Moselo
Moselo Journal

Mismatched Socks: Alasan Pakai Kaus Kaki Beda Hingga Awareness untuk Down Syndrome

Posted on 23 Jun 2021
Share this post: 

Ga cuma waktu dingin aja kok butuh kaos kaki. Untuk keperluan pergi, kerja, bahkan main juga kaos kaki diperlukan sebagai aksesori pelengkap fesyen.

Mismatched Color Socks
Mismatched Socks

Tapi pernah ga sih kamu nyoba mismatched socks? Atau pakai kaos kaki yang patternnya rame bahkan beda-beda untuk kaki kiri dan kanan? Ga usah malu! Masing-masing orang punya style sendiri. Dan itu yang buat kamu jadi unik!

Daniel Radcliffe pernah ngomong “I’m also a fan of ridiculously coloured and patterned socks.” Tuh, terbukti kan kalau actor sekelas Daniel Radcliffe aja suka banget mix and match stylenya dengan mismatched socks.

Tambahan lagi, dengan menggunakan Mismatched Socks, kamu secara tidak langsung ikut bergabung menyebarkan awareness untuk pengidap Down Syndrome. Keren ya!

Kenapa Harus Mismatched Socks?

Sebenarnya semua orang punya pilihan style masing-masing. Begitu juga dengan penggunanan kaos kaki. Tapi, pastinya kamu pernah dong ngerasain yang namanya bosen dengan style itu-itu aja. Lalu, kamu ingin eksplor gaya baru! Nah, beberapa cara bisa kamu lakukan, dari hal kecil sekalipun seperti kaos kaki.

Selain itu, menjadikan ciri khas style kamu. Bikin orang-orang jadi inget bahwa penggunaan mismatched socks ini identik dengan dirimu. Ga salah dong untuk tampil beda? Daripada harus sama dengan orang kebanyakan. Jadi, saatnya kamu untuk nunjukkin keunikan kamu dalam berpakaian!

Biar Percaya Diri Pakai Kaos Kaki Beda

Saat semua orang menggunakan matching socks, hal tersebut udah jadi hal yang biasa. Tapi, kalau kamu menggunakan mismatched socks, kamu menempatkan diri kamu di situasi yang ga biasa. Memang, beberapa orang akan memandang kamu aneh. Tapi justru dengan cara itu kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Mismatched Color Socks
Mismatched Socks

Diperhatikan, tandanya ada yang beda. Buat diri kamu semakin percaya diri menjadi trendsetter. Karena lebih seru jadi trendsetter kan daripada followers?

Kaos Kaki Beda Warna Tingkatkan Kecerdasan, lho!

Selain percaya diri, orang yang melihat style kamu akan berpikir kamu kreatif. Bisa secara mudah memadupadankan style dengan mismatched socks dan itu bukan hal yang mudah, lho! Coba aja bayangin berapa banyak baju dan celana yang harus kamu cocokkan dengan penggunaan mismatched socks ini? Belum tentu semua orang bisa melakukannya dengan baik tanpa terlihat aneh!

Kaos Kaki Beda Warna Mempersingkat Waktu!

Ketika akan berpergian, menemukan kaos kaki yang pas termasuk yang memakan banyak waktu. Intinya adalah ‘nyaman’, kan? Nah, mismatched socks sendiri bisa kamu lakukan ketika kamu kesulitan untuk menemukan koleksi-koleksi kaos kaki kamu yang berantakan.

Pattern Mismatched Socks
Mismatched Socks

Apa yang kamu temukan, kalaupun berbeda, langsung saja gunakan! Hal ini membuat persiapan kamu untuk berpergian lebih cepat dari biasanya.

Mismatched Socks Bentuk Awareness untuk Down Syndrome

How can a pair of socks help raising awareness about Down Syndrome? Pasti kamu bertanya-tanya kan? Nah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telat memperingati Hari Down Syndrome Sedunia sejak 2012, sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran tentang gangguan tersebut.

Seperti yang kita tau, Down Syndrome dikenal sebagai trisomi 21, yakni kelainan genetik yang disebabkan oleh adanya salinan ketiga kromosom 21. Hal ini menyebabkan keterlambatan pertumbuhan fisik, fitur wajah yang khas, dan cacat intelektual ringan hingga sedang.

Mismatched Socks for World Down Syndrome Day
Mismatched Socks for World Down Syndrome Day

Maka dari itu, inisiatif ini merupakan bagian dari kampanye 'Lots of Socks" yang dimulai oleh sebuah organisasi bernama Down Syndrome International untuk mendorong orang memulai percakapan tentang keberagaman, keunikan, inklusi, dan penerimaan. Termasuk, menunjukkan bagaimana kromosom terlihat seperti kaus kaki, sehingga melahirkan gagasan kampanye "Lots of Socks" di seluruh dunia, untuk meningkatkan awareness bagi para pengidap Down Syndrome. Dan cara yang dilakukan biasanya adalah dengan menggunakan mismatched socks pada setiap perayaannya.

Di Moselo sendiri, ada beberapa expert yang menjual kaos kaki. Tentunya dengan pattern yang lucu-lucu! Meskipun bukan terbilang mismatched socks, namun pattern yang ada pada kaos kakinya cukup menggambarkan keunikan ketika kamu memakainya. Cek, yuk!

Pattern Socks by Stikuy
Pattern Socks dari Stikuy
Pattern Socks by Stikuy
Pattern Socks dari Stikuy
Pattern Socks by Stikuy
Pattern Socks dari Stikuy
Illustration Socks by Ulintando
Illustration Socks dari Ulintando
Illustration Socks by Ulintando
Illustration Socks dari Ulintando
"Okay' Socks dari Sad Cat Club
'Okay' Socks dari Sad Cat Club
Tie Dye Socks dari I AM GALAXY
Tie Dye Socks dari I AM GALAXY

Meskipun terlihat dengan warna yang senada, kamu bisa padupadankan dengan cara mismatched socks, sehingga nampak lebih berbeda. Kira-kira kamu berani ga buat coba? Cek produknya di website maupun aplikasi Moselo ya!


Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences