Moselo
Moselo Journal

Bahan Ceruty: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 08 Des 2021
Share this post: 
jenis bahan ceruty

Nama bahan Ceruty mungkin sudah cukup sering anda dengarkan, khususnya pada wanita yang memang memiliki banyak sekali jenis bahan yang bisa digunakan pada pakaiannya. Untuk bahan Ceruti ini sendiri menjadi primadona atau bahkan andalan para para pengusaha tekstil dalam membuat setiap karyanya.

Meskipun andalan bukan berati memiliki kualitas terbaik, hanya paling banyak digunakan oleh para produsen pakaian tersebut. Nah berikut ini akan kami bahas tentang penjelasan kompplit apa itu bahan Ceruty, kelebihan, dan karakteristiknya untuk anda semua.

Pengertian Bahan Ceruty

Bahan Ceruty ini merupakan kain yang terbuat dari campian sifon, polyester, serta crepe. Nah karena terbentuk dari beragam campuran itu, maka menjadikan kain ini mudah sekali dikreasikan dalam berbagai warna nantinya.

Tentu karena alasan tersebut, menjadikan bahan Ceruty sebagai andalan para usaha konveksi maupuan kerajinan tangan atau handcraft dalam membuat setiap produknya. Jika dilihat dari fisiknya, kain ini memang menyerupai bahan sifon, namun yang membedakannya ketika diraba ia memiliki permukaan seperti kulit jeruk

Karena kemiripannya dengan bahan sifon, maka banyak orang yang salah menyebut atau membeli bahan ini malah membeli bahan sifon. Meskipun secara banderol harga dari bahan Ceruty ini paling ekonomis, tapi soal kualitasnya tetap tak kalah dengan bahan premium.

Karakteristik Bahan Ceruty

Nah untuk menambah wawasan anda mengenai bahan Ceruty, berikut ini bisa anda simak mengenai karakteristik dari bahan tersebut agar nantinya anda bisa membedakannya dengan bahan lain. Diantaranya :

1. Permukaan Kain Seperti Kulit Jeruk

Permukaan dari bahan Ceruty ini sekilias menyerupai kulit jeruk, namun pada saat anda merabanya akan tetap memberikan kesan halus, lembut, dan tidak merasakan kasar seperti saat memegang kulit jeruk.

2. Serat Kain Seperti Awan

Ada keunikan yang dimiliki oleh bahan ini, yakni pada bagian serat kainnya apabila diterawang menggunakan cahaya atau sorot lampu, maka akan nampak seperti awan atau gelombang kabut. Meskipun begitu tekstur dari kain ini masih tetap terasa halus dan lembut pada saat diraba.

3. Ringan, Lembut, dan Elastis

Ada sejumlah alasan kenapa bahan Ceruty ini jadi andalan para pemilik usaha konveksi maupun handcraft, karena kain tersebut memiliki karakter lembut, ringan, dan juga elastis. Karena alasan tersebut menjadikan jenis kain ini mudah sekali untuk dikreasikan dalam berbagai jenis pakaian.

4. Punya Efek Flowy

Sama seperti beberapa jenis kain lainnya, untuk bahan Ceruty ini juga memiliki efek flowy, dimana akan memberkan kesan ‘jatuh’ pada saat digunakan dalam sebuah pakaian.

Jenis Bahan Ceruty

Ternyata bahan kain ini memiliki berbagai macam dipasaran, total ada 6 jenis Ceruty yang perlu anda ketahui. Apa saja itu? Simak daftarnya di bawah ini :

1. Ceruty Ultimate

Untuk bahan Ceruty ini menjadi jenis yang paling fleksibel sehingga cocok banget dijadikan sebagai bahan pakaian, seperti gamis, rok, hijab, hingga pashmina. Yang menariknya lagi untuk bahan baku kain ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau, namun pada saat dijadikan sebuah produk pakaian bisa dijual dengan harga relatif mahal.

2. Ceruty Premium

Ciri khas yang bisa menjadi acuan jenis Ceruty Premium ini adalah kainnya yang lebih tipis namu sangat flowly. Namun kelemahannya hal itu menjadikan kain tersebut sedikit menerawang, tapi bahan ini snagat kuat dan tidak gampang robek saat dijahit.

3. Ceruty Amunzen

Umumnya untuk bahan Ceruty Amunzen digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan cadar, dimana ciri khas dari jenis kain ini adalah kemampuannya yang menyerap keringan dan cepat kering. Nah karena hal itu membuatnya cocok dijadikan pakaian di daerah beriklim tropis, hanya saja kelemahannya kain ini adalah sedikit tipis sehingga cukup menerawang.

4. Ceruty Diamond

Dibandingkan dengan jenis bahan Ceruty lainnya, untuk jenis Diamond ini punya massa yang lebih ringan tapi tidak begitu tipis. Untuk jenis ini juga dikenal sebagai Diamongd Crepe dengan tekstur halus namun terlihat berpasir jika dilihat sekilas.

Umumnya jenis ini digunakan sebagai bahan baku pembuatankerudung instan, bergo, pashmina, khimar, maupun jenis kerudung syar’i.

5. Ceruty Georgette

Jenis bahan Ceruty selanjutnya ini mirip seperti jenis premium, dimana memiliki karakter tekstur halus dan lembut. Selain itu jenis kain yang satu ini juga tidak gampang kusut, flowy, dan juga elastis, namun sayangnya banyak yang memalsukan jenis ini jadi anda perlu lebih selektif saat membelinya.

6. Ceruty Babydoll

Dan jenis bahan Ceruty yang terakhir kali ini adalah Babydoll, dimana ini menjadi jenis yang paling populer ditemui oleh masyarakat luas. Umumnya untuk jenis ini seringkali digunakan dalam dalam pembuatan kerudung pashmina, dan harganya pun cukup murah dipasaran.

Kelemahan dari jenis ini adalah karakternya yang tidak mampu menyerap keringat, sehingga kurang cocok digunakan dalam pembuatan pakaian olaharaga. Tentu ini sangat sebanding dengan harganya yang terjangkau, sehingga tidak disarankan anda menggunakan jenis kain ini saat memiliki aktifitas tinggi diluar ruangan.

Kelebihan Bahan Ceruty

Tentu tidak mengherankan jika bahan ini jadi yang paling populer dikalangan pengusaha konveksi, khususnya mereka yang cenderung membuat jenis pakaian Syar’i. Nah berikut ini beberapa kelebihan dari bahan Ceruty yang perlu anda ketahui, diantaranya :

1. Punya Tampilan Eye-Catching

Jika sekilas dilihat kain ini memang begitu eye-catching, anggun, dan elegan, dimana permukannya yang bertekstur dan punya banyak warna. Selain itu bahan ini jika dijadikan sebagai pakaian juga mampu membuatnya terlihat perlente dan necis.

2. Kualitas Tidak Perlu Diragukan

Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, jika bahan Ceruty ini dibuat dari berbagai bahan premium seperti polyester, sifon, dan crepe. Karena itu untuk segi kualitas dari bahan ini pun sudah tak perlu diragukan lagi, dimana harga yang dijual cukup murah dengan kualitas barang premium.

3. Perawatannya Mudah

Untuk perawatan dari bahan Ceruty juga cukup mudah, dimana anda bisa mencucinya baik menggunakan tangan atau mesin. Sifatnya yang tidak gampang kusut maka tidak perlu perawatan setrika, cukup dilipat dengan baik maka membuatnya tidak kusut.

4. Bahannya Kuat

Meskipun dikenal sebagai bahan yang dikenal elastis, meskipun begitu bahan ini tidak gampang melar dan dikenal kuat untuk daya tahannya.

Kekurangan Bahan Ceruty

Meskipun punya banyak sekali kelebihan, tapi bahan Ceruty ini punya beberapa kekurangan yang perlu anda pertimbangkan, diantaranya:

1. Sangat Ringan, Jadi Gampang Tertiup Angin

Massa dari bahan ini memang sangat ringan, sehingga membuatnya gampang terangkat ketika tertiup angin yang cukup besar.

2. Jika Disetrika Gampang Berkerut

Bahan Ceruty ini gampang berkerut pada saat di strika karena tidak tahan menerima suhu panas terlalu lama. Untuk itu disarankan jika kain ini tidak perlu distrika, karena ia juga memiliki sifat tidak gampang kusut.

3. Hanya Bisa Diaplikasikan Untuk Pakaian Wanita

Kelemahan bahan Ceruty yang terakhir adalah, hanya bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan pakaian wanita saja. Hal  tu mungkin karena teksturnya yang tipis, sehingga dirasa kurang tepat jika digunakan sebagai bahan baku pembuatan baju pria.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang bahan Ceruty, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan nantinya. Apakah anda sedang cari market place yang menjual aneka produk kerajinan dari dalam negeri? Maka bisa coba kunjungi laman Moselo.

Disini ada banyak sekali industri kreatif dari berbagai bidang yang bisa anda temui, mulai dari kuliner, fashion, beauty, dan masih banyak lagi. Nah ada beberapa produk dari bahan Ceruty yang bisa anda temukan disini, mulai dari Jilbab Pashmina, Scarf Bouquet, Scarf Kindness Butterflies, dan masih banyak lagi.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences