah itu langsung bisa diproduksi.

3. Mockup Kemasan

Bertujuan memberikan gambaran nyata dari hasil nantinya, kemasan yang dibuat 4D sehingga dapat dilihat dan disentuh. Contohnya jika kosmetik maka akan diperlihatkan box atau wadahnya sesuai permintaan. 

Itu tadi pembahasan pengertian Apa itu Mockup, ini keuntungan menggunakan sudah jelaskan secara lengkap. Penting bagi desainer untuk memahami bahasan tersebut. Dan jangan lupa untuk mencoba siapa tahu anda bisa mengkreasikan imajinasimu.

Untuk anda yang mungkin butuh inspirasi membuat desain mockup atau butuh jasa desain mockup, mungkin bisa mengunjungi laman Moselo. Kami merupakan sebuah marketplace yang bergerak dibidang industri kreatif, sehingga banyak sekali kerajinan tangan maupun jasa dari anak negeri yang berada disini.  

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences