Moselo
Moselo Journal

Bahan Linen: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 10 Des 2021
Share this post: 
jenis bahan linen

Nama bahan Linen ini mungkin sudah cukup sering di dengar saat ini, namun kebanyakan dari mereka hanya tahu namanya saja. Tidak untuk memahami soal kerakteristik, jenis, atau bahkan kelebihan dan kelemahannya.

Namun tenang saja, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara eksklusif tentang bahan Linen ini untuk menambah pengetahuan anda nantinya. Penasaran seperti apa? simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Bahan Linen

Sesuai namanya, jika bahan Linen ini memang terbuat dari bahan dasar serat tanaman Linen. Dibenua Eropa, jenis kain ini sangat disukai karena dianggap memiliki tekstur dan juga karakteristik yang istimewa dan tidak dimiliki oleh kain lain.

Dengan perawatan yang benar, maka bahan ini mampu bertahan cukup lama bahkan sampai puluhan tahun. Semakin sering digunakan, dicuci dengan cara yang benar maka jenis kain ini semakin nyaman untuk digunakan.

Selain digunakan sebagai bahan pakaian, bahan Linen ini juga kini dikembangkan untuk jadi bahan kerajinan tangan atau handcraft. Tentunya untuk handcraft ini bisa bermacam-macam, mulai dari aksesoris, tas, dompet, boneka, dan lain sebagainya.

Karakteristik Bahan Linen

Kenapa bahan Linen ini memiliki karakteristik istimewa? Pasalnya dalam pembuatan jenis kain ini memang menggunakan serat dari tanaman rami yang punya karakter halus saat disentuh dan sedikit berkilau.

Bahan Linen ini menjadi jenis kain pertama yang dikenal dalam peradaban manusia, hal ini telah diperkuat dengan penggunaan jenis kain ini sebagai bahan dasar pembuatan kain oleh manusia. Selain itu, jenis kain ini juga biasa digunakan sebagai bahan pakaian dengan keunikan tersendiri.

Berikut sejumlah karakteristik kain Linen yang wajib anda ketahui :

• Bahan ini menjadi jenis kain dengan kualitas tinggi, dimana kain ini memiliki permukaan yang halus serta rapi
• Kain Linen identik memiliki warna putih yang agak pucat namun natural, hal ini dikarenakan jenis kain tersebut terbuat dari bahan alami yang paling kuat dibandingkan dengan jenis serat lain.
• Semakin sering dicuci, maka permukaan dari bahan Linen ini makin lembut. Akan tetapi jika salah dalam perawatannya maka kain Linen bakal cepat rusak
• Bahan ini butuh perawatan khusus, karena ia bisa saja rusak disebabkan oleh adanya jamut, keringat, maupun pemutih kain
• Pakaian dengan bahan dasar Linen ini memiliki kesan halus dan mengkilap, namun menariknya iya tidak gampang kotor
• Efek sejuk yang dimiliki oleh bahan Linen ini bakalan terasa apabila anda menggunakannya di daerah yang memiliki suhu panas, dan kain ini juga akan memberikan efek kehangatan jika dipakai pada daerah yang memiliki suhu dingin.

Jenis Bahan Linen

Sama seperti sejumlah jenis kain lainnya, dimana kain Linen ini juga memiliki jenis dengan karakteristik masing-masing sesuai kebutuhan pengguna. Diantaranya:

1. Bahan Linen Katun

Untuk jenis bahan Linen yang pertama kali ini adalah jenis katun, dimana untuk kain ini memiliki serta benang yang besar dan nampak terlihat lumayan jelas. Jenis kain ini juga memiliki daya ketahanan lebih tinggi dibandingkan jenis kain katun lain, sampai saat ini jenis kain katun memang menjadi andalan karena keunggulan kualitasnya.

Untuk harga jenis kain ini dulunya sangatlah mahal karena kerumitan dalam memproduksinya, namun dengan seiring perkembangan industri tekstil membuat harganya makin terjangkau dan banyak orang mampu membelinya.

2. Bahan Linen Euro atau Viscouse

Linen Euro ini menjadi salah satu jenis Linen dengan karakter yang kaku dan punya serat kain paling longgar dan besar. Akan tetapi untuk besaran serat dari kain ini masih cukup wajar, dan jika tidak diperhatikan kainnya sedikit menerawang karena efek serat kain yang longgar.

Banyak orang yang memanfaatkan bahan Linen ini sebagai pembuatan gorden, karena alasannya mungkin jenis kain yang tebal. Jenis kain ini juga tergolong berat, dan sifatnya tidak jatuh seperti pada kain Wolfis.

3. Bahan Linen Look

Bahan Linen Look ini merupakan salah satu jenis kain dengan kualitas terbaik, dimana pada saat dipegang kain ini akan memberikan rasa nyaman ketika digunakan. Pada dasarnya untuk serat kain ini sama dengan jenis Euro tadi, hanya saja ada perbedaan pada komposisinya dengan satu helai kain Linen Look punya serat-serat halus serta lembut.

Karena hal tersebut, menjadikan kain ini sangat lembut, halus, empuk, licin, pada saat digunakan. Karena hal tersebut membuat jenis kain ini lebih baik dari Linen Euro, dan dari segi kenyamananya jenis kain ini punya efek adem seperti jenis Look.

4. Bahan Linen Lineta atau Slub

Untuk bahan Linen Lineta atau Slub ini menjadi jenis kain dengan susunan serta yang rapat serta punya tekstur saling silang di permukaannya. Jika dibandingkan dengan jenis Look, untuk kain ini lebih tipis dan karakteristiknya juga berbeda dengan jenis kain Linen lainnya.

Untuk kain ini juga saat disentuh nampak lebih kasar dan cenderung tidak dingin jika dibandingkan Linen look, dan kain ini terlihat agak kasar, bahan jatuh, namun untuk warnanya cenderung tidak begitu mengkilap.

5. Bahan Linen Kenzo

Untuk bahan Linen yang satu ini berada di pasaran belum cukup lama, dimana dari segi ketebalan ia hampir sama dengan jenis Lineta. Bahkan untuk karakteristiknya sendiri juga tidak jauh beda dengan jenis tersebut.

Namun sayangnya untuk jenis kain ini lebih kasar dan bahannya cenderung tidak memberikan efek dingin. Karena hal tersebut umumnya jenis kain ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan blazer, gamis ikhwan, maupun baju koko.

6. Bahan Linen 3G

Untuk jenis bahan Linen yang terakhir kali ini adalah 3G, dimana jenis kain ini juga masih baru dan memiliki karakteristik unik serta elegan. Untuk tekstur kain ini menyerupai serat kayu, kana tampilannya lebih modern serta Cutting Edge, dan mungkin karena hal tersebut jenis ini memiliki nama Linen 3G.

Karakteristik lain dari jenis kain ini adalah bahannya tidak begitu halus dan licin seperti Linen Look, dimana jenis kain ini punya garis panjang dan lurus, ringan, dan jatuh.

Nah untuk anda yang sedang mencari pakaian atau aksesoris yang memanfaatkan bahan katun, maka bisa coba mengunjungi laman Moselo. Kami adalah sebuah marketplace yang menawarkan berbagai industri kreatif menarik karya anak bangsa.

Ada beberapa produk yang menggunakan bahan Linen untuk anda pilih, mulai dari Totebag, Sling Bag, Bucket Hat, Outer, dan masih banyak lagi.

Selain beli, anda juga bisa menawarkan produk karya anda sendiri di Moselo dengan cara bergabung dahulu menjadi kontributor di marketplace tersebut nantinya. Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Linen, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda mengenai salah satu bahan kain tersebut.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences