Moselo
Moselo Journal

Yuk Buat Pola Packaging Box Unik Bikin Kemasan Makin Menarik

Posted on 27 Jan 2022
Share this post: 
buat pola packaging box

Seperti yang diketahui, banyak sekali marketplace yang tersedia sekarang. Menjual segala bentuk keperluan dari primer hingga tersier. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana cara pengemasannya?. Berikut langkah-langkah membuat pola packaging box yang menarik untuk dicoba. 

Pengertian Kemasan

Kemasan merupakan tempat untuk packaging dan meletakkan barang. Biasanya digunakan untuk menyimpan produk. Bentuk umumnya adalah kotak atau box, namun bisa divariasikan tergantung kreativitas. Eksistensi benda tersebut semakin terkenal karena kehadiran beberapa marketplace. 

Hal tersebutlah yang mengharuskan para pelaku bisnis mengemas produknya dengan sedemikian rupa. Lalu dikirimkan menggunakan jasa antar barang menuju konsumen. Akan dikenakan tarif biaya yang sesuai dengan seberapa jarak tempuh pengiriman juga beratnya. 

Namun, jika menggunakan marketplace, besar kemungkinan akan gratis. Tergantung promo di platform tersebut. Biasanya beberapa aplikasi toko online menyediakan gratis ongkir secara berkala. Selain itu, penambahan hiasan pada kemasan juga berpengaruh. 

Kegunaan Kemasan Box

Kemasan berguna untuk melindungi barang dari kerusakan. Untuk mengirim barang yang akan dijual, haruslah dikemas rapi. Jika digunakan secara pribadi, bisa menyimpan benda agar mudah ditemukan. Juga agar terlihat tertata dan tersusun dengan rapi. 

Pada marketplace kepuasan konsumen adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan. Karena kemasan membantu produk menjadi memiliki nilai keindahan. Dan juga dapat meningkatkan harga jual pada suatu barang dari biasanya. Maka dari itu haruslah dengan hati-hati meletakkan produk. 

Kegunaannya adalah agar tidak terjadi damage selama proses pengantaran. Kemasan kotak bisa disesuaikan dengan ukuran barang yang dimasukkan. Jangan terlalu kecil, nantinya akan terbuka di tengah perjalanan pengiriman. Hal tersebut dapat mempengaruhi outlet di marketplace tersebut.

Tips Membuat Kemasan Box

Terdapat beberapa jasa desain pola packaging box. Namun jika Anda ingin membuat sendiri maka akan lebih baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat box agar tidak gagal. Maupun itu secara langsung menggunakan media nyata atau software. 

Yaitu ukuran, perlu untuk mengukur seberapa besar barang yang akan dikemas, atau beratnya. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan berpengaruh pada bahan kemasan box. Seperti ketahanannya serta seberapa lama kotak tersebut baik-baik saja. 

Maksudnya adalah tanpa adanya damage atau kesalahan saat pengiriman.Melihat bentuk kotak agar lebih rekat satu sisi dengan sisi lainnya. Bertujuan supaya dalam proses pengiriman, box tidak terbuka. Selain itu dapat menimbulkan beberapa bolongan di kemasannya. 

Cara Membuat Pola Packaging Box

Sebelum membuat pola, Anda perlu mencari referensi di internet. Bisa bertanya langsung kepada ahlinya. Siapkan juga bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses desain adalah komputer dengan spesifikasi tertentu dan software coreldraw. Langkah membuat pola packaging box:

1. Membuat Sketsa Pola pada Buku Gambar

Langkah pertama membuat pola packaging box adalah merancang sketsa. Hal ini berguna untuk memberikan Anda pandangan bagaimana cara membuatnya. Gunakan kertas HVS dan pensil juga penghapus 2B agar hasilnya lebih bersih. Membuat sketsa harus memperhatikan ukuran.

Setelah selesai membuat sketsa pada kertas. Langsung saja diaplikasikan ke software tadi. Sebagai bentuk desain grafis dan mempermudah Anda untuk mencetaknya nanti. Sebelum itu, perhatikan beberapa aspek pada sketsa agar sesuai dengan yang ada di komputer.

2. Masuk Coreldraw

Langkah selanjutnya dalam proses membuat pola packaging box adalah membuka software CorelDraw. Lalu klit “new document”. Nanti sistem akan membawa Anda ke halaman kosong untuk membuat pola. Setelahnya,buatlah pola sesuai dengan sketsa yang sudah dibuat. Sesuaikan juga dengan ukurannya. 

Anda perlu memastikan ukuran yang dibuat adalah simetris pada setiap pola. Supaya hasil kemasan bisa maksimal. Tempatkanlah di tempat yang diinginkan dengan cara menggerakkan mouse atau kursor. Untuk membuat objek lebih dari satu, bisa copy pola lalu paste.

3. Penambahan Objek

Tahap membuat pola packaging box selanjutnya adalah penambahan objek. Untuk membuat objek lebih dari satu, bisa copy pola lalu paste. Setelahnya drag semuanya lalu tempatkan posisinya dengan sesuai. Lalu, bisa melakukan “zoom” guna mengetahui apakah desain pas satu sama lain.

Setelah itu, Anda bisa menambahkan objek di samping kanan, kiri, atas, dan bawah. Sesuaikan ukuran dengan yang diinginkan. Langkah-langkahnya tidak jauh beda seperti tadi. Hanya menambahkan garis miring atau sebagainya. Bertujuan agar kemasan box menjadi unik. 

4. Membuat Lengkungan

Langkah membuat pola packaging box selanjutnya lengkungan. Jika Anda ingin menambahkan ujung berbeda pada masing-masing objek, tekan shift tool. Fitur tersebut berguna untuk membuat lengkungan di ujung objek. 

Tekan shift pada keyboard. Kemudian, klik tanda hitam pada objek untuk tidak membuat lengkungan.Langkah selanjutnya yaitu menggeser tanda hitam ke bawah untuk membuat lengkungan. Lakukan cara yang sama dalam menduplikat objek seperti sebelumnya. Sesuaikan ukurannya. 

5. Memberikan Gambar, Warna, atau Model

Setelah selesai, langkah membuat pola packaging box selanjutnya adalah modelling. Tahap ini berguna untuk membedakan setiap sisi pada objek. Bisa terdiri dari logo perusahaan, keterangan produk, dan lainnya. Dituliskan atau diletakkan pada pola yang sudah dibuat tadi.

Berikanlah warna, gambar, atau model sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Entah itu warna warni, senada, dan juga monoton sekalipun. Hal tersebut tidak akan mempengaruhi bagaimana tampilan kemasan box. 

6. Pemberian Nama

Berilah nama pada setiap objek agar memudahkan Anda menyusunnya nanti. Seperti alas, atas, samping, dan belakang. Opsi yang harus dipilih bernama “text”. Langkah selanjutnya adalah blok semua objek, lalu klik simpan. 

Otomatis sistem pada coreldraw akan menyimpan hasil kerja Anda di tempat yang diinginkan. Cukup mudah jika mengikuti setiap langkahnya dengan baik. Gunakan penamaan mudah agar gampang mencarinya nanti.

7. Revisi 

Memberikan keterangan pada produk di samping pola agar lebih jelas. Seperti 5W dan 1H. Setelahnya lakukankanlah tahapan finishing dan cek. Apakah pola yang dibuat sudah sesuai keinginan. Selain itu, tidak kurang satu apapun. 

Jika terjadi ketidaksesuaian. Anda dapat memperbaikinya sebelum pencetakan. Dan tidak perlu melakukan revisi setelahnya. Tentunya juga dapat menghemat biaya produksi, bukan?. Jadi di tahap ini, harus melakukan check and recheck. 

8. Pencetakan

Langkah terakhir setelah membuat pola packaging box. Maka langkah selanjutnya adalah mencetak desain. Pencetakannya harus menggunakan printer khusus dengan warna lengkap. Juga menggunakan kertas spesifik. Agar hasilnya tidak mengecewakan Anda.

Selanjutnya adalah memotong atau menekuk setiap bagian menjadi berbentuk box. Untuk mempermudah Anda diproses ini, bisa menggunakan cutter. Beri goresan tipis pada setiap garis objek. Lalu tekuk perlahan. Jika masih ada kesalahan, bisa merevisi kembali di CorelDraw. 

Kurang lebih itulah cara atau tutorial membuat pola packaging box yang tentunya mudah untuk dibikin. Sekarang Anda bisa mencobanya. Menjadikan kemasan box terlihat unik dan indah tentunya. Jangan lupa untuk menyesuaikan spesifikasi komputer atau laptop.

Jika anda sudah bisa membuat packaging box sendiri dengan motif unik dan menarik, maka bisa coba memasarkannya di Moselo. Kami merupakan marketplace di bidang handcraft, dimana kami menampung berbagai kerajinan tangan karta anak bangsa.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences