Moselo
Moselo Journal

Bahan Kain Brokat: Spesifikasi Lengkap, Karakter Kain dan Tips Penggunaan Terbaik

Posted on 20 Des 2021
Share this post: 
karakteristik kain brokat

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kain brokat. Salah satu jenis bahan terbaru yang mulai populer dan disukai oleh masyarakat. Untuk lebih mengenal lagi spesifikasi sampai karakteristiknya mari membahas dengan detail sampai ke tips cara perawatannya.

Spesifikasi Dari Kain Brokat

Banyak orang mengenal kain brokat sebagai bahan untuk dress pesta pernikahan. Dari segi penampilan melihat motif setiap brokat tanggapan tersebut memang benar adanya. Agar semakin tidak ragu untuk menggunakannya Anda bisa simak beberapa penjelasan dibawah ini.

1. Elegan

Sepertinya Anda sendiri sudah mampu menilai bagaimana mewahnya penampilan yang akan terlihat ketika menggunakan pakaian berasal dari kain brokat. Misalnya saja dress wedding serta hijab dari bahan brokat membuat pakaian brokat terlihat lebih cantik dan menawan. Apalagi jika fit to badan dengan sempurna.

Terlihat elegan tentunya adalah salah satu impian dari para pengguna, oleh karenanya lebih baik memilih sebuah bahan yang tepat. Salah satunya adalah kain brokat yang dapat membuat penampilan jadi makin cantik. Anda bebas mengkreasikan ide sain sesuai dengan keinginan.

2. Banyak Ragam dan Varian

Selain itu sekarang ini kain brokat tidak hanya satu macam saja. Sudah ada banyak ragam dan varian busana yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Mulai dari tekstur, warna, semuanya memang berbeda. Dari harga murah sampai termahal semuanya ada dan tersedia.

Keberagaman jenis dari brokat tentu saja menjadi salah satu keunggulannya tersendiri. Sebab tidak semua jenis kain dan bahan bisa memiliki ragam varian yang begitu banyak untuk menyesuaikan masing-masing kebutuhan dari penggunanya. Stocknya juga banyak di beberapa toko textile.

3. Harga Yang Bersahabat

Senangnya lagi harga dari masing-masing jenis brokat memang bervariasi, namun kebanyakan masih terjangkau dan bisa dibeli oleh semua kalangan manapun. Pembeli juga bebas menentukan porsi kain sesuai dengan kebutuhannya. Misalkan saja mau beli berapa meter tetap dilayani.

Masing-masing dari jenis kain brokat memang memiliki karakteristik berbeda-beda. Namun ini semua bisa menjadi solusi bagi Anda yang saat ini sedang ingin mempersiapkan pakaian atau dress kondangan. Tetap tampil dengan cantik meskipun modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal.

4. Harus Pakai Furing

Dibalik setiap keunggulan yang dimiliki oleh bahan furing saat menggunakan kain brokat. Hal ini dikarenakan brokat memang cenderung gatal ketika digunakan. Jadi harus ada lapisan tambahan untuk menghalanginya agar tidak langsung bersentuhan dengan kulit dan membuatnya iritasi atau gatal.

Meskipun bisa membuat penampilan jadi cantik dan elegan namun Anda juga tidak boleh abai dengan masalah tersebut. Jangan sampai justru kulitmu bisa jadi gatal dan iritasi hanya karena tidak memperhatikan masalah kulit tersebut. Apalagi daya serap keringatnya juga kurang baik.

5. Cara Perawatan yang Susah

Kekurangan lain dari kain brokat adalah memiliki cara perawatan yang susah. Karena banyak motif timbul di permukaan membuat cara perawatannya harus diperhatikan dengan betul. Permukaannya memiliki tekstur kasar dan akan rusak jika disikat terlalu kasar, terkadang juga ada blink-blink di kain.

Oleh karenanya jika ingin kain tetap bagus dan awet tahan lama Anda harus siap untuk selalu mencuci dengan cara manual saja. Meskipun sulit dan melelahkan namun dengan begitu Anda bisa menggunakannya dalam rentang waktu yang lama tanpa harus ada kerusakan di bagian busana.

Karakteristik Dari Kain Brokat

Tertarik menggunakan bahan brokat berarti Anda harus mengetahui karakteristik dari kain tersebut. Meskipun terbilang terjangkau dan sangat bagus untuk membuat penampilan jadi makin menarik kain brokat memiliki beberapa ciri khas yang menunjukkan kualitas asli dari kain brokat itu sendiri.

1. Daya Serap yang Kurang

 Salah satu ciri khas yang bisa dilihat langsung pada kain brokat adalah daya serap keringatnya yang kurang. Membuat para pengguna terkadang merasa kurang nyaman saat menggunakannya dalam waktu lama, apalagi ketika sedang memakainya di luar ruangan ketika sinar matahari sedang terik.

Namun bukan berarti tidak ada solusinya. Sebab saat ini sudah ada sejenis bahan yang dinamakan furing. Dimana bahan pelengkap tersebut memang bisa membuat pengguna kain brokat semakin nyaman. Tidak merasa risih dan gatal dengan motif kain brokat timbul di permukaan.

2. Serat Kain Tidak Padat

Ciri khas lain yang bisa dilihat dari kain brokat ini adalah serat-serat kain yang tidak padat. Hal ini tentunya membuatnya jadi begitu menerawang. Tandanya Anda membutuhkan kain tambahan agar bisa menggunakannya dengan nyaman dan aman. Sepanjang acara tetap bisa berjalan dengan baik.

Bila Anda memiliki budget pas-pasan namun ingin memberikan penampilan yang bagus brokat menjadi pilihan terbaik. Meskipun teksturnya tipis namun bisa diatasi dengan berbagai macam cara, bisa menggunakan furing atau manset juga bisa. Dengan begitu Anda bisa memakainya dengan aman.

3. Punya Motif Timbul

Ciri khas paling menonjol yang bisa dilihat adalah memiliki motif dengan tekstur timbul. Motif yang biasanya digunakan adalah seperti bunga-bunga besar dan kecil. Penampilan akan semakin cantik bila Anda berhasil memilih warna-warna yang cantik. Misalnya coklat, biru, merah, dan masih banyak lagi. ‘

Motif-motif yang timbul ini terkadang membuat para penggunanya merasa kurang nyaman. Misalnya saja gatal karena kulit tidak bisa lagi bersentuhan dengan serat-serat benang yang berserabut. Namun sekarang ini sudah ada juga banyak brokat dengan kerapian serat.

Cara Penggunaan Kain Brokat Agar Tetap Awet

Saat ini sudah banyak kain brokat yang dijual di pasaran. Kebanyakan digunakan untuk pembuatan busana wedding atau dress. Karena bisa dibilang cukup premium namun tentu Anda juga harus merawatnya dengan baik. Inilah beberapa tips bisa digunakan untuk membuatmu dress brokat.

  • Karena serat kainnya yang renggang inilah membuat kain brokat tidak bisa dicuci dengan asal-asalan. Langkah pertama harus dilakukan adalah dengan merendamnya saja dengan air yang sudah dicampur dengan pengharum dan pelembut.
  • Agar tidak merusak tekstur dari dress ada baiknya untuk melakukan proses mencuci dengan tangan saja. Anda juga tidak perlu diperas, cukup meremas-remasnya secara pelan sampai dirasa semua sabun masuk ke dalam pakaian tersebut.
  • Kain brokat juga cukup diangin-anginkan saja. Tidak perlu dikeringkan di ruangan terbuka dengan panas matahari yang terik. Dengan begitu warna dan tekstur timbul motif bisa tetap awet dan tahan lama. Hal ini terbukti sangat ampuh untuk merawat kain brokat.
  • Untuk proses mencuci sebaiknya juga dilakukan dengan tangan saja. Tidak perlu menggunakan mesin untuk melakukan proses tersebut. Proses mesin tersebut hanya akan membuat tekstur pakaian dari kain brokat jadi mudah renggang sehingga serat-seratnya tambah jelek.

Sekarang ini kain brokat bisa dipadukan dengan berbagai macam jenis bahan lainnya. Jika Anda sedang mencari referensi produk fashion dengan kain brokat, maka cobalah untuk datang ke laman Moselo. Kami merupakan marketplace khusus industri kreatif dengan berbagai produk kerajinan karya anak negeri.

Moselo blog
Shop for Crafts, Creative Goods, and Unique Experiences